Santan Kelapa
Manfaat dan Bahayanya Sering Mengkonsumsi Santan Kelapa

Manfaat dan Bahayanya Sering Mengkonsumsi Santan

Posted on

Ingat makan saat hari raya, pasti salah satu menunya ada yang bersantan.Hari raya adalah hari yang saatnya pesta makanan dimulai.Berbagai macam hidangan makanan yang berbahan santan kelapa yang menggugah selera makan kita.Hidangan yang beraneka lontong atau ketupat komplit dengan lauk pauknya, sayurnya, opor ayamnya, sambal udang,  gulai kambing, aneka kue basah dan kue kering yang banyak menggunakan bahan santan kelapa.

Santan
Santan

Sering kita ketahui bahwa buah kelapa sendiri dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan.Tapi banyak kalangan juga berpendapat jika mengonsumsi makanan yang banyak mengandung santan kelapa itu tidak baik bagi kesehatan, mungkin santan telah identik dengan kandungan minyak dan lemak yang tinggi.

Manfaat Santan Kelapa Untuk Kesehatan.

  • Mencegah Anemia.

Zat besi yang terkandung pada santan kelapa mencegah terjadinya anemia atau kurang darah.

  • Menguatkan Tulang.

Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan zat kalsium saja, akan tetapi juga fosrof yang banyak terdapat pada santan kelapa.

  • Mencegah Penuaan.

Serat, lemak dan nutrisi serta antioksidan yang ada dalam santan kelapa itu bisa membantu untuk mencegah penuaan.

  • Kaya Dengan Antioksidan.

Santan kelapa ternyata banyak mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan bisa melindungi dari kerusakan sel.

  • Memperkuat Imunitas.

Santan kelapa juga mengandung vitamin C yang mampu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.Maka seperti flu dan infeksi akan jarang terjadi jika mengonsumsi santan kelapa.

  • Mengencangkan Kulit.

Santan kelapa menjadi olesan untuk wajah atau biasanya untuk bahan sabun bagi wajah yang dipercaya mampu untuk memperketat kulit atau mencegah penuaan dari kulit anda.

  • Menyuburkan Rambut.
Minyak dari Santan
Minyak dari Santan

Minyak dari santan kelapa yang telah diproses atau sisa perasan air santan kelapa yang berupa Ampas kelapa, yang berakhasiat untuk menyuburkan rambut dan menghitamkan warna rambut.

  • Menyehatkan Kulit Rambut.

Kandungan yang terdapat dalam santan kelapa seperti nutrisi ternyata juga mampu untuk menyehatkan kulit kepala, jika digunakan secara teratur pada kepala.

Bahayanya Makanan yang Bersantan.

  • Gangguan Pencernaan.

Gangguan pencernaan ini dapat terjadi karena anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang santan kelapa.

Mengkonsumsi santan itu dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh anda.

  • Iritasi Tenggorokan.

Mengkonsumsi santan kelapa juga dapat meengiritasi tenggorokan.Kandungan lemak ataupun minyak dalam santan yang membuat iritasi pada tenggorokan.

  • Kram Otot.

Kram otot adalah dampak dari seringnya mengkonsumsi santan.Akibat  kram otot karena tingginya kolestrol dan membuat plak-plak pada pembuluh darah.

  • Penyakit Jantung.

Salah satu dampaknya sering mengkonsumsi santan adalah terkena penyakit jantung.

Stroke ini diakibatkan karena tingginya kolestrol akibat seringnya mengkonsumsi santan.

Nah, setelah kita ketahui tentang manfaat dan bahayanya mengkonsumsi santan kelapa, maka mengkonsumsilah jangan sampai keseringan, dan atur pola makan di setiap harinya.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply