tips-saat-penerbangan-pertama
Tips Penerbangan Pertama

5 Tips yang Harus Kamu Lakukan Pada Saat Penerbangan Pertamamu.

Posted on

Melakukan penerbangan pertama memang merupakan suatu momen yang tak pernah terlupakan. Tentu saja rasa takut, nerves, dan berbagai rasa yang campur aduk lain akan selalu membayangimu. Takut akan pesawatnya tiba-tiba jatuh karna mesinnya rusak atau karna cuaca buruk, takut akan tidak bisa bertemu dengan keluarga lagi, atau bahkan takut tidak akan jadi terbang karna berbagai hal, dan pemikiran aneh lainnya tentu akan simpang-siur melewati pikiranmu. Tapi kamu tak perlu terlalu cemas, mungkin itu hanya sebuah ketakutan yang berlebihan saja. Cukup banyak do’a untuk meminta keselamatan saja, dan tenangkan hatimu untuk siap dan nikmati saja penerbangan perdanamu ini.

Tetapi ada baiknya untuk berjaga-jaga kamu juga perlu antisipasi terhadap hal yang tak akan mungkin terjadi, nah dibawah ini merupakan 5 tips yang harus kamu lakukan pada saat penerbangan pertamamu agar menjadi perjalanan yang nyaman dan menyenangkan.

  1. Rencanakan sejak dini dan segeralah pesan tiket pesawat jauh-jauh hari agar lebih murah dan lebih siap.
pesan-tiket-online
Pesan Tiket Online

Ada baiknya kamu segera untuk merencanakan jadwal penerbanganmu sejak dini, karna untuk mengantisipasi akan kehabiasan tiket di hari H. Selain itu kamu juga akan mendapatkan tiket yang lebih murah dan bisa memilih maskapai yang bagus dan terpacaya, soalnya masih ada banyak tiket yang tersedia di berbagai maskapai karna hari H keberangkatan itu masih jauh. Kamu dapat membeli tiket itu memalui via online yang banyak dilakukan oleh orang zaman sekarang, pastikan kamu mengecek kode booking tiket pesawatmu yang dikirimkan melalui email dan menyimpannya yang kemudian kamu harus menunjukkannya pada saat cek-in di bandara agar dapat menukarkannya menjadi boarding pass (tiket pesawat). Atau kalau mau lebih simpel lagi kamu juga dapat membelinya di biro perjalanan terdekat untuk dapat langsung mendapatkan tiket pesawatnya.

  1. Cek kapasitas bagasi pesawat dan di terminal mana kamu akan berangkat.
perhatikan-dari-terminal-mana-kumu-berangkat
Perhatikan Terminal Mana yang Akan Kamu Tuju

Nah, untuk yang satu ini cukup penting, perhatikan kapasitas bagasi gratis dan di terminal mana kamu akan berangkat. Jangan sampai terminalmu keliru ya, itu akan menghabiskan waktumu saja dan membuatmu akan ketinggalan jadwal penerbanganmu. Dan jangan lupa juga untuk mengecek berapa kapasitas bagasimu, jika kamu membawa barang terlalu banyak dan melebihi kapasitas bagasi maka kamu akan membayar lebih untuk itu. Tentunya tak mau buakan? Dari pada hanya untuk menambah bagasi lebih baik uang itu kamu gunakan untuk liburanmu saja.

  1. Datanglah ke bandara minimal satu jam sebelum keberangkatan, jangan lupa untuk membawa kartu identitas dan tiket, kemudian carilah loket cek-in yang sesuai dengan boarding passmu.
carilah-loket-cek-in-yang-sesuai
Carilah Loket yang Sesuai

Selanjutnya, datanglah ke bandara minimal satu jam sebelum jadwal penerbanganmu, karna loket cek-in itu sudah terbuka dari satu jam sebelum keberangkatan dan jangan sampai kamu datang pada saat mepet dengan jadwal terbangmu karna biasanya loket cek-in itu kemungkinan sudah ditutup pada saat pesawat akan lepas landas. Pastikan kamu memilih loket cek-in yang sesuai dengan boarding passmu. Dan jangan lupa juga untuk membawa kartu identitas untuk pengecekan nanti, karna ini untuk menjaga keamanan dan kebenaran dari kepemilikan tiket tersebut.

  1. Perhatikan saat petugas memberitahukan pada gate mana yang akan kamu tuju dan selalu dengarkan pengumuman pada saat di ruang tunggu.
erhatikan-gate-yang-kamu-tuju
Perhatikan Gate yang Kamu Tuju

Untuk yang ini juga tak kalah pentingnya, perhatikanlah pada saat petugas memberitahukan pada gate mana yang akan kamu tuju, jangan sampai salah masuk ya….  Sebab bila itu terjadi kamu akan kebingungan mencari-cari jadwal keberangkatan pesawatmu yang tidak ketemu. Kemudian duduklah dengan tenang saat berada di ruang tunggu dan selalu dengarkan pengumuman yang ada. Jangan sampai kamu tidak fokus akan pengumuman itu atau kamu akan ketinggalan pesawatmu.

  1. Saat sebelum lepas landas (take off) perhatikan intruksi yang diberikan oleh awak pesawat dan duduklah dengan tenang.
perhatikan-intruksi-awak-kabin-pesawat
Perhatikan Intruksi Awak Kabin Pesawat.

Ini dia yang terakhir, yaitu perhatikan intruksi yang diberikan oleh awak kabin pesawat. Pahami dengan baik semua intruksi itu, bagaimana jika ada cuaca buruk, dimana ada jendela darurat, bagaimana cara menggunakan pelampung, dan lain sebagainya. Pastikan untuk selalu memerhatikan intruksi penting tersebut, jika kamu merasa ada kebingungan kamu bisa memanggil salah satu awak kabin pesawat dan menanyakannya. Kemudian duduklah di kursimu dengan tenang dan selamat menikmati penerbangan pertamamu.

Itulah tadi 5 tips yang harus kamu lakukan disaat penerbangan pertamamu, semoga bermanfaat. Dan semoga perjaanan penerbangan pertamamu menyenangkan.

Gravatar Image

Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply