manfaat-jagung
Manfaat jagung

Jagung yang Kaya Akan Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh.

Posted on

Jagung merupakan jenis tanaman pangan penghasil karbohidrat yang menjadi salah satu makanan pokok selain gandum dan beras. Khususnya bagi penduduk Amerika, bulir jagung ini menjadi makanan pokok bagi mereka, hal ini memang berbeda dengan keadaan orang Indonesia yang lebih memilih menjadikan beras atau nasi sebagai makanan pokok. Untuk bisa dijadikan sebagai makanan pokok biasanya jagung ini diolah menjadi sereal atau nasi jagung. Pada saat ini juga sudah banyak produk tepung jagung yang dapat diolah menjadi berbagai menu maksakan. Tapi mengolahnya menjadi jagung bakar juga tak kalah enaknya apalagi jika menikmatinya disaat udara sedang sejuk dan dingin. Atau kamu ingin mengolahnya menjadi popcorn camilan yang gurih dan renyah yang banyak disukai oleh kalangan remaja.

gambar-popcorn
Gambar Popcorn

Keunikan dari jagung ini terletak pada warnanya yang kuning cerah dan hanya biji atau bulirnya yang dapat dimanfaatkan. Karna biji ini kaya akan karbohidrat dengan kandungan karbohidratnya yang bisa mencapai 80% dan memiliki kandungan protein yang lebih banyak dibanding dengan beras. Namun dibalik keunikan dari jagung ini ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan loh, dibawah ini beberapa manfaat yang dapat kamu ambil dari mengonsumsi jagung:

  • Dapat memerangi kanker, khususnya pada kanker payudara dan kanker hati.

Dikarenakan jagung ini kaya akan asam fenolik yaitu senyawa ferulic agen anti kanker yang sudah terbukti secara efektif untuk dapat memerangi tumor yang ada pada kenker payudara dan kanker hati. Selain itu juga bisa untuk menangkal radikal bebas, yang mana antioksidan yang terdapat pada jagung ini dapat membuat kulit wajah sehat dan awet muda. Jadi tak heran jika sekarang tepung jagung sudah banyak digunakan untuk bahan dalam pembuatan produk kosmetik dan sebagai obat untuk iritasi kulit juga obat ruam.

  • Dapat mencegah anemia.

Apabila kamu termasuk orang yang kekurangan darah atau biasa yang disebut dengan anemia. Jagung manis disini dapat menjadi alternative untuk menambah sel darah merah dan juga zat besi. Selain itu jagung ini juga mempunyai vitamin B12 dan asam folat untuk mencegah anemia yang biasanya dakarnakan kekurangan vitamin ini.

  • Sebagai sumber pigmen fenolik flavonoid dan sumber protein.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas yang mana jagung ini kaya akan protein dan menjadikannya sebagai sumber protein yang berfungsi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh, membentuk jaringan otot baru, meningkatkan elepasan insulin dan meningkatkan kerja sel dalam tubuh. Sedangkan pigmen fenolik flavonoid yang terdapat pada warna kuning pada jagung berfungsi untuk mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

  • Sumber serat dan mineral.

Jagung ini juga merupakan sumber serat yang baik untuk sistem pencernaan maka jagung ini dapat mrncegah resiko wasir, sembelit, dan resiko kanker usus besar. Salain itu juga dapat untuk membantu menurunkan berat badan karna jagung ini akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dan sebagai sumber mineral, jagung ini memiliki berbagai macam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain magnesium, fosfor, selenium, zat besi, mangan, seng, dan tembaga. Yang mana magnesium membantu dalam menjaga kondisi jantung. Serta forfos yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki jagung untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Gravatar Image

Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply