Dengan Rutin Mengonsumsi Yoghurt Setiap Hari, Manfaat Inilah yang Akan Kamu Dapatkan.

Posted on

Kata yoghurt berasal dari bahasa Turki yang berarti “membuat padat” karna hal ini dilihat dari proses pembuatan yoghurt. Yoghurt termasuk salah satu makanan fermentasi, bahan utama dari yoghurt ini adalah susu, bisa berasal dari susu sapi ataupun susu kedelai yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Bakteri yang digunakan disini adalah suatu bakteri yang berguna untuk merombak gula susu alami dan melepaskan asam laknat sebagai produk sisa. Selain itu juga yoghurt ini aman dikonsumsi bagi orang yang memiliki alergi terhadap susu karna struktur laktosa di dalam yoghurt ini telak dirusak oleh bakteri pada saat proses fermentasi.

gambar-yoghurt
Gambar Yoghurt

Di dalam yoghurt mengandung berbagai jenis nutrisi yang diperlukan untuk tubuh, antara lain: kaya akan protein, vitamin B5, B6, dan B12, kalium fosfor seng, yodium dan riboflavin. Serta kandungan lemak yang terdapat pada yoghurt ini setara dengan yang ada pada susu karna memang susulah yang menjadi bahan utamanya. Pada zaman sekarang yoghurt juga mempunyai berbagai macam pilihan rasa misalnya rasa alami, rasa vanilla, rasa buah, atau yang sedang populer saat ini adalah yoghurt dengan rasa coklat. Bila kamu rutin mengonsumsi yoghurt ini dua kali dalam sehari, manfaat dibawah inilah yang bisa kamu dapatkan:

  1. Baik untuk sistem pencernaan.

Yoghurt mengandung asam laknat yang nantinya akan mengubah laktosa menjadi glikosa dan galaktosa. Hal inilah yang akan mengaktifkan enzim laktase. Yaitu suatu enzim yang membuat sistem pencernaan menjadi sehat. Hasilnya ini akan membuat BAB lancar, tetapi tidak menyababkan diare dan mencegah kita terkena kanker usus serta penyakit usus lain. Selain itu juga yoghurt ini lebih mudah untuk dicerna dibanding dengan susu.

  1. Menurunkan tekanan darah serta menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

Yoghurt ini kaya akan kandungan kalium yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Dan karna yoghurt ini dapat membantu menurunkan kolestrol maka hal ini bisa untuk menjaga tekanan darah seseorang agar tetap normal dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Yang akhirnya jika terjadi penyumbatan pada pembuluh darah maka kita itulah factor utama yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

  1. Menjaga kesehatan kulit.

Wanita mana yang tak ingin kulitnya sehat? Nah, khusus bagi wanita yang doyan makan yoghurt, yang satu ini merupakan kabar bahagia untuk kalian yaitu dapat menjaga kesehatan kulitmu. Kandungan asam laktat yang dimiliki yoghurt yang berfugsi sebagai exafoliator dapat membantu menyingkirkan sel-sel mati dalam kulitmu. Hasilnya kamu akan mendapatkan kulit yang bersih, mulus dan sehat tentunya. Kamu juga bisa memakai yoghurt ini sebagai masker wajah yang tengah menjadi trend saat ini, yang mana hal ini akan menjadikan yoghurt sebagai srub untuk menyingkirkan sel kulit mati dalam wajah dan untuk menyembuhkankan jerawat karna sifat asam di dalamnya bisa menghancurkan berbagai jenis bakteri penyebab jerawat.

  1. Dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Dengan merutinkan mengonsumsi yoghurt ini dapat mengontrol nafsu makan kamu dan karna asupan kalsium yang dimiliki yoghurt ini dapat membantu tubuh untuk menggunakan lemak yang tersimpan dalam tubuh. Akhirnya kamu akan mendapatkan bentuk tubuh yang ramping dan ideal.

Warning, jangan berlebihan dalam mengosumsi yoghurt.

Meskipun yoghurt ini dapat menurunkan berat badan tapi jika kamu mengonsumsi yoghurt ini secara berlebihan malah akan menambah berat badanmu loh. Apalagi biasanya agar tidak merasa bosan akan rasa yoghurt ini sering kali orang akan memberikannya berbagai tambahan seperti sirup, buah dan aneka tambahan lain. Selain itu jika mengonsumi yoghurt secara berlebihan dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering, perut mulas dan diare, badan akan menjadi berat mengantuk dan lemas, dan akan memicu osteoporosis karna akan meningkatkan keasaman pada darah.

Nah, itulah tadi beberpa uraian yang dapat saya berikan tentang manfaat mengonsumsi yoghurt secara rutin, tapi jangan berlebih ya? Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply