Sunnah di Jum’at Barokah

Posted on

Hari jum’at dalam islam merupakan salah satu hari yang diistimewakan. Istilah yang sering kita dengar adalah sholat jum’at bagi laki-laki itu wajib. Sholat jum’at adalah sholat dhuhur di masjid secara berjamah dan mendengarkan khotbah. Bukan hanya sholat jum’at yang wajib dilakukan di hari jum’at, masih ada beberapa ibadah lain yang baik dilakukan di hari jum’at yang bolah dilakukan baik laki-laki ataupun perempuan. Inilah sunnah yang baik dilakukan di hari jum’at.

  1. Mandi Junub

Mandi junub itu lebih utama dilakukan pada hari jum’at. Nabi pernah bersabda bahwa barang siapa yang wudhu di hari jum’at itu baik, dan mandi itu lebih baik lagi utama. Dan barang siapa yang menghendaki mendatangi sholat jum’at, maka supaya mandi (junub).

  1. Menggunakan Minyak Wangi

Tidak heran jika kita sering mencium bau wangi orang laki-laki yang hendak sholat jum’at, berarti mereka sudah tahu sunnah Rasul yang satu ini. Nabi jga pernah bersabda tentang ini barang siapa yang memakai minyak rambut atau minak wangi lalu berangkat ke masjid dan mengerjakan sholat maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya.

  1. Segera Berangkat Ke Masjid

Berlomba-lombalah mencari pahala di hari istimewa ini, dating ke masjid lebih awal untuk melaksanakan ibadah sunnah sebelum sholat jum’at sepertimambaca Al-Qur’an, dzikir dan sholat sunnah. Seperti kisahnya para sahabat dulu, mereka pagi-pagian menuju sholat jum’at dan tidur stelah sholat jum’at. Berbeda dengan hari-hari biasa mereka tidur dulu sebelum sholat dhuhur kemudian sholat setelah matahari tidak terlalu panas.

  1. Sholat Sunnah

Sholat sunnah apa saja boleh dilakukan semampunya. Lebih baik lagi sholat tasbih untuk meminta ampunan kepada Allah. Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa barang siapa yang mengerjakan sholat sunnah di hari jum’at dan mendengakan khotbah sampai selesai, maka dosanya diampuni mulai hari jum’at ini sampai dengan hari jum’at berikutnya ditambah tiga hari.

  1. Perbanyak Membaca Sholawat

Hari jum’at adalah hari yang paling utama diantara tujuh hari dalam seminggu menurut islam. Maka kita disunnahkan untuk memperbanyak membaca sholawat yang ditujukan kepada Nabi.

Carilah pahala sebanyak-banyaknya setiap hari utamanya di hari jum’at. Berbuat baik kepada sesama juga dianjurkan di hari jum’at yang barokah ini, karena banyak sekali keutamaan dan pahala yang bisa kita dapat sebagai investasi pahala kita.

jumat

Incoming search terms:

  • jumat barokah
Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply