Tips Sederhana untuk Membentuk Pribadi yang Sabar

Posted on

Kesabaran merupakan salah satu kunci untuk menuju kebahagiaan. Terkadang kesabaran juga sangat di perlukan untuk menggapai sebuah kesuksesan dan menggapai berbagai target dalam hidup. Namun jangan salah, untuk menjadi seseorang yang sabar tidaklah semudah yang kita pikirkan.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips sederhana untuk menjadi seseorang yang sabar. Ketika anda membiasakan diri untuk jauh dari pola hidup yang terburu- buru, anda akan merasa bahwa hidup anda jauh lebih damai dan juga tentram untuk di jalani. Nah, berikut ini tips menjadi orang yang sabar :

berfikir positif
berfikir positif
  1. Berfikir positif

biasakanlah berfikir positif tentang diri anda, tentang orang lain, dan juga tentang segala hal yang sedang anda lakukan.  Dan biasakan juga untuk berfikir positif dalam menghadapi masa depan  anda serta cobalah untuk mengambil hikmah dari setiap hal yang terjadi pada diri anda baik itu hal yang negative maupun dalam hal yang positif. Jika sikap ini di tanamkan pada diri anda dengan baik, maka anda telah satu langkah lebih dekat untuk menjadi pribadi yang sabar.

Dengan membiasakan  diri untuk berfikir positif, kita akan lebih optimis dalam menjalani kehidupan ini. Hasilnya, kita akan memancarkan aura yang positif, yang akan membuat orang lain merasa senang dan nyaman saat berada di dekat anda. hal inilah yang bisa membuat diri anda lebih mudah untuk menjalani relasi dan akan lebih mudah untuk mendapatkan teman.

 

  1. Hindari hal- hal yang bisa membuat bosan.

Rasa tidak sabar, rasa ini biasanya datang saat anda melakukan sesuatu yang membosankan, seperti saat menunggu sesuatu. Oleh sebab itu, biasakanlah diri anda untuk selalu sibuk sehingga pikiran anda tidak termakan oleh rasa bosan tersebut. yang pada akhirnya hal ini bisa mengakibatkan perasaan bad mood dan rasa tidak sabar.

 

  1. Selalu berfikir untuk jangka panjang.

Hal paling penting untuk menjadi orang yang sabar adalah orang yang selalu berfikir untuk jangka panjang. Misalnya, jika saat ini kita sedang marah pada seseorang, apakah kemarahan saat ini akan berpengaruh terhadap hubungan jangka panjang kita dengan orang tersebut. contoh lain, jika kita menunda pekerjaan karna lebih memilih melakukan suatu hobi yang kita sukai, akankah hal ini menimbulkan beban kerja yang terlalu berat dimasa depan.

 

  1. Tanamkanlah pola pikir “bersakit- sakit dahulu, bersenang- senang kemudian”

Kesabaran adalah kemampuan untuk menahan diri dari berbagai kesenagan yang sesaat. Untuk mencapai target di masa depan yang jauh lebih baik. kesenangan yang sesaat ini bisa berarti keinginan untuk membelanjakan uang, atau keinginan untuk meluapkan semua amarah.

Jika anda telah menerapkan pola pikir tersebut, maka anda akan lebih mudah untuk menjadi seseorang yang sabar. Prinsip ini tidak hanya sekedar di pahami namun  juga harus di terapkan pada diri anda.

 

  1. Istirahatlah yang cukup.

Beristirahat adalah suatu hal yang sanagt visual untuk memulihkan kondisi tubuh dan juga pikiran yang nantinya anda bisa bekerja dengan lebih optimal. Selain itu, saat kita sedang beristirahat kita bisa mendapatkan berbagai ide dan inspirasi yang akan berdamap positif terhadap pekerjaan yang sedang kita lakukan.

 

  1. Biasakan diri untuk menulis.

Menulis merupakan salah satu terapi untuk menjadi orang yang sabar, baik sabar yang berarti kemampuan untuk menahan semua emosi , atau sabar yang berarti kemampuan untuk menahan demi mencapai masa depan yang lebih baik. biasakanlah anda menulis semua yang telah anda alami, hal ini bisa berupa diary ataupun jurnal aktivitas. Hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk menahan diri dan bersabar untuk melalui kehidupannya.

 

  1. Belajar untuk rileks.

Salah satu pemicu munculnya sikap tidak sabar adalah kurangnya untuk bersikap lebih tenang dan tetap rileks. Untuk mengindari hal ini, sebelum anda mengambil suatu keputusan atau sebelum anda melakukan interaksi dengan orang alin. Cobalah anda untuk membuat tubuh anda lebih rileks. Hal ini dapat anda lakukan dengan beberapa cara, yang paling mudah adalah dengan cara memejamkan mata anda dan tarik napas dalam- dalam kemudian keluarkan perlahan- lahan. Jika anda memiliki banyak waktu anda bisa mendengarkan music yang membuat anda lebih rileks, berendamlah di air hangat atau anda bisa menambahkan dengan aroma terapi tetentu.

 

Jika anda sudah terbiasa untuk tidak di butakan oleh keinginan sesaat, maka secara otomatis pola hidup sabar akan lebih mudah untuk di bentuk. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply