Waspada Makanan
Waspada Makanan

Lima Pasang Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi secara Bersamaan

Posted on

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup, setiap hari kita pasti mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita. Tapi tanpa kita sadari, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang apabila dikonsumsi secara bersamaan akan menghasilkan racun atau senyawa yang berbahaya bagi tubuh kita. Di bawah ini saya akan menyebutkan beberapa jenis makanan dan minuman yang apabila dikonsumsi secara bersamaan akan menghasilkan senyawa berbahaya/racun yang membahayakan tubuh kita.

  1. Kedelai dan Bayam

 Sebenarnya kedelai dan bayam adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan, karna kedelai mengandung asam oksalat yang akan bereaksi dengan kalsium pada bayam dan akan menghasilkan endapan yang sulit dicerna oleh usus. Anda yang biasanya mengkonsumsi sayur bayam dengan lauk tahu atau tempe, mulai sekarang gantilah lauk anda saat mengkonsumsi sayur bayam.

Kedelai Bayam
  1. Daging dan Semangka

Semangka adalah jenis makanan yang dingin, sedangkan daging (misalnya daging kambing atau sapi) adalah jenis makanan yang panas. Apabila keduanya dikonsumsi secara bersamaan maka gizi dalam daging akan menurun secara drastis karna terikat oleh dingin dari semangka. Hal ini tentunya akan membahayakan lambung dan limpa. 

Daging dan Semangka
Daging dan Semangka
  1. Udang dan Vitamin C

Udang yang dikonsumsi bersama dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C akan menimbulkan racun karna pada dasarnya udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika bertemu dengan suplemen mengandung Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Hal ini sangat fatal karna mengakibatkan hati, jantung, ginjal dan pembuluh darah rusak. Pembuluh darah juga akan melebar, bahkan seseorang akan meninggal dengan keadaan semua panca indera mengeluarkan darah. 

Udang dan Vitamin C
  1. Kepiting dan Teh

Mengkonsumsi kepiting dengan teh secara bersamaan akan membuat pencernaan menjadi terganggu. Karna saat mengkonsumsi kepiting bersamaan dengan teh maka asam lambung akan diencerkan oleh teh yang mengandung asam tannic. Hal ini akan menggagu asimilasi dan akan mengurangi kinerja lambung untuk mensterilkan makanan.

Kepiting dan Teh
  1. Susu dan Buah

Tentunya sering sekali kita menjumpai dessert atau es yang terdapat berbagai macam buah-buahan yang dicampur dengan susu. Sebaiknya jangan mengkonsumsi susu bersamaan dengan buah-buahan karna buah-buahan mengandung banyak asam yang tidak baik dipadukan dengan protein yang terdapat dalam susu. Asam pada buah akan mengikat protein pada susu dan akan sulit dicerna oleh lambung.

Susu dan Buah

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply