Berkedip! Hal Sepele Sejuta Bermanfaat

Berkedip! Hal Sepele Sejuta Manfaat

Posted on

Hy, sobat gedubar kali ini saya kan membahas hal yang sepele tapi bermanfaat untuk kesehatan manusia. Yah. Berkedip! menurut kebanyakan orang hal ini memang hal yang biasa dan hal ini juga tidak terlalu penting bagi manusia. tapi, tahukah anda bahwa berkedip memiliki manfaat untuk menjaga dan melindungi mata. Mata merupakan salah satu organ yang penting bagi manusia karena jika tidak ada mata maka manusia tidak bisa melihat. Mata memiliki berbagai kemampuan dari melihat objek, melirik ke kanan ke kiri, berdilasi untuk focus, dan berkedip. Kedipan mata memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Dalam sehari mata berkedip sebanyak 15.000 kali. Jumlah kedipan dapat di pengaruhi oleh usia. Semakin tua usia maka kedipan mata semakin berkurang. Reflek mata berkedip dipengaruhi oleh saraf ke-llll nerupakansaraf okulomotor. Mata perlu berkedip karena dengan berkedip bermanfaat mempertahankan  suhu, kelembapan, dan kebersihan mata. Reflek berkedip terbagi menjadi 2 yakni reflek spontan yang disebabkan gerakan pada bola mata dan reflek dari luar yang di sebabkan oleh rangsangan luar seperti debu, dikagetkan atau ada objek yang mendekati mata dengan cepat.

Berkedip! Hal Sepele Sejuta Bermanfaat
Berkedip! Hal Sepele Sejuta Bermanfaat

Manfaat berkedip bagi kesehatan

Seperti yang sudah di jelaskan di atas ada berbagai pengertian berkedip. Berapa kali manusia berkedip, macam reflek mata dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat berkedip bagi kesehatan.

  • Melindungi dan menjaga kebersihan mata

Berkedip berfungsi sebagai proses membersihkan mata. Orang yang kelilipan atau terdapat debu pada mata, dengan berkedip debu kotorang akan berkumpul di ujung mata dan kotoran mata dengan mudah bisa keluar. Seperti ketika anda bangun dari tidur dan terdapat kotoran yang banyak pada mata, hal itu terjadi karena saat anda tidur mata juga melakukan proses pembersihan diri dari paparan-paparan aktivitas mata. Menjaga mata juga anda lakukan dengan sering berenang, saat anda berenang sedikit demi sedikit bukalah mata anda dan air akan masuk pada selaput mata anda. Sehingga kotoran pada mata akan keluar bersama air yang masuk pada mata.

  • Menjaga kelembapan mata

Melembabkan mata sangatlah penting karena jika mata kering maka dapat merusak kornea. Jika terjadi kerusakan pada kornea maka seluruh fungsi mata kan terhenti dan mengakibatkan buta. Mata kering dapat dihindari dengan banyak berkedip, hal yang di remehkan banyak orang banyak ini memiliki manfaat yang baik untuk mata. Dengan berkedip anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli obat tetes mata . dengan berkedip mata akan melumasi lapang pandang dengan air mata.

  • Melindungi mata dari kotoran

Reflek kedipan mata dapat membantu menghindari partikel-partikel kecil yang menyebabkan mata merah dan terasa perih seperti kerikil kecil, debu berterbangan atau lain sebagaianya yang dapat masuk ke mata. selain berkedip, mulu mata juga berperan penting untuk menjaga mata karena berguna untuk menghindari jatuhnya keringat pada bola mata dan juga mampu mendeteksi kotoran yang akan masuk pada mata sehingga terjadilah reflek berkedip. Melindungi mata dari kotoran juga dapat dilakukan dengan memakai kaca mata. jika anda berpergian dianjurkan memakai kaca mata atau helm sehingga penjagaan mata dari kotoran dapat maksimal.

  • Menjaga dan Mengontrol suhu pada mata

Dengan berkedip dapat menjaga suhu pada mata. ketika  orang yang terlalu lama menyetir atau orang yang terlalu lama di depan layar computer pasti mata akan terasa perih dan kering bahkan kantung mata akn terlihat cekung dan hitam, adanya hal itu berkedip sangatlah penting bagi kesehatan. Berkedip dapat menurunkan suhu mata anda agar retina mata tetap terjaga dan terlindungi. Kalau mata sudah kering, panas, perih dan merah sebagian orang memilih obat tetes untuk menurunkan suhu dan untuk mempercepat melembabkan pada mata.

Demikian sedikit informasi dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

 

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply