Manfaat dan Khasiat Buah Mengkudu

Posted on

Buah mengkudu merupakan salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah mengkudu ini bentuknya agak lonjong dan memiliki bintik pada permukaannya. Umumnya buah mengkudu ini dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk bahan makanan. Bagi sebagian orang yang tidak menyukai buah mengkudu ini, sebaiknya untuk mengenalnya lebih dekat buah mengkudu ini.

Dan taukah anda jika buah mengkudu banyak memiliki manfaat dan khasiat?

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat buah mengkudu antara lain:

  1. Dapat memperlancar peredaran darah dan dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Buah mengkudu mengandung zat scopoletin yang berfungsi membunuh bakteri, serta bersifat sebagai anti alergi.
  2. Buah mengkudu juga dapat mengontrol bakteri pathogen melalui zat bakteri yang terkandung dalam buah mengkudu.
  3. Buah mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang dapat melawan penyakit kanker dan menjadi zat pencegah kanker atau sel sel abnormal. Penelitian juga menyatakan bahwa buah mengkudu baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang dapat menimbulkan gejala kanker dan buah mengkudu ini bisa menjaga sel sel sehat dalam tubuh dengan baik.
  4. Buah mengkudu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Karena buah mengkudu mengandung mineral, asam amino, vitamin, peptide serta enzim lainnya yang terkandung di dalam buah mengkudu.
  5. Buah mengkudu ini juga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Karena sejak dahulu banyak orang yang menggunakan buah mengkudu ini sebagai pereda sakit kepala. Sebab kandungan analgesic yang terdapat di dalam buah mengkudu dapat mengurangi rasa nyeri.
  6. Selain itu buah mengkudu dapat mengatasi peradangan dan alergi.

Buah mengkudu juga memiliki banyak manfaat  bagi kecantikan antara lainnya adalah:

  1. Dapat menghilangkan ketombe
  2. Dapat mencegah rambut rontok
  3. Buah mengkudu juga dapat menghilangkan sisik pada kulit

Buah mengkudu juga memiliki khasiat khasiat lain yang belum pernah dibuktikan oleh medis, namun telah banyak orang yang pernah mengalami perbaikan dan peningkatan kesehatan setelah mengonsumsi  sari buah mengkudu ini. Diantaranya masalah kesehatan yang dapat diatasi oleh buah mengkudu ini adalah:

  1. System pencernaan

Buah mengkudu dapat mengatasi masalah pencernaan seperti luka pada usus halus, perut kembung, keracunan makanan, muntah muntah dan radang pada lambung.

  1. System pernapasan

Buah mengkudu juga sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah pada system pernapasan antara lain yaitu menghilangkan batuk, sakit tenggorokan, sinusitis, bronchitis, asma, TBC dan kolera.

  1. Penyakit kulit

Buah ini sangat ampuh untuk dijadikan obat kulit antara lain yaitu kudis, kurap, bisul, luka, cacing kulit, radang kulit bahkan luka bakar sekalipun.

  1. Gangguan menstruasi

Khasiat lainnya diantaranya yaitu dapat memperlancar siklus haid yang tidak teratur dan dapat menghilangkan rasa nyeri pada saat haid.

  1. Gangguan Mulut dan tenggorokan

Buah mengkudu juga dapat berkhasiat sebagai obat untuk penyakit mulut dan tenggorokan diantaranya yaitu radang tenggorokan, batuk, sakit gigi, gusi berdarah dan sariawan.

  1. System kardiovaskular

Buah mengkudu ini sangat berkhasiat sebagai obat dari penyakit kolesterol yang tinggi, penebalan jantung serta meningkatkan transportasi oksigen di dalam sel.

  1. Penyakit dalam

Buah ini dapat menjadi obat untuk penderita penyakit diabetes, sakit pinggul, sakit kepala, hepatitis kronis, kencing batu, gangguan fungsi ginjal serta gangguan pada hormone tiroid.

  1. Defisiensi daya tahan tubuh

Buah mengkudu dapat menjadi obat untuk penyakit virus Epstein Barr, kekurangan tenaga, Candidiasis kronis dan penyakit akibat infeksi virus HIV.

  1. Awet muda

Selain itu sari buah mengkudu juga dapat digunakan sebagai tonic untuk mengatasi kulit keriput akibat penuaan.

Mungkin itu saja artikel dari saya tentang manfaat dan khasiat buah mengkudu semoga bermanfaat, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply