Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Posted on

Tahukah anda bahwa jahe merah mempunyai khasiat? Dan kebanyak orang hanya tau jahe biasa. Jika anda belum apa itu jahe merah, yuk simak artikel berikut. “Jahe” merupakan sejenis tanaman rimpang yang sangat dikenal sebagai rempah-rempah dan bahan obat terutama sebagai obat herbal. Jahe dikenal dengan nama ginger ( dalam bahasa inggris ).  Jahe memiliki banyak manfaat

manfaat jahe merah
manfaat jahe merah

 

diantaranya : yaitu sebagai obat tradisional, bisa sebagai bumbu dapur, dan bahkan bisa sebagai penghangat tubuh. Jahe itu sendiri memiliki bermacam-macam jenis jahe sebagai berikut ini :

  • Jahe gajah : sesuai dengan namanya jahe gajah memiliki ukuran sangat besar dan ruas rimpang atau umbi yang lebih dominan. Dan rasanya yang tidak terlalu pedas.
  • Jahe putih atau disebut jahe biasa : jahe ini ukurannya agak kecil beda dengan jahe gajah yang dengan ukuran besar, jahe putih memiliki warna putih kekuning-kuningan. Dengan ruas rimpangnya kecil dan tergadang agak kembung atau gemuk serta kandungan minyak asitrinya lebih banyak dari pada jahe gajah.
  • Jahe merah : jahe jenis ini ukurannya kecil-kecil dan dengan warnanya kemerah-merahan. Kandungan minyak asitri pada jahe merah sangatlah banyak bila dibandingkan dengan jahe gajah dan dengan jahe putih sehingga rasanya juga sangat pedas dibandingkan dengan jahe jenis lain.

Jahe merah ( Zingiber Officinale ) sesuai dengan namanya jahe merah ini memiliki warna yang berbeda dengan jahe putih dan jahe gajah yaitu berwarna kemerah-merahan. Dan ukuran jahe merah ini juga lebih kecil  namun kandungan pada jahe merah ini lebih banyak seratnya. Jahe merah ini mudah tumbuh yang tempat terbuka dan pada tempat-tempat yang agak ternaung seperti kebun dan diperkarangan yang memiliki tekstur tanah kering maupun gembur dengan ketinggian 0-900 meter diatas permukaan laut.  Jahe merah banyak ditemukan di negara-negara yang beriklim tropis maupun sub tropis. Khasiat rimpang jahe merah yang banyak dipublikasikan antara lain adalah sebagai antiinflamasi, anti trombbotik, antihiperglikemia, antimikroba, antiemetik, antidepresan, anti karsinogen, dan anti tumor. Jahe merah itu sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30-100 cm.
  2. Rimpangnya yang berwarna merah dan lebih kecil dibandingkan jahe putih
  3. Akanya berbentuk rimpang dengan daging akarnya berwarna kemerahan.
  4. Baunya yang menyengat dan khas.
  5. Daun sempit/menyirip dengan panjang 2-4 mm.
  6. Daunnya yang lebarnya 8-15 mm.
  7. Tangkai daun berbulu halus dan memiliki panjangnya 2-4 mm
  8. Bunga jahenya yang berwarna hijau kekuningan dan tangakai putik yang berjumlah dua

Khasiat Jahe Merah Bagi Tubuh & Kesehatan

Jahe merah memiliki kandungan minyak asitri paling tinggi sehingga cocok digunakann untuk ramuan obat-obatan, meransang kelenjer pada pencernaan dan menambah nafsu makan. Jahe merah ini lebih banyak dipilih karena dapat memberikan rasa pahit dan pedas lebih tinggi bila dibandingkan jahe putih.  Jahe merah dipercaya bisa untuk menyembuhkan atau sebagai pencegahan berbagai macam penyakit, 10 diantaranya sebagai berikut :

  • Reumatik atau encok
  • Mengobatin asma
  • Migrain (kesemutan)
  • Sering masuk angin
  • Mengobatin influenza
  • Kurang darah

Cara penggunaan

Rimpang jahe merah diiris tipis-tipis kemudian dijemur dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering, lalu dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk hingga menjadi bubuk yang halus dan lalu dijemur kembali dibawah sinar matahari. Cara pemakainnya ialah diseduh dengan 1 sendok makan  bubuk halus jahe merah dengan air panas ½  gelas dan diminum 2 x sehari.

SEKIAN ARTIKEL DARI KAMI SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA, DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN DAN SELAMAT MENCOBA.

Leave a Reply