Ciri-Ciri Orang Kreatif

Ciri-Ciri Orang Kreatif, Apakah Kamu Termasuk?

Posted on

Pernahkah kamu mencari tahu atau ingin tahu apa ciri-ciri orang yang kreatif, bagaimana orang-orang kreatif berpikir tentang sesuatu dengan cara yang berbeda? Orang yang kreatif seperti penemu yang bisa berpikir panjang ke depan ada banyak, namun latar belakang mereka berbeda-beda. Mereka memiliki beberapa kesamaan dalam cara melihat dunia sekitarnya. Inilah hal-hal yang dapat membuat otak seseorang berpikir lebih kreatif dan berbeda.

  1. Orang yang Tidak Pernah Berhenti Belajar

Ciri-ciri orang cerdas dan kreatif adalah mereka selalu ingin terus-menerus belajar. Selalu ingin tahu hal-hal yang baru dan ingin mencobanya. Mencari pengalaman baru adalah obsesinya. Mereka setiap hari melihat sekelilingnya sebagai kesempatan untuk terus belajar hal-hal yang baru. Apapun itu pelajaran baru yang akan mereka dapat dari sekelilingnya. Entah itu ilmu teknik, fakta-fakta baru, penemuan baru, dan lain-lain. Orang yang kreatif pasti selalu ingin belajar. Mereka cenderung berpikir untuk tidak membuang waktunya dengan sia-sia. Mereka menjadikan waktunya untuk belajar yang berguna. Inilah kebiasaan dari orang-orang kreatif yang paling menonjol.

  1. Orang yang Selalu Penasaran dan Ingin Tahu

Istilah kepo sudah sering sekali kita dengar dan tidak asing. Kepo identik dengan rasa penasaran dan ingin tahu yang lebih ditekankan lagi. Bisa dikatakan orang kepo itu sangat ingin tahu dan harus tahu. Inilah salah satu sifat dari orang yang berpikir kreatif. Mungkin bagi kamu ada yang menganggap kepo itu hal yang tidak baik, seperti ingin tahu masalah orang lain. Padahal tidak semua orang begitu. Ada orang kreatif yang memang selalu ingintahu tapi bukan tentang masalah orang lain, melainkan hal baru yang bisa dijadikan pengalaman dan ilmu baru. Hal ini mendorong orang kreatif untuk mendorong mereka supaya terus belajar. Mereka berusaha mencari tahu ide baru baik dari buku pengetahuan, novel, kehidupan sekitar, dan orang sukses yang beride kreatif.

  1. Orang yang Memiliki Pertanyaan-Pertanyaan Besar

Apa kamu juga punya pertanyaan besar? Orang yang selalu ingin mendapatkan jawaban-jawaban dari semua pertanyaan besarnya, itulah orang kreatif. Mereka selalu mengajukan pertanyaan yang hebat kepadaapapun dan siapapun itu. Mereka tidak takut untuk memiliki mimpi yang besar. Mereka tidak pernah membatasi diri dengan batasan apapun. Mereka selalu ingin bebas bertanya dan mencari tahu. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan besar yang akan mereka pikirkan lebih dalam dan lebih jauh dari permasalahan yang dihadapi. Mereka suka dengan tantangan hidup dan ingin selalu bisa menyelesaikannya. Apabila mereka tidak tahu caranya , mereka tidak malu untuk bertanya.

  1. Orang yang Haus dengan Pengalaman Baru

Cirri lain dari orang yang kreatif adalah, mereka selalu ingin dan haus untuk mencari pengalaman baru. Mereka selalu membuka diri untuk melakukan dan melihat hal-hal baru. Karena mereka tahu bahwa di luar sana masih banyak pengalaman baru yang harus dialami. Yang mereka piker mungkn saja bisa menginspirasi dan memberikan nilai yang berbeda untuk karya yang akan mereka ciptakan.

  1. Orang yang Sangat Suka Berimajinasi

Orang kreatif ternyata juga suka melamun, jangan dipikir orang yang sering melamun itu tidak ada kerjaan. Mungkin mereka sedang memikirkan rencana besar untuk dilakukan. Kemampuan mengkhayalnya sangat luar biasa, mereka tahu pikiran memiliki kekuatan untuk menciptakan hal baru. Dengan berimajinasi, ide-ide baru akan muncul. Ini mungkin salah satu cara mereka untuk mendapatkan ide baru. Mereka juga sangat tahu mengkhayal itu perlu dan tidak boleh dilewatkan.

  1. Orang yang Mau Belajar dari Kegagalan

Kegagalan bagi orang kreatif itu hal biasa, mereka menjadikan kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar danberpikir lebih kreatif lagi. Ketika mereka gagal, sifat kreatif akan bekerja dan mulai memunculkan ide baru untuk mencari peluang baru agar bisa berhasil. Orang yang kreatif tidak pernah berhenti untuk mencoba dan terus mencoba hingga berhasil. Sesekali mereka menemui kegagalan, mereka selalu berpikir pasti ada jalan lain yang bisa dicoba untuk mencapai kesuksesan.

  1. Orang yang Mengikuti Impian Besarnya

Inilah hal yang paling penting dari semua yang disebutkan di atas. Bagi orang yang kreatif, mengikuti apa yang benar-benar menjadi mimpi besarnya adalah yang terpenting. Mereka benar-benar tahu bahwa mengikuti kata hati dan impian adalah kekuatan besar untuk terus maju hingga tercapainya kesuksesan yang diinginkan. Bahkan, ketika kesulitan dan hambatan mereka temui, mereka selalu berpikir positif dan berpegang teguh pada impian terbesarnya. Mereka percaya dengan apa yang mereka impikan untuk mendorong agar terus berusaha tanpa menyerah.

Bagaimana dengan ciri-ciri di atas, apakah kamu termasuk orang yang kreatif?

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply