Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Posted on

Indonesia sudah terkenal dengan rempahnya yang melimpah sehingga dijuluki sebagai negara yang kaya akan alam terutama rempah. Jahe merupakan salah satu rempah pilihan yang memiliki banyak manfaat, biasanya para ibu memilih jahe untuk dijadikan bumbu masak bagi kesehatan tubuh karena kandungan dalam jehe berupa minyak atsiri yang berkhasiat untuk memberi rasa hangat pada tubuh saat cuaca dingin. Jahe mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia atau biasanya orang yang tinggal di desa kebanyakan mananam sendiri. Jahe sendiri memilik berbagai macam seperti jahe gajah,jahe merah dan jahe kuning.

Jahe Gajah: sesuai dengan namanya jahe ini berbentuk rimpang lebih besar dari kebanyakan jahe lain, namun rasanya tidak terlalu pedas seperti jahe jenis lainnya. Warna daging jahe jenis ini kuning hingga putih. Masyarakat dunia lebih banyak yang minat dengan jenis jahe yang satu ini.

Jahe Gajah
Jahe Gajah

Jahe Merah: kandungan minyak atsiri dalam jahe jenis ini yang paling banyak dibanding jenis jahe yang lain. Rasa jahe merah yang pedas lebih banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat tradisional. Ukurannya yang rimpang lebih kecil dengan balutan kulit berwana merah dan menyimpan banyak serat lebih banyak dibanding jahe biasa yang lain.

Jahe Merah
Jahe Merah

Jahe Kuning: inilah jenis jahe yang paling sering dijadikan bumbu masakan oleh masyarakat lokal. Masakan yang diberi bumbu jahe hasilnya akan memberikan aroma yang cukup tajam dan rasa yang sedap. Ukuran jahe kuning rimpang lebih keil disbanding jahe gajah dan warna jahe sesuai namanya yaitu kuning.

jahe-kuning
Jahe Kuning

Jahe memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia, bapak-bapak sering mengkonsumsi jahe yang sudah dibersihkan dalam bentuk air seduhan yang panas untuk menghangatkan tubuh. Hal ini biasa dilakukan ketika bekerja atau bertugas berjaga di luar ruangan seperti ronda di kampung. Maka dari itu, sekarang banyak industri yang membuat jahe dikemas dengan produk seperti kopi jahe atau wedang jahe dengan merek bermacam-macam. Hingga akhirnya, ara ahli pengobatan tradisional juga meneliti khasiat dari tanaman ini sebagai tanaman obat. Karena khasiatnya yang banyak bagi kesehatan tersimpan dibalik rasa jahe yang pedas. Terbukti bahwa jahe bermanfaat untuk mengatasi banyak penyakit.

Beriut ini adalah beberapa manfaat jahe bagi tubuh selain untuk menghangatkan:

  1. Menjaga Kondisi Jantung

Jika kolestrol dan minyak banyak tersimpan di dalam tubuh, maka susunan lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.lalu apa hubungannya dengan manfaat  jahe? Hubungannya adalah karena di dalam tubuh, jahe berperan sebagai penurun kadar kolestrol yang berlebih di dalam tubuh.

  1. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala sering kali terjadi karena terlalu banyak bekerja dan berpikir seharian, sehingga hal inidapat mengganggu aktivitas kerja dan dapat memicu stress berlebih yang berisiko terserang penyakit yang lebih parah. Maka, biasanya orang setelah pulang dari pekerjaannya lebih memilih mencoba santai sambil menikmati hangatnya wedang jahe. Pada akhirnya, otak menjadi lebih fresh dan tubuh menjadi lebih sehat kembali.

  1. Mengobati Gangguan Pencernaan

Gangguan kesehatan yang satu ini pasti sering dialami terutama oleh orang yang tidak bisa menjaga pola makanya. Sehingga system pencernaan dalam tubuh tidak stabil. Bagi perempuan biasanya terganggu dengan kram di perut dan merasa sakit akibat menjelang haid. Hal ini dapat diatasi dengan minum air jahe secara rutin.

  1. Mengatasi Mabuk Perjalanan

Yang sengang travelling tapi sering mabuk perjalanan atau pergike tempat yang dingin seperti mendaki biasanya sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan wedang jahe dalam termos kecil. Saat bepergian jauh dengan manaiki kendaraan roda empat juga bisa membawa wedang jahe dan meminumnya di perjalanan atau saat beristirahat sebentar dari perjalanan. Wedang jahe dipercaya sebagai obat tradisional yang dapat mencegah mabuk paerjalanan.

  1. Mengobati Alergi

Manfaat jahe yang satu ini adalah sebagai anti alergi, percaya atau tidak cara ini boleh dicoba karena di dalam jahe terdapat kandungan yang efektif untuk mengurangi dan mengobati rasa gatal.

  1. Menurunkan Berat Badan

Inilah cara sehat bagi orang yang ingin diet. Jahe yang dikonsumsi oleh tubuh berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Selain itu, jahe hanya memberikan kalori yang sedikit sehingga tidak mungkin untuk menaikkan berat badan.

  1. Mengobati Masuk Angin dan Mual

Masalah seperti ini sering muncul kapan saja dan membuat mood jadi berkurang karena tidak enak badan. Mual atau muntah kerap terjadi pada seseorang yang sakit demam atau masuk angin. Untuk pertolongan pertama bisa minum wedang jahe agar lambung menjadi nyaman.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang sehat harus dijaga kekebalannya agar tidak mudah terserang penyakit. Cara meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan minum wedang jahe secara teratur. Jahe bersifat sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Jika sistem imun di dalam tubuh kuat, maka bakteri tidak mudah unuk menyerang.

  1. Sebagai Obat Tenggorokan

Bagi yang hobi menyanyi, pastilah memerlukan suara yang bagus. Penyanyi harus menjaga suaranya agar tetap enak. Cara menjaga tenggorokan agar suara enak bisa dengan meminum wedang jahe. Jangan sampai seorang penyanyi batuk dan suaranya serak.

  1. Mencegah Kanker Usus

Salah satu universitas di Amerika mengabarkan bahwa mengkonsumsi jahe secara rutin baik dimakan atau diminum dapat mencegah kanker usus besar. Ini sangat baik untuk kesehatan kita.

Khasiat jahe untuk kesehatan sangatlah banyak. Semakin banyak kandungan gizi dalam jahe, maka semakin banyak pula manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia. Selamat mencoba.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply