10 Cara Sederhana Mengatasi Tidur Mendengkur

Posted on

Apa sih mendengkur itu? Mendengkur ini terjadi saat anda menghirup napas ketika tidur. Tetapi tidak semua orang mengalaminya, kebanyakan mendengkur ini dialami kaum pria. Kenapa? Karena bagian leher dan dada pria sangatlah berat dan besar, hal ini bisa mengakibatkan penyempitan saluran udara.

Pasti banyak orang yang pernah mengalami hal ini, dan pasti banyak orang yang merasa risih jika ada orang yang mendengkur ketika dia sedang ingin tidur. Ada banyak faktor yang menyebabkan orang mendengkur ketika tidur, seperti:

  • Posisi tidur terlentang, jika posisi tidur anda semakin lurus maka semakin tertekan pula saluran udara anda.
  • Obesitas, kebanyakan orang yang menderita obesitas akan merasakan kesulitan untuk beraktivitas. Jaringan tenggorokan yang terhimpit dapat menyebabkan tidur anda mendengkur.
  • Merokok, memang rokok tidak baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung anda, sebab merokok menimbulkan radang tenggorokan dan pernapasan.
10 cara s
10 cara sederhana mengatasi tidur mendengkur

Jika anda termasuk orang yang tidur mendengkur, jangan khawatir. Ada beberapa tips untuk menghilangkan dengkuran anda ketika tidur :

  1. Mengangkat posisi kepala

Anda bisa mendengkur, karena posisi kepala anda jatuh tidak tepat pada tempatnya, seharusnya anda menggunakan bantal yang mampu menyangga kepala anda agak tinggi, agar penghalang pada tenggorokan anda dapat mengalir ataupun keluar.

  1. Mengubah posisi tidur

Pasti anda tidak bisa tidur dengan pulas jika posisi tidur anda tidak nyaman, kebanyakan dengkuran terdengar karena posisi tidur seseorang yang terlentang, sebab lidah kebelakang dan aliran udara pun menyempit. Cobalah untuk memposisikan tidur anda menyamping, atau beri saja penghalang pada sebelah kanan atau kiri anda, supaya jika anda tidur terlentang akan terhalangi.

  1. Membersihkan sinus

Sinus yang berada didalam hidung anda, bisa menghambat udara yang akan masuk. Cobalah untuk mengeluarkan sinus dengan mengeluarkan udara dari hidung dengan kerasa dan cepat. Agar tidur anda tidak mendengkur.

  1. Menghirup uap air sebelum pergi tidur

Ini adalah cara agar anda dapat bernapas dengan lancar, cobalah untuk membasahi handuk anda dengan air hangat lalu hirup uapnya, lakukanlah secara rutin sebelum tidur selama 10 menit. Ini berguna untuk membersihkan kotoran ataupun lendir yang dapat menyumbat udara yang akan masuk pada rongga hidung anda.

  1. Mengontrol udara kamar

Udara kering pada ruangan kamar anda ketika tidur dapat memperparah dengkuran anda, cobalah untuk membeli alat yang dapat mengatur udara saat anda tidur. Agar kamar anda tetap memililki udara yang baik untuk pernapasan dan tidak kering. Karena udara yang kering dapat mengakibatkan iritasi rongga hidung.

  1. Senam tenggorokan

Senam tenggorokan adalah salah satu cara praktis untuk menghilangkan dengkuran anda, dengan membuka mulut selebar-lebarnya lalu memegang rahang satu sisi selama 30 detik, ulangi gerakan itu pada rahang lainnya. Atau anda juga bisa menjulurkan lidah anda sepanjang mungkin, supaya otot tenggorokan anda lemas.

  1. Menurunkan berat badan

Orang yang gemuk biasanya lebih sering mendengkur daripada orang yang berbadan kurus, sebab lemak yang menumpuk pada tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah terhimpit. Cobalah untuk melakukan diet dan olahraga secara rutin agar terhindar dari tidur yang mendengkur.

  1. Menyanyilah

Anda percaya atau tidak, jika menyanyi dapat menghilangkan dengkuran ketika tidur? Cobalah untuk menyanyikan lagu yang bernada tinggi, walaupun suara anda tidak merdu, karena dengan menyanyikan nada tinggi dapat melonggarkan otot tenggorokan anda.

  1. Hindarilah alkohol

Jika anda meminum alkohol, bisa saja anda akan mendengkur dengan keras ketika tidur, karena alkohol dapat menganggu jalannya saluran pernapasan dan relaksasi otot anda. selain terhindar dari tidur mendengkur, tubuh anda akan semakin sehat.

  1. Mengatur waktu makan

Jangan sampai setelah makan anda langsung tidur, apalagi jika anda makan makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi, dan jangan mengkonsumsi susu dengan jarak dekat sebelum tidur karena itu dapat menyebabkan meningkatnya jumlah lendir dalam mulut anda.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply