Bahaya di Balik Kebiasaan Duduk Terlalu Lama
Bahaya di Balik Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Bahaya di Balik Kebiasaan Duduk Terlalu Lama dan Tips Mencegah Resikonya

Posted on

Duduk adalah suatu kegiatan yang biasa dan wajar manusia lakukan. Duduk adalah suatu keadaan ketika pantat seseorang menempel pada alas atau kursi dan tubuh tidak dalam keadaan berdiri. Jenis-jenis duduk juga terbilang cukup banyak, contonya duduk tegak, duduk bersila, dan masih ada banyak lagi.

Bahaya Terlalu Lama Duduk
Bahaya Terlalu Lama Duduk

Pada tahun 2012 sebuah studi yang dipublikasikan dalam JAMA Interal Medicine melaporkan bahwa terbiasa duduk dengan waktu yang lama dapat menyebabkan tingginya resiko terkena semua penyakit yang menyebabkan kematian. Kebiasaan duduk terlalu lama biasanya difaktori oleh beberapa hal yaitu pekerjaan, rasa mals untuk berdiri, dan lain-lain. Dan yang paling menyebabkan kebiasaan duduk terlalu lama adala pekerjaan seperti menyetir, menjahit, dan pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Seperti penulis artikel seperti saya yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk, tentunya ada beberapa resiko penyakit yang akan menyerang jika saya tidak mengimbanginya dengan rajin meminum air putih, melakukan relaksasi sejenak saat duduk, dan kegiaatan lain yang dapat mencegah resiko penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan terlalu lama duduk. Dan bagi anda yang sedang mengalami hal yang sama seperti saya, di sini saya akan menjelaskan tentang bahaya di balik kebiasaan terlalu lama duduk yang perlu anda waspadai, dan saya juga akan membagikan tips untuk mencegah resiko-resiko tersebut.

1.Memicu Tingginya Kolesterol dan Resiko Mengidap Obesitas

Akibat yang dapat terjadi saat anda terbiasa duduk terlalu lama tanpa disertai perubahan gerakan saat duduk adalah resiko terkena obesitas dan kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan saat oleh kondisi  saat kita duduk terlalu lama maka proses metabolisme dalam tubuh tidak berjalan dengan lancar. Dan hal ini menyebabkan pembakaran lemak dalam tubuh yang tidak maksimal. Hal tersebut dapat menyebabkan tertimbunnya lemak di dalam tubuh, dan menyebabkan obesitas dan kadar kolesterol yang meningkat.

2.Dapat Menyebabkan Tinnginya resiko Terkena Serangan Jantung

Terbiasa duduk dalam waktu yang lama dan tidak melakukan pergerakan atau peregangan saat duduk jug dapat memicu tingginya resiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan kondidi duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan kurangnya intensitas aliran darah ke seluruh tubuh termasuk jantung, sehingga lemak lebih mudah masuk ke dalam pembuluh darah dan dapat menyumbat jantung. Penyumbatan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan resiko penyakit jantung koroner.

3.Menyebabkan Kelelahan yang Berlebihan

Akibat selanjutnya yang ditimbulkan oleh karna kebiasaan duduk yang terlalu lama adalah kelelahan yang berlebihan. Tanpa kita sadari, kebiasaan duduk yang lama dan tanpa ada perubahan saat duduk dapat menyebabkan tubuh akan sangat merasa letih saat kita mulai berdiri dari duduk. Kebiasaan duduk yang terlalu lama dengan tanpa istirahat dan bergerak sejenak juga dapat menyebabkan lemahnya otot kaki dan bokong. Saat kita duduk terlalu lama, otomatis kita akn jarang menggunakan kaki kita. otot kaki yang jarang digunakan maka akan menyebabkan atropi. Atropi bisa diartikan sebagai gangguan pada otot yang membuat otot kaki kehilangan kekuatan dan keseimbangan saat berjalan atau saat bergerak.

4.Nyeri pada Punggung dan leher

Duduk terlalu lama dengan posisi yang salah dapat mengakibatkan nyeri pada punggung dan leher. Saat dalam keadaan duduk yang terlalu lama, tubuh memberi lebih banyak tekanan pada tulang belakang. Dan jika keadaain ini dibiarkan terlalu lama, maka akan menyebakan kelainan pada tulang  belakang. Selain hal tersebut, duduk terlalu lama juga dapat membuat otot tertarik saat digerakkan secara tiba-tiba sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada leher dan punggung.

5.Meningkatkan Resiko Terkena Kanker

Terlalu sering duduk dalam waktu yang lama dapat menimbulakn beberapa penyakit serius seperti  kanker, paru-paru, ovarium, endometrial, kolorektal, kolon dan kanker prostat. Pada tahun 2011 sebuah studi menyatakan bahwakebiasaan duduk yang terlalu lama saat bekerja tanpa ada relaksasi atau perubahan posisi saat duduk dapat menyebabkan resiko terkena kanker polon atau kanker usus besar.

6.Menyebabkan Penyakit Mental

Terlalu lama duduk tidak hanya menyebabkan gangguan fisik, tapi juga mengakibatkan gangguan mental. Duduk selama berjam-jam dapat mempengaruhi asupan darah dan oksigen ke otak yang berakibat penurunan fungsi otak. Penurunan fungsi otak dapat menyebabkan seseorang akan sulit berkonsentrasi dan sering kehilangan fokus.

7.Menimbulkan Kerusakan Organ Hati

Terlalu lama duduk juga dapat berdampak pada organ hati. Ketika anda dalam keadaan duduk yang terlalu lama, maka darah akan lambat mengalir dan otot kurang bisa membakar lemak, sehingga asam lemak akan menyumbat organ hati. Penelitian menjabarkan bahwa seorang wanita yang duduk 10 jam sehari akan lebih besar  beresiko terkena penyakit hati daripada mereka yang duduk hanya sekitar 5 jam sehari.

8.Kebosanan yang Berlebihan

Rasa bosan yang luar biasa akan muncul saat kita duduk terlalu lama tanpa ada perubahan posisi duduk, hal ini dikarenakan adanya posisi tubuh yang statis dan monoton selama berjam-jam. Mata juga akan terasa letih saat kita bekerja dengan duduk berjam-jam.

Setelah mengetahui beberapa resiko penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan duduk yang terlalu lama, maka bagi anda yang saat ini memiliki pekerjaan yang mengharuskan anda untuk duduk berjam-jam  tapi tidak ingin terkena resikonya, di bawah ini saya akan membagikan tips untuk mencegah resiko yang disebabkan oleh kebiasaan duduk yang terlalu lama.

Tips Mencegah Resiko Kebiasaan Duduk yag Terlalu Lama:

  • Bangun dan berjalan-jalanlah minimal setiap 1 jam sekali saat anda bekerja.
  • Lakukan relaksasi atau peregangan saat anda bekerja setidaknya setiap seengah jam sekali.
  • Saat anda bekerja, pilihlah meja kerja yang cukup tinggi sehingga dapat memudahkan anda untuk berdiri atau melakukan peregangan sejenak.
  • Lakukan olahraga saat anda sedang libur bekerja
  • Minumlah air putih yang banyak, yaitu lebih dari 2 liter sehari agar anda dapat terhindar dari resiko kelainan tulang belakang yang disebabkan kebiasaan duduk terlalu lama.
  • Saat duduk, duduklah dengan posisi duduk yang benar, hal ini bertujuan untuk menjaga postur tubuh anda, agar anda terhindar dari kelainan tulang belakang, dan agar anda tidak mengalami sakit punggung atau leher.
Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply