8 Hal Sederhana Untuk Membahagiakan Orang tua

Posted on

Sebagai seorang anak yang baik,ya jika kita ingin membuat orang tua kita merasakan kebahagiaan. Dan sudah menjadi kewajiban kita untuk membahagiakan dan membuat hidup mereka menjadi bahagia dan lebih indah. Hal- hal apakah yang sudah kita lakukan untuk membalas kebaikan kedua orang tua kita yang telah melahirkan, meramut, serta mendidik sejak kecil? berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membahagiakan orang tua:

pentingnya membuat orang tua bahagia
pentingnya membuat orang tua bahagia

 

  1. Berterima kasih.

Suatu hal kecil yang mudah untuk di lakukan namun sering kali terlupakan. Sebesar apapuyn perbuatan yang kita lakukan untuk berterima kasih kepada orang tua. Hal ini tak akan bisa membalas kasih sayang yang telah mereka limpahkan pada kita. Sebab, hal yang paling penting dalam berterima kasih adalah rasa kasih sayang dan ketulusan hati.

 

  1. Lakukan sesuatau tanpa diminta.

Tentu kita masih ingat, suwaktu kecil ayah dan ibu menyuruh kita untuk melakukan beberapa hal, muali dari belajar, membantu orang tua dan suatu hal yang berhubungan dengan orang lain. Terkadang, kita merasa kesal saat menjalankan perintah tersebut. dan setelah dewasa mungkin kita baru menyadari dan merasa bersyukur dan berterimakasih atas berbagai suruhan orang tua kepada kita.

Suatu hal yang membuat orang tua kita merasa bahagia adalah apabila kita melakukan sesuatu tanpa harus di suruh. Jangan salah, terkadang orang tua juga merasa sedih saat menyuruh anaknya melakukan hal yang tidak ia sukai. Namun demi kebaikan anaknya, para orang tua tersebut  rela menahan rasa sedih di hati.

 

Sikap ini terdengar cukup mudah, namun pada kenyataannnya tidak semudah yang di perkirakan. Tak perlu melakukan berbagai hal untuk membuat orang tua kita bahagia. Kita hanya cukup patuh terhadap aturan- aturan dan nasihay yang telah mereka berikan. Setiap kali anda akan membantah perintahnya, coba anda pikirkan terlebih dahulu. Karena orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya di balik semua perintaknya.

Sebenarnya patuh kepada kedua orang tua itu menyelamatkan diri anda sendiri, walaupun terkadang tidak mneyenangkan untuk melakukannya. Sikap patuh tersebut dapat membuat hati orang tua menjadi tenang dan tidak di liputi perasaan khawatir.

 

  1. Tidak berbohong.

Orang tua sangat memahami anaknya, bahkan ketika anaknya berbohong mereka dengan mudahnya mengetahinya. Terkadang tak ingin sang anak sakit hati, mereka berpura- pura tidak mengetahui kalau kita sedang berbohong. Tentu saja hal ini membuat orang tua merasa tersakiti  sekaligus merasakan sangat khawatir. Oleh karna itu, mulailah dari sekarang jangan berbohong pada orang tua. Usahakan untuk selalu berkata jujur, karena walaupun menyakitkan, kejujuran tidak akan sakit dari pada di bohongi oleh anaknya sendiri. Yakinlah dan ketahuilahh bahwa oran tua selalu memahami dan memaklumii setiap tindakan yang kita lakukan.

 

  1. Menghibur orang tua.

Walaupun orang tua terkesann tegar dan kuat, kita harus sadar bahwa orang tua juga manusia biasa. terkadang mereka menjalani masa- masa sulit yang akan membuat hati mereka sedih. Hanya tak ingin anaknya merasa khawatir, para orang tua lebih memilih untuk menyembunyikan kesedihan mereka. Nah, hal ini sangat perlu di sadari sebagai seorang anak yang baik.

Jika anda melihat orang tua anda sedang sedih jangan ragu- ragu untuk menghiburnya. Ajaklah mereka bicara, genggam tangannya, dengarkan keluh- kesahnya, dan peluklah orang tua anda. tindakan yang sederhana dan di anggap remeh ini sangat berarti bagi orang tua anda, dan akan membuatnya lebih semangat lagi untuk menjalani kehidupannya.

 

  1. Dengarkan nasihat mereka.

Sedah sewajarnya jika ayah dan ibu kita ingin di dengarkan. sering kali kita merasa jengkel dengan berbagai nasihat yang telah mereka katakana berulang- ulang. Cobalah anda menahan kesal dan jengkel anda di  dalam hati, kaarna sebenarnya di balik semua nasihat orang tua tersebut tersimpan doa dan harapan orang tua kepada anaknya.

Tak ada hal lain dari orang tua ketika mereka memberikan nasihat selain agar anaknya menjadi orang yan lebih baik. walaupun saat ini terasa menyebalkan, mungkin suatu saat anda akan merindukan nasihat- nasihat dari orang tua anda.

 

  1. Ingat tentang keberadaan orang tua anda.

Terutama jika anda sudah berkeluarga dan keluar dari rumah orang tua, jangan lah sekali- sekali anda melupakan merekaa. Cobalah untuk selalu menelpon dan memberikan kabar secara rutin, sehingga membuat orang tua merasa tenang, merasa di perhatikan dan tidak akan merasakan khawatir.

Melelpon atau  pesan untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada orang tua bisa menjadi sangat berkesan bagi mereka. Terutama jika anda jauh dari orang tua. Tunjukkan pada mereka bahwa anda masih dan akan selalu menganggap mereka sebagai orang yan penting di dalam hidup anda.

 

  1. Jadilah orang yang baik.

Apa yang lebih di harapkan orang tua selain melihat anaknya menjadi orang yang sukses? Jawabannya yaitu melihat anaknya menjadi orang yang baik. yang di maksud baikk dalam hal ini adalah bisa menjadi orang yang berguna bagi orang lain. Orang tua akan merasa lebih senang dan bahagiia apabila anak yang telah mereka besarkan mampu menjadi orang yang baik. mereka dapat hidup tenang jika ia merasa yakin bahwa anaknya mampu untuk merawat dirinya sendiri.

 

Oleh karna itu, setiap kali anda ingin melakukan hal- hal yang buruk, ingatlah sosok kedua orang tua anda. ingat lah kasih sayang dan pengorbanan yang sudah mereka berikan demi membesrkan anda. dengan harapan, anda bisa menjadi orang yang baik dan bergupna bagi orang lain.

Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply