6 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Posted on

Salah satu hal yang paling di perlukan untuk mencapai kesuksesan dalam hal mempelajari sesuatu dan mengerjakan pekerjaan dengan sukses adalah konsentrasi. Jika kita memiliki konsentrasi yang cukup kuat terhadap suatu hal, secara otomatis akan focus untuk mengerjakan hal tersebut akan lebih tinggi. Alhasil akan bisa di selesaikan dengan lebih cepat dan lebi baik.

meningkatkan konsentrasi
meningkatkan konsentrasi

Kali ini saya akan membahas beberapa tips berguna untuk meningkatkan konsentrasi, yang erat kaitannya dengan daya ingat. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan daya konsentrasi :

  1. Buatlah aktivitas yang anda lakukan menjadi sebuah kebiasaan.

Jika anda sudah biasa untuk melakukan sesuatu secara berulang- ulang secara rutin. Maka anda dalam belajar atau bekerja akan menjadi lebih tinggi. Hal ini akan menghasilkan daya konsentrasi yang di perlukan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut tidak akan terlalu tinggi. Dan alhasil pekerjaan tersebut tidaklah terlalu melelahkan bagi otak anda.

  1. Mencari suasana baru

Daya konsentrasi akan menurun dengan cukup parah apabila anda mengerjakan berbagai hal secara berulang- ulang. Dalam jangka waktu yang lam. Seperti, mengerjakan kantor tanpa mendapatkan waktu liburan yang cukup. Oleh sebab itu, sangat perlu di butuhkan waktu liburan yang cukup dan bisa beristirahat. Tidak hanya berlibur, anda juga perlu mencari suasana baru untuk menyegarkan pikiran anda.

  1. Menerapkan pola hidup sehat.

Seperti yang telah di ungkapkan pada poin di atas, daya konsentrasi ini sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke otak. Jika makin lancer aliran darah menuju ke otak, maka akan mudahh pula kita berkonsentrasi. Nah, untuk dapat memperlancar aliran darah ini, sangat di perlukan pola hidup sehat yang seimbang.

Pastikan anda memiliki waktu tidur yang cukup, olah raga teratur, dan mengkonsumsi makanan yang sehat  dan bergizi. Hal ini sangat bermanfaat untuk jangka waktu yang panjang. Orang yang dapat menerapkan pola hidup sehat biasanya dapat terhindar dari sifat pikun saat ia menginjak usia lanjut. Mak dari itu, sangat di pentingkan untuk menjaga pola hidup anda yang sehat dan juga seimbang.

Meditasi merupakan salah satu latihan ringan yang paling mudah uuntuk dapat meningkatkann daya konsentrasi. Yang perlu anda ingat, konsep utama dalam melakukan meditasi bukanlah mengosongkan pikiran namun meditasi adalah memusatkan pikiran pada suatu hal tertentu. Jika anda dapat melakukan meditasi yang benar dan tepat serta membuatnyya menjadi suatu kebiasaan maka anda pun akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.

  1. Kerjakan satu hal dengan satu waktu.

Jika anda ingin menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang bagus. Cobalah anda untuk membiasakan diri mengerjakan satu hal hingga akhir yang sempurna. Baru beralih untuk mengerjakan hal yang lainnya. Anda jangan membiasakan diri untuk melakukan berbagai hal dalam satu waktu. Hal tersebut akan menuntut anda membagi konsentrasi ke berbagai hal sekaligus , alhasil akan membuat konsentrasii anda menurun. Dengan membiasakan diri untuk focus pada satu hal, pengalihan perhatian akan lebih mudah untuk di hindari. Hal ini akan memnbuat kita lebih mudah untuk berkonsentrasi. Dan pastinya hasil akhir pekerjaan yang anda lakukan pun akan lebih optimal.

  1. Melakukan aktivitas yang dapat memperlancar aliran oksigen menuju ke otak.

Darah merupakan kendaran utama oksigen dalam tuubuh kita. Oleh karna itu, anda perlu melakukan berbagai aktivitas yang dapat memperlancar aliran darah, yang di mana hal ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Dalam hal membantu mengalirkan oksigen yang menuju ke otak. Otak, bisa berjalan- jalan setiap  beberapa saat, merubah posisi duduk atau berbaring.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply