Ini Nih, 15 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Posted on

Aloe Vera atau yang sering disebut lidah buaya, sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman yang kaya manfaat, secara history lidah buaya mampu menyembuhkan segala macam penyakit kulit. Selain itu, tumbuhan ini sangat gampang ditemukan di daerah tropis. Semakin majunya teknologi dan pengetahuan, banyak orang yang mengembangkan aloe vera untuk dijadikan obat, kecantikan, makanan, minuman dan lainnya.

Lidah buaya yang kaya manfaat
Lidah buaya yang kaya manfaat

Tanaman yang kaya dengan asam amino, enzim, berbagai vitamin, mineral dan polisakarida ini sangat bermanfaat untuk tubuh anda. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah gel dan lateks, gel yang terdapat dibagian tengah kulit lidah buaya, gel ini berwarna putih bening layaknya jeli, sedangkan lateks yang bisa anda dapatkan pada bagian kulit lidah buaya biasanya diolah menjadi suplemen. Lidah buaya juga dapat merawat rambut anda lebih indah hanya dengan cara alami, simaklah beberapa manfaat lidah buaya :

  1. Mengobati gatal dan ruam

Jika kulit anda gatal ataupun ruam merah, cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya pada kulit anda. Gel lidah buaya sudah dipercaya mampu menenangkan kulit, bukan hanya kulit, mulut pun bisa, hanya dengan berkumur dengan obat kumur yang memiliki kandungan lidah buaya itu mampu mengurangi rasa gatal dan menghilangkan ruam pada mulut anda.

  1. Mengobati herpes

Virus herpes simplex yang menyebabkan penyakit kulit atau yang biasanya disebut herpes. Bintik-bintik merah yang bergerombol berisi air yang biasanya terasa gatal dan panas dapat disembuhkan dengan mengoleskan krim yang mengandung lidah buaya, ini akan membantu menyembuhkan luka akibat virus herpes.

  1. Mengobati sembelit

Tubuh yang kurang cairan dapat menyebabkan anda susah BAB, jika seperti itu cobalah untuk menggunakan lateks dari lidah buaya, karena lateks adalah obat pencahar yang dapat membuat BAB anda lancar. Tapi, jangan digunakan dalam jumlah yang banyak, bisa saja anda justru terkena diare.

  1. Membantu menyembuhkan psoriasis ringan

Penyakit ini disebabkan karena reaksi perlawanan, sebab sistem imun yang seharunya menyerang kulit yang rusak, justru imun salah menyerang pada kulit yang masih sehat. Sebab itulah muncul bercak merah, kulit yang bersisik dan gatal. Lidah buaya mampu membantu untuk menghentikan sisitem perlawanan ini, tetapi juga gunakanlah obat yang lainnya.

  1. Menyembuhkan luka

Senyawa glukomanan dan gliberin yang dimiliki lidah buaya dapat menyembuhkan luka anda dengan cepat, senyawa ini memiliki kelebihan yang mampu membentuk kolagen dengan cepat dan meningkatkan sirkulasi darah anda. Oleh karena itu, jaringan baru akan mudah terbentuk.

  1. Menghilangkan bekas luka

Lidah buaya yang mengandung senyawa glukomanan dan gliberin selain mampu menyembuhkan luka juga mampu menghilangkan bekas luka yang sudah lama. Sudah banyak beredar krim penghilang bekas luka yang mengandung lidah buaya, tetapi jika kamu ingin yang alami, oleskan saja gel lidah buaya pada bekas luka anda.

  1. Mengobati luka bakar

Kandungan aloesin yang dimiliki lidah buaya dapat mengurangi perih atau nyeri akibat luka bakar. Selain itu, lidah buaya juga dapat mencegah munculnya bekas akibat luka bakar, cobalah cara alami dengan menempelkan gel lidah buaya pada luka bakar anda.

  1. Meremajakan kulit

Kandungan antioksidan yang dimiliki lidah buaya dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Selain itu, vitamin E dan mineral yang terkandung dalam gel lidah buaya juga bisa membuat kulit tampak lebih segar dan kencang. Aplikasikanlah lidah buaya sebagai masker anda.

  1. Menghilangkan panu di wajah

Lidah buaya yang berperan sebagai anti jamur dapat mengobati panu diwajah anda secara efektif. Oleskan saja gel lidah buaya pada panu diwajah anda selama 30-60 menit. Lalu bilaslah dengan air hangat.

  1. Menurunkan berat badan

Pasti banyak wanita yang berusaha menurunkan berat badannya jika dia merasa gemuk, lidah buaya mengandung serat tinggi yang mampu mengikat lemak berlebih dan kalori rendah yang dimiliki lidah buaya akan membantu proses diet anda.

  1. Plak gigi dan karang gigi

Sama halnya seperti ruam dan sakit gigi, zat yang dihasilkan bakteri telah berkembang pesat didalam rongga mulut dapat menyebabkan munculnya plak dan karang gigi, cobalah untuk berkumur dengan obat kumur lidah buaya.

  1. Menghilangkan jerawat

Gunakanlah masker lidah buaya untuk menghilangkan jerawat anda, lidah buaya yang berfungsi anti bakteri dapat menghilangkan jerawat secara maksimal.

  1. Menetralisir racun

Antioksidan yang dimiliki lidah buaya dapat mematikan racun berbahaya didalam tubuh anda, cobalah untuk mengkonsumsi satu gelas jus lidah buaya setiap harinya, kandungan yang lengkap dapat membantu tubuh anda untuk mematikan virus jahat.

  1. Sebagai obat nyamuk

Aloevera adalah tanaman yang tidak disukai oleh serangga, oleh karena itu aplikasikanlah aloevera pada kulit anda agar terhindar dari gigitan serangga.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Kandungan asam amino dari lidah buaya sudah dipercaya mampu menurunkan kolestrol jahat dan akan dikeluarkan oleh tubuh.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply