Cara Mengatasi Nyeri Ketika Haid

Posted on

Banyak di kalangan perempuan yang sering merasakan nyeri di bagian perut ketika sedang haid, terkadang mereka takut dan khawatir jika itu bisa mempengaruhi kesuburan mereka. Para wanita pasti tau apa itu menstruasi? Mensruasi adalah kejadian bulanan yang lazim di kalangan wanita, dimana lapisan rahim terekelupas dan akan dibuang sebagai darah mens. Banyak wanita yang merasakan tidak nyaman ketika mengalami haid, bahkan rasa nyeri,pusing sudah biasa dirasakan oleh kalangan wanita. Istilah medis saat haid disebut dismenore. Dismenore ini dibagi menjadi 2:

  • DISMENORE PRIMER rasa nyeri yang nyeri masih biasa biasa saja adalah kondisi yang normal.
  • DISMENORE SEKUNDER jika sebelumnya belum pernah mengalami nyeri, dan sekali mengalami nyeri rasanya sangat sakit, biasanya ini mempengaruhi rahim.
cara mengatasi nyeri ketika haid
cara mengatasi nyeri ketika haid

Biasanya pada dismenore primer nyeri itu tiba-tiba datang,biasa saja dan tidak ada penyebabnya. Ini adalah penyebab nyeri saat haid pada dismenore sekunder :

  1. Keturunan keluarga dismenore
  2. Usia dibawah 20 tahun
  3. Siklus menstruasi yang tidak teratur
  4. Pendarahan yang banyak saat haid
  5. Sudah mengalami pubertas sebelum usia 11 tahun
  6. Belum pernah melahirkan

rasa nyeri saat haid juga bisa dikarenakan otot rahim yang berkontraksi untuk membantu mengeluarkan darah mens tiap bulan. Ini adalah beberapa cara mengatasi nyeri saat haid :

  1. Botol yang berisi air hangat ditaruh pada daerah perut bawah pusar lalu ditekan ringan
  2. Memijat perut dengan ringan saat mengalami nyeri
  3. Berbaring dengan lutut ditekut
  4. Meminum obat nyeri
  5. Mandi dengan air hangat
  6. Olah raga secara teratur , yoga ,dll
  7. Mengurangi makanan yang mengandung alkohol,kafein untuk mencegah perut nyeri
  8. Mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium,kalsium,zinc

Biasanya nyeri haid ini berlangsung 3 sampai 4 hari saja, dan selama haid supaya mengurangi makanan ataupun yang bersuhu dingin jadi lebih dianjurkan untuk makan dan minum yang hangat-hangat saja ,karena itu bisa melancarkan peredaran darah, dan jangan melakukan kegiatan yang berat-berat karena jika merasakan capek yang berlebihan rasa nyeri itu akan tiba-tiba datang.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply