Pengertian Switch Beserta Fungsi Dan Kegunaanya

Posted on

Hai kawan-kawan kali ini saya akan membahas tentang pengertian switch beserta fungsi dan kegunaannya. Switch adalah merupakan salah satu hardware atau perangkat keras yang biasanya dijadikan sebagai alat atau sebagai perangkat keras yang jaringannya mengganti hubungan pada sebuah jaringan. Switch tidak hanya berfungsi sebagai pembagi sinyal, tetapi switch ini juga berfungsi sebagai alat penyaring atau filter paket, dan kemudian menyebarkan sinyal tersebut pada jaringan tersebut.

Switch juga merupakan device atau perangkat jaringan yang sederhana yang berfungsi sebagai alat penghubung multi tipe pada computer yang bekerja pada protokollayar jaringan dasar. Switch ini berkerja pada layer dua yaitu pada link layer dari OSI model. Jadi dari kesimpulan pengertian switch tersebut adalah merupakan sebuah perangkat keras jaringan yang telah berfungsi sebagai alat pengatur dan pembagi sinyal data dari salah satu komputer ke komputer lain yang terhubung sebuah jaringan, dan alat ini juga bisa menyaring data yang datanya terkirim antara komputer pada sebuah jaringan.

Funsi switch hampir sama dengan dengan hubungan yang membedakan antara keduanya yaitu switch ini juga bisa melakukan pengaturan, melakukan proses, dan filterisasi paket data. Biasanya masing-masing port pada switch juga dapat diatur sehingga bisa dapat ditentukan dengan port mana saja yang dapat terhubung atau terkoneksi. Switch ada merupakan suatu perangkat yang mirip dengan HUB, yang bisa diibaratkan kembarlah. Namun switch adalah merupakan suatu perangkat yang lebih cerdas dan performa yang menghasilkan switch lebih tinggi dibandingkan HUB.

Kegunaan Switch

Switch ini juga dapat digunakan untuk memeriksa dengan teliti pada setiap paket data yang diterima oleh komputer atau jaringan. Switch ini juga dapat menentukan suatu tujuan dan suatu sumber paket data yang melewatinya. Switch ini juga bisa digunakan sebagai forwader yang setiap paket datanya cepat.

Demikian penjelesan dari saya yang mengenai pengertian switch funsi dan kegunaanya. Semoga penjelasan ini dapat kalian pahami dan saya menjadi lebih memahami apa itu switch, kemudian saya bisa menentukan mana perangkat yang cocok untuk digunakan pada jaringan komputer yang kita bangun. Dan semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Incoming search terms:

  • manfaat switch
Gravatar Image
walaupun saya orang yang tipe nggak majuan tapi saya tetap semangat, berusaha, dan berdo'a

Leave a Reply