Meningkatkan Percaya Diri

6 Cara Meningkatkan Percaya Diri Yang Langgeng

Posted on

Kenapa kita harus percaya diri? Karena faktanya perasaan tidak percaya diri itu menyusahkan. Kita perlu meningkatkan rasa percaya diri kita setiap saat. Memang rasa percaya diri mungkin turun disaat tertentu. Dan kita harus bisa meningkatkannya dengan waktu yang langgeng. Apa saja yang sudah kita alami saat percaya diri kita berkurang. Saat bertemu orang lain, kita ragu untuk menyapa terlebih dahulu. Saat kita ditanya orang lain, kita malah salah menjawab pertanyaan orang. Pekerjaan kita di kantor menjadi tidak optimal. Kita juga menjadi orang yang cepat lupa. Kita menjadi lambat untuk bertindak, dan pada akhirnya tujuan utama tidak tercapai dan menjadikan kita tambah stres. Inilah contoh-contoh sepele seseorang ketika kehilangan rasa percaya dirinya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang. Lakukan ini agar kita bisa selalu tetap langgeng untuk percaya diri.

  1. Cek Kondisi Fisik

Cek kondisi fisik kamu, sehat atau tidak? Karena kemungkinan bisa jadi rasa percaya diri kamu hilang disebabkan kondisi fisik yang kurang sehat. Sehingga, kamu merasa semua pekerjaan yang kamu lakukan menuntut pertanggungjawabanmu. Pekerjaan itu tidak sesuai dngan kemampuan kamu dan menjadikanmu minder lalu percaya diri kamu menjadi down. Barangkali mood kamu sekarang lagi nggak doyan makan sayur, kamu juga jarang olahraga akhir-akhir ini, atau juga yang paling sering adalah kurang tidur. Akhirnya kamu jadi sering sakit karena tidak menjaga pola makan dan pola tidur. Kondisi fisik kamu jadi lemah.

  1. Membangun Kebiasaan

Kalau kamu ingin pekerjaan selesai dan tanggungjawabmu terlaksana, maka kamu harus terbiasa untuk bertindak cepat. Buktinya, orang yang suksespun membangun karakter dirinya dengan membangun kebiasaan pada diri mereka. Tidak ada orang yang berhasil tanpa usaha. Semuanya dibangun dengan rasa percaya diri dan kebiasaan untuk maju.

  1. Evaluasi Diri

Perasaan memang selalu berubah-ubah. Ada saatnya percaya diri kita tinggi dan ada saatnya percaya diri kita hilang. Disitulah kita mungkin sedang merasa bingung dan takut akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kita terlalu khawatir dengan keadaan yang mengepung kita. Evaluasi diri memang seharusnya dilakukan. Evaluasi bisa dilakukan saat malam hari sebelum tidur. Pikirkan apa saja yang sudah kita lakukan hari ini. Pencapaian apa yang sudah berhasil dan kesalahan apa yang kita lakukan hari ini. Lakukan seperti ini agar kita bisa melihat pengembangan potensi diri kita.

  1. Minta Nasihat Orang Tua

Ini yang mungkin jadi kesalah besar bagi orang-orang jaman sekarang. Mereka jarang menanyakan solusi pada orang yang ahli dan berpengalaman. Nasihat itu penting,konsultasi yang paling baik adalah kepada orang tua. Mereka yang lebih tahu kebaikan untuk anaknya. Jangan sampai curhat sama orang yang salah.

  1. Hindari Film dan Lagu Galau

Coba kamu pikirkan, kadang orang yang tidak percaya diri itu bukan karena mereka takut mencoba yang belum diketahui ilmunya. Tapi,mentalnya yang kurang. Akibat terlalu sering melihat film galau sampai terbawa perasaan dan mendengarkan musik galau sampai tidak ingin lepas dengan liriknya. Ini juga membuat perasaan seseorang menjadi  lebh lemah dan jadinya galau terus. Lama kelamaan ini menjadi hobi yang tidak baik karena menjadi terputuk dalam kegalauan. Dengan berharap yang tidak mungkin,seperti ini bisa menjadikan semangat lagi niscaya tidak mungkin. Seharusnya, ketika kamu dilanda galau biasakan untuk mencari pencerahan dengan mendengarkan syair-syair yang bisa membangkitkan semangat atau mendengarkan kisah-kisah yang memotivasi.

  1. Fokus Pada Proses

Inilah yang harus dikuasai oleh manusia. Semua keberhasilan itu pasti melalui proses. Fokuslah pada proses bukan fokus pada hasil. Masalah hasil itu sudah ada takdirnya. Kita hanya perlu berusaha dan berdo’a. Percayalah bahwa tiada hasil yang mengkhianati usahanya. Kalau sudah berusaha dan berdo’a tapi takdir belum berpihak kepadamu, Maka jangan susah, tetap bersabarlah, karena sesungguhnya Allah itu bersama orang-orang yang sabar. Kuasai proses yang kamu alami, karena kamu akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang kamu lakukan.

Ingat, jangan terlalu fokus pada hasil. Fokuslah pada perubahan yang akan kamu alami, karena fokus pada hasil saja tidak akan memberikan perubahan. Tapi, fokus pada perubahan insyaallah akan mendapat hasil.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply