Manfaat Tomat Untuk Kecantikan

Posted on

Tidak hanya buah yang bermanfaat untuk kecantikan, sayur juga bermanfat untuk kecantikan. Sayur yang banyak mengandung vitamin A dan kaya akan betakoraten berkhasiat untuk menyehatkan kulit dan rambut. Begitu juga dengan tomat, kandunagn betakoraten bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dan vitamin A pada tomat juga sangat baik untuk rambut. Inilah beberapa manfaat tomat untuk kecantikan:

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Masalah kulit yang sering muncul adalah kulit berminyak. Kulit yang berminyak juga dapat menimbulkan jerawat. Namun, jerawat bisa dicegah dengan menggunakan masker tomat setiap dua kali dalam seminggu. Jika perlu kita bisa mengombinasikan masker tomat dengan masker alpukat yang dapat membantu mengatasi komedo juga. Karena kedua masker tersebut memiliki kandungan zat alami anti kuman penyebab jerawat dan mencegah pada iritasi kulit. Caranya, iris tomat segar seperlunya. Tempelkan seperlunya pada kulit wajah yang berminyak selama 10-15 menit. Bilas dengan air bersih dan lakukan cara rutin pagi dan malam sebelum tidur.

  1. Sebagai Tabir Surya

Kulit yang terkena matahari secara langsung akan terbakar dan berubah warna menjadi lebih gelap. Hal ini dapat dicegah dengan mengoleskan tomat yang sudah diiris pada kulit.  Kandungan bermanfaat pada tomat menjadikan kulit lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar UV. Bisa ditambahkan sediit yogurt pada kulit yang mengalami peradangan. Caranya, haluskan tomat 1-2 buah tanpa air. Oleskan pada kulit secara merata, lalu biarka selama 10-15 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

  1. Mencegah Jerawat

Selain mengandung vitamin A, tomat juga mengandung vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Tomat dapat dijadikan sebagai obat pencegah jerawat. Penggunannya cukup mudah hanya dengan menjadikan masker seperti bahan lainnya. Caranya, iris satu buah tomat, lalu tempelkan pada kulit wajah terutama yang terdapat jerawat. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih dan lakukan cara ini secara rutin.

  1. Mencegah Komedo

Ini juga salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan tomat. Komedo muncul disebabkan minyak yang mengendap di kulit wajah. Jadikan tomat sebagai masker, cara ini efektif mencegah dan menghilangkan komedo. Caranya, iris satu buah tomat, lalu tempelkan pada kulit wajah yang berjerawat. Biarkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air hingga bersih dan lakukan perawatan ini secara rutin.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Vitamin A yang terdapat pada tomat tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Tapi, bermanfaat juga untuk kesehatan rambut.tomat sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kilau rambut. Selain itu, juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan tulang. Memang, tomat tidak dapat melebatkan pada rambut yang tipis. Tapi, tomat dapat membuat rambut terlihat lebih baik. Caranya, haluskan tomat 1-3 buah sesuai kebutuhan rambut. Keramaslah dengan jus tomat tersebut. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi tomat mentah/segar.

Beberapa cara di atas dapat dicoba kapan saja. Bahan alami banyak manfaatnya. Selama masih ada yang alami dan sehat, kenapa cari yang mahal?

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply