Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami dan Efektif

Posted on

Inilah serangga yang paling menyebalkan, keberadaanya di sekitar kita sangat menganggu kenyamanan. Nyamuk bisa berkembang biak dengan cepat, pantas saja kita cukup kesulitan dan kualahan untuk membasminya. Selain sangat mengganggu waktu istirahat, nyamuk jenis tertentu juga berbahaya bagi kesehatan kita. Nyamuk jenis tertentu dapat menyebarkan penyakit seperti malaria. Perhatikan dan cari tahu cara mengusir nyamuk secara alami dan efektif tapi tidak berbahaya.

  1. Kulit Jeruk

Jangan sepelekan bagian dari jeruk ini yang mungkin termasuk sampah karena tergolong jenis kulit, tapi justru memilik manfaat yang luar biasa yaitu dapat mengusir nyamuk. Ternyata nyamuk tidak senang dengan bau kulit jeruk, mungkin karena baunya yang khas dan menyengat bagi penciuman para nyamuk. Cara kerjanya mudah sekali, dengan hanya meletakkan kulit jeruk kering di dalam ruangan yang dikehendaki. Selain mengusir nyamuk, secara otomatis kulit jeruk juga akan memberikan wangi alami dalam ruangan tersebut.

  1. Bawang Putih

Mungkin ada yang tidak suka dngan bau bawang putih, tapi bawang putih merupakan obat alami yang cukup efektif untuk mengusir nyamuk. Karena baunya yang khas dan tidak disukai oleh nyamuk, maka nyamuk menjauh. Baunya yang pedas dan sangat kuat inilah yang mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa potong bawang putih yang direbus. Kemudian masukkan air rebusan itu ke dalam botol semprotan. Semprotkan ke dalam ruangan atau kamar, jika perlu usapkan air itu langsung ke kulit.

  1. Kapur Barus

Gunakan kamper atau kapur barus untukmengusirnyamuk. Caranya dengan menyiapkan satu gelas air, lalu masukkan beberapa butir kapur barus secukupnya. Letakkan gelas yang berisi air dan kapur barus tadi di bawah meja dan tempat tidur. Cara ini cukup efektif dan mudah untuk diterapkan. Ini adalah cara unik dan teruji ampuh yang perlu dicoba untuk mengusir nyamuk.

  1. Minyak Kayu Putih dan Lemon

Biasanya kita sering melihat bayi atau anak balita diolesi tubuhnya dengan menyak telon. Sebenarnya minyak telon tersebut berguna untuk mencegah gigitan nyamuk. Minyak kayu putih yang di campu dengan lemon juga bisa dijadikan cara untuk mengusir nyamuk. Kandungan cat aktif dalam minyak kayu putih dan lemon bisa dijadikan antiseptik dan penolak nyamuk ketika diusapkan pada kulit. Caranya mudah, hanya dengan mencampur minyak kayu putih dengan tetesan air lemon dengan komposisi sama, lalu oleskan pada kulit.

  1. Bubuk Kopi

Cara ini sederhana tapi mematikan hinga keturunannya. Caranya dengan menaburkan bubuk kopi di area rumah yang terdapat genangan air. Seara perlahan telur=telur nyamuk yang terdapat di dalam genangan tersebut akan muncul ke permukaan air. Telur nyamuk akan menempel pada bubuk kopi dan akan kehilangan oksigen.

Cara-cara di atas sederhana sekali dan perlu dicoba.bahannya yang mudah didapat dan caranya yang sangat mudah bisa diterapkan kapan saja dan simpel bukan? Bebaskan rumahmu dari nyamuk, lindungi keluargamu dari penyakit akibat gigitan nyamuk.

Gravatar Image

Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do’anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply