10 cara cepat dan efektif menghilangkan komedo
10 cara aman dan efektif menghilangkan komedo

10 Cara Aman dan Efektif Menghilangkan Komedo

Posted on

Komedo merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit yang menyebabkan munculnya tinjolan berwarna putih dan berwarna hitam pada kulit wajah. Biasanya komedo terdapat pada area hidung dan sekitar mata. Lama-kelamaan komedo yang menumpuk akan menjadi jerawat. Komedo yang sedikit memang tidak menggangu penampilan, tapi kalau komedo sudah terlanjur banyak dan menumpuk, maka akan mengurangi tingkat penampilan anda. Sebagian orang biasanya memencet hidung atau bagian wajah yang menjadi sarang komedo untuk menghilangkan komedo mereka.

Cara Aman Menghilangkan Komedo
Cara Aman Menghilangkan Komedo

Tapi taukah anda bahwa menghilangkan komedo menggunakan cara tersebut dapat menyebabkan komedo semakin membanyak dan tentunya akan menimbulkan bekas pada wajah anda. Bagi anda yang ingin menghilangkan komedo yang ada di wajah anda tapi anda ingin menggunakan cara yang cepat dan aman, pada artikel kali ini saya akan membagikan 10 cara aman dan efektif menghilangkan komedo.

10 Cara Aman dan Efektif Menghilangkan Komedo:

1.Menggunakan Pepaya Untuk Menghilangkan Sel Kulit Mati

Buah pepaya memang sudah terkenal akan khasiatnya untuk merawat kecantikan. Dan salah satunya adalah untuk menghilangkan komedo pada wajah. Papain yang terkandung dalam pepaya membantu pengangkatan sel kulit mati. Selain itu, preteolitik yang terkandung dalam buah pepaya juga bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan komedo dan jerawat.  Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan komedo yaitu, lembutkanlah buah pepaya sampai menjadi mirip seperti bubur kemudian oleskan pada area wajah yang ada komedonya. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

2.Menggunakan Baking Soda untuk Membersihkan Kotoran dan Bakteri pada Wajah

Baking soda berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran dan kuman. Caranya campur dua sendok teh baking soda dengan 2 air matang secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta baking soda ini pada area wajah anda yang terdapat komedo. Jangan lupa berikan pijatan-pijatan lembut saat mengoleskannya. Biarkan sampai kering kemudian bilas dengan air.

3.Menggunakan Lidah Buaya untuk Mengurangi Peradangan Komedo

Lidah buaya mengandung 2 jenis hormon, yaitu auksin dan giberelin. Dua hormon tersebut adalah hormonpenyembuhan dan anti-inflamasi yang membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit. Sehingga gel lidah buaya baik digunakan untuk mengatasi komedo anda. Caranya siapkan 1 batang lidah buaya, lalu potong menjadi dua bagian. Ambil gel nya lalu oleskan pada area wajah anda yang ada komedonya. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali sehari sampai komedo yang terdapat wajah pada wajah anda mulai menghilang.

4.Teh Hijau untuk Mengusir Bakteri Penyebab Komedo

Manfaat dari teh hijau sangat banyak yang salah satunya adalah menghilangkan komedo. Teh hijau mengandung antioksidan tinggi, enzim, asam amino, dan fitokimia yang bagus untuk mengusir bakteri penyebab komedo. Caranya campurkan 1 sendok makan teh hijau kering dengan air secukupnya, lalu hancurkan. Gosokkan  teh hijau yang sudah hancur tersebut pada wajah anda seperti halnya scrub. Scrub teh hijau ini bisa menghilangkan minyak berlebih pada wajah dan membuka pori-pori kulit sehingga komedo bisa keluar.

5.Menggunakan Jus Lemon untuk Mengencangkan Pori-Pori Kulit dan Mencegah Komedo

Lemon mengandung asam alpha-hydroxy yang sangat baik untuk mencegah komedo, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Asam sitrat yang terdapat dalam lemon juga bagus berkhasiat untuk mengencangkan pori-pori kulit sehingga dapat mencegah munculnya komedo.

Cara mebggunakannnya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Haluskan ketiga bahan tersebut menggunakan blender sampai halus. Oleskan campuran tersebut pada wajah anda lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit.

6.Masker Putih Telur untuk Menyerap Minyak berlebih pada Wajah

Salah satu penyebab komedo adalah wajah yang berminyak. Putih telur sangat baik digunakan untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menyerap minyak berlebih pada wajah, dan mengencangkan pori-pori wajah. Cara penggunaanya yaitu balurkan putih telur pada area wajah anda yang terserang komedo, dan jika wajah anda berminyak maka oleskan putih telur pada seluruh wajah anda. Tunggu sampai putih telur mulai mengering lalu bilas wajah anda menggunakan air hangat.

7.Kunyit Sebagai Obat Alami Komedo

Kunyit berfungsi sebagai obat untuk mengobati komedo. Kunyit mengandung banyak nutrisi yang sehat seperti protein, vitamin C, E, K, kalsium, dan magnesium. Caranya siapkan kunyit bubuk lalu campurkan dengan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon. Oleskan pada wajah anda yang terdapat komedo. Biarkan hingga kering selama beberapa saat.

8.Kayu Manis Bubuk untuk Menghilangkan dan Mencegah Komedo

Kayu manis juga dapat digunakan untuk mnenghilangkan dan mencegah komedo. Caranya campurkan 1 sendok makan kayu manis bubuk dengan jus lemon. Lalu oleskan pada komedo anda. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, dan kemudian bilas wajah anda menggunakan air dingin.

9.Uap Air Panas untuk Mengusir Komedo

Uap air panas dapat digunakan untuk menghilangkan komedo karna pori-pori akan membuka saat terkena panas dan saat itulah komedo akan keluar. Caranya adalah didihkan air yang diberi sedikit garam lalu uapi wajah anda atau area wajah yang berkomedo selama 5-8 menit. Metode ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan flu dan batuk.

10.Menggunakan Tepung Jagung untuk Membersihkan Kotoran pada Pori-Pori

Cara penggunaanya campur satu sendok makan tepung jagung/maizena dengan susu atau juga bisa dengan air biasa. Sebelum mengoleskan campuran ini, sebaiknya uapi wajah anda terlebih dahulu untuk membuka pori-pori wajah. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area wajah yang berkomedo disertai dengan pijatan yang lembut dan melingkar. Setelah selesai, bilas wajah anda menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kembali.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply