Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat saat mau Tidur

Posted on

Anda pernah mengalami gangguan hidung tersumbat ketika saat mau tidur? Masalah itu memang umum dialami oleh semua orang, tidak terkecuali kita sendiri. Hidung tersumbat merupakan salah satu masalah yang tentu saja sangat mengganggu.

Seringkali kejadian hidung tersumbat terjadi bebarengan dengan penyakit flu atau pilek, yang menyebabkan lubang hidung kita tersumbat oleh lendir yang diakibatkan oleh penyakit flu tadi. Keadaan hidung tersumbat juga bermacam macam, seperti hidung tersumbat sebelah, ataupun kedua lubang hidung tersumbat dan itu adalah pilihan terakhir sehingga menggunakan lubang mulut untuk mengambil nafas.

Nah berikut ini ada beberapa cara alami mengatasi hidung tersumbat saat mau tidur, diantaranya yaitu:

  1. Mandi air hangat

Dengan mandi air hangat bisa membantu anda untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Karena uap dari air dapat menembus hidung dan melegakannya.

  1. Mengonsumsi air

Sangatlah penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang waktu. Hal ini secara tidak langsung dapat meringankan saluran hidung yang teriritasi dan dapat mencegah penyumbatan sinus. Anda juga bisa minum air hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan menyembuhkan hidung tersumbat.

  1. Posisi kepala saat tidur

Tinggikan kepala dengan menopangnya dengan bantal tambahan. Cara ini akan memungkinkan lendir yang terjebak dalam hidung akan keluar. Dan juga, cara ini cukup efektif untuk membuat waktu tidur anda tidak terganggu karena kesulitan bernafas.

  1. Minum minuman jeruk hangat

Cara terbaik untuk mengatasi masalah hidung tersumbat adalah dengan minum air jeruk nipis hangat. Minuman sehat ini juga dapat membantu anda dalam menjaga system kekebalan tubuh.

  1. Makan makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas adalah cara terbaik untuk melegakan hidung tersumbat. Rasa pedas dari makanan akan membuat lendir mengalir keluar dengan sendirinya.

  1. Jalan jalan

Jika anda terganggu oleh hidung tersumbat di malam hari dan saat itu tidak merasa lemah atau lelah, maka anda dapat pergi keluar untuk berjalan jalan dan refreshing sejenak. Gerakan sederhana seperti berjalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi pernapasan  dan bekerja sebagai dekogestan alami.

  1. Teh herbal

Teh herbal adalah obat paling aman untuk mengatasi hidung tersumbat. karena uap yang dilepaskan oleh tumbuh tumbuhan akan membantu menenangkan iritasi di saluran hidung. Teh herbal juga digunakan untuk mengencerkan lendir dan memperbaiki drainase hidung.

  1. Minyak kayu putih

Ini adalah obat herbal yang baik untuk hidung tersumbat. Tuang beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom berisi air mendidih dan hirup uap air itu selama 10 menit. Hidung akan kembali lega dan tidak tersumbat.

  1. Bawang

Bawang adalah obat kuat yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Cukup cuci satu atau dua bawang dan iris lalu cium. Ini akan membuat hidung anda yang tersumbat akan menjadi lebih lega.

  1. Berkumur dengan air garam

Masukkan garam ke dalam air hangat, lalu aduk hingga larut. Berkumurlah beberapa kali dengan larutan tersebut. Ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan lendir dan membuka sumbatan hidung yang tersumbat.

Demikian artikel di atas tentang cara alami mengatasi hidung tersumbat saat mau tidur, semoga bermanfaat terima kasih.

Gravatar Image

Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply