gambar-orang-yang-sudah-dewasa

Bila 5 Kebiasaan Ini Masih Kamu Lakukan, Berarti Kamu Belum Bisa Dikatakan Dewasa.

Posted on

Tingkat kedewasaan seseorang memang tidak bisa dilihat dari usia saja, banyak juga faktor lain yang akan mempengarihi seseorang tersebut untuk bisa bersikap dewasa. Mengapa kedewasaan seseorang ini dapat berbeda-beda padahal mereka memiliki usia yang sama? Karna setiap masing-masing orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda. Dari penglaman seseorang itulah yang akan menumbuhkan sifat kedewasaan seseorang. Tapi apakah kamu sudah bisa dianggap sebagai orang yang dewasa?

Jika kamu masih melakukan 5 kebiasaan dibwah ini maka itu pertanda kalau kamu belum dapat disebut orang yang dewasa. Berikut ini 5 kebiasaan yang menunjukan sikapmu belum bisa dewasa:

  1. Belum bisa memisahkan antara kebutuhan dan keinginan.

    lebih-mendahulukan-keinginan
    Lebih Mendahulukan Keinginan

Yang pertama ini memang hal yang sering kita jumpai, yaitu susah untuk dapat memisahkan antara keinginan dan kebutuhan. Sering kali ketika seseorang itu memiliki uang yang seharusnya hal yang didahulukan adalah kebutuhan, tetapi ia malah lebih memilih membeli keinginan terlebih dahulu dari pada kebutuhannya. Akibatnya disaat dia memerlukan kebutuhannya itu malah tidak ada, yang akhirnya dia akan merasa kebingungan untuk dapat memenuhi kebutuhannya itu karna uangnya sudah terlanjur habis untuk menuruti semua keinginannya.

Mengapa semua hal diatas dapat terjadi? Karna mungkin waktu dia mempunyai uang yang terlintas di pikirannya adalah “aku pengen ini, toh juga cuma sekali-kali saja, mumpung ada uang ini kapan lagi”. Nah pemikiran inilah yang harusnya dihilangkan. Sebab ini dapat menyebabkan kecanduan untuk bisa terus meruti semua keinginannya, meskipun memang sudah menjadi kodrat manusia yang selalu tidak akan pernah merasa puas, tetapi kamu juga harus bisa membatasinya bukan?

  1. Mandiri, dalam arti tidak takut untuk kemanapun meskipun hanya sendiri karna takut akan mati gaya.
pergi-sendiri
Pergi Sendiri

Nah, hal inilah kebiasaan yang paling umum dilakukan oleh orang yang belum dewasa. Dia selalu takut akan kemanapun sendiri, walaupun itu jaraknya hanya sangat dekat tapi dia tidak akan mau pergi kemanapun bila sendiri. Baginya pergi kemanapun sendiri adalah sesuatu yang mustahil, dia akan selalu mencari teman untuk dapat pergi dengannya. Karna dia takut akan mati gaya bila pergi sendiri, merasa tensin, dan mungkin takut akan ada orang yang memerhatikannya dan menganggapnya tidak punya teman karna pergi sendiri.

Meskipun pergi jalan sendiri itu lebih bahaya dari pada bersama teman, tapi di zaman sekarang ini kayaknya sudah cukup aman bila ingin pergi sendiri. Untuk itulah mulailah rubahlah kebiasaan yang satu ini.

  1. Meskipun hari libur itu untuk istirahat, ada baiknya kamu olahraga dahulu sebelum kamu istirahat seharian.
olahraga-dahulu
Olahraga Dahulu

Yang satu ini memang cukup jarang ditemui, mengingat memang itu tergantung kebiasaan masing-masing orang. Di saat hari libur ini memang paling enak untuk bisa istiharat selama seharian full, atau hanya untuk sekedar malas-malasan di rumah. Tapi jika orang itu sudah dapat berpikiran dewasa maka dia akan memikirkan kesehatannya juga dan akan olahraga di pagi hari terlebih dahulu sebelum kemudian dia dapat istirahat seharian di hari liburnya.

  1. Mudah merasa baper dan terprovokasi saat di media sosial.
ekspresi-ketika-melihat-medsos
Ekspesi Ketika Melihat Medsos

Kebiasaan yang satu ini sudah jelas bukan kebiasaan yang dilakukan orang yang sudah berpikiran dewasa. Saat orang itu masuk ke media social dan melihat sesuatu yang tidak dia sukai maka langsung dia akan merasakan emaosinya meluap yang padahal terkadang itu bukanlah urusannya. Atau dia akan merasa beper ketika meliat sesuatu yang dia sukai di dalam media social tersebut. Sangat aneh bukan jika seseorang yang sudah dewasa melakukan hal tersebut?

  1. Selalu mengikuti trend zaman biar gak dikatain ketinggalan zaman, ayo temuin gayamu sendiri dong.
cari-gayamu-sendiri
Cari Gayamu Sendiri

Nah, untuk yang terakhir ini kayanya sudah terlalu sering kita jumpai, yaitu selalu mengikutu trend zaman sekarang. Orang itu bisa dikatakan dewasa jika sudah mengenal jati dirinya yang sebenarnya. Tapi jika kamu tetap saja mengikuti trend zaman rasanya kamu belum memiliki gaya kamu sendiri. Cobalah untuk menjadi dirimu sendiri, selalu pilih gaya yang kamu sukai saja memiliki gaya sendiri akan menjadi sisi keunikanmu bukan? Tak usah terlalu mengikuti trend zaman  yang selalu berkembang jika hatimu saja sudah tidak nyaman untuk memakainya.

Itulah tadi kebiasaan yang masih dimiliki orang yang belum bersifat dewasa, apakah kamu masih melakukan salah satu kebiasaan yang diatas? Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply