Pacar Ideal adalah Seorang Pendaki Gunung!

Posted on

Pendaki Gunung atau sering disebut dengan (Mounteinneering), atau juga sering dikenal sebagai Alpininism di Eropa sana, adalah olahraga, profesi atau rekreasi yang termasuk didalamnya ada kegiatan panjat tebing. Dan ini juga bentuk yang lebih menantang dari sekedar kegiatan berjalan kaki naik dan turun gunung untuk menikmati pemandangan (hiking).

Mendaki gunung adalah sebuah tantangan yang memuaskan
Mendaki gunung adalah sebuah tantangan yang memuaskan

Ada banyak alasan kenapa pendaki terlibat dalam kegiatan ini, salah satunya adalah dalam olahraga ini menuntut tantangan individu pada kemampuan dan keterampilan yang dimiliki para pendaki, selain itu juga dituntut kemampuan pendaki dapat menyatu dengan alam. Yang tidak kalah penting adalah para pendaki gunung juga dituntut berkemampuan dalam hal panjat tebing. Tetapi secara umum tujuan orang-orang mendaki gunung adalah menggapai tempat-tempat tertinggi untuk bisa menikmati keindahan dimana setiap orang bisa mendapatkannya.

Ada tiga bentuk dasar untuk pendaki yang disesuaikan dengan irama kebutuhannya, antara lain:

  1. Pendakian Gunung yang melibatkan panjat tebing (Rock Climbing) yang begitu popular di kalangan para pendaki. Dimana si pendaki melibatkan pemanjatan pada lereng-lereng batu dan tebing.
  2. Pendakian Gunung salju. Pendaki ini memiliki resiko yang sangat membahyakan dan membutuhkan kemampuan mengendalikan medan. Biasanya diperlukan peralatan-peralatan yang khusus untuk melakukannya.
  3. Kombinasi dari keduanya di atas. Untuk melakukan hal ini biasanya seorang pendaki harus memiliki pelatihan yang khusus dan pengalaman yang cukup baik.

Meskipun cedera dan kecelakan sering kali terjadi pada saat mendaki gunung, namun kenyataannya kegiatan ini tetap menyenangkan bukan. Berbagai masalah dapat dihindari melalui persiapan, baik pelatihan dan kondisi fisik lainnya. Dan juga kemampuan pendaki dalam Tim pendaki untuk dapat bekerjasama mengantisipasi kejadian yang tidak terduga nantinya. Selain itu juga, dalam dunia pendakian gunung ‘pengalaman adalah guru terbaik’. Maka bergabunglah dengan kelompok-kelompok pendaki serta membacalah buku-buku ataupun artikel gunung juga sangatlah bermanfaat untuk memulai petualangan kita.

Mendaki gunung itu setidaknya dilakukan secara berkelompok, minimal 3 orang. Oleh karena itu, perlengkapan naik gunung yang perlu disiapkan juga dibagi dua, yaitu perlengkapan individual dan kelompok. Perlengkapan individu ini, perlengkapan yang menjadi tanggung jawab setiap individu untuk membawa dan memiliki untuk perjalanan demi keselamatn dan kenyamanan perjalanan.

Lalu perlengkapan kelompok. Perlengkapan kelompok yang wajib memiliki minimal tertentu, harus ada dalam setiap kelompok pendakian. Ini menjadi tanggung jawab kedua kelompok pendakian untuk memastikan ketersediaan perlengkapan. Dan perlengkapan kelompok ini sifatnya wajib.

Dan ini adalah beberapa barang atau berlengkapan pribadi yang harus dibawa ketika kita akan mendaki gunung, antara lain:

  1. Carriel atau Tas gunung
  2. Jaket
  3. Sepatu atau sandal gunung
  4. Jas hujan dan ponco
  5. Pakaian ganti
  6. Peralatan makan
  7. Makanan dan minuman
  8. Kantong tidur atau sleeping bag
  9. Matras
  10. Sarung tangan
  11. Masker
  12. Kupluk
  13. Headlamp atau senter
  14. Kaus kaki
  15. Decker
  16. Gaiter
  17. Trekking pole atau Tongkat daki
  18. Obat-obatan pribadi

Dan adapun perlengkapan kelompok yang harus dibawa, antara lain:

  1. Tenda
  2. Peralatan masak beserta bahan makanan
  3. Trash bag atau kantong sampah besar
  4. Peralatan navigasi
  5. Pisau

Nah, jadi itulah perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian dengan aman dan nyaman. Jadi, kalau mau naik gunung itu harus disiapkan dengan baik yah guys!

 

Incoming search terms:

  • pacar ideal adalah pendaki gunung
  • foto di gunung pendakian
Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply