Gambar Kaledo

Kelezatan Masakan Kaledo Kuliner Khas Kota Palu.

Posted on

Jika anda berkunjung ke kota Palu yang berada di provinsi Sulawesi Tengah, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang satu ini yaitu KALEDO. Berbeda dengan sup konro khas Makassar yang berbahan dasar iga sapi. Makanan tradisional yang satu ini di masak dengan menggunakan bahan dasar daging dan tulang kaki sapi, yang mana yang diambil adalah bagian tulang kaki ruas lutut. Karna pada bagian ini dipenuhi oleh sumsum dan diselimuti oleh daging yang banyak.

Kaledo merupakan sebuah makanan yang dimiliki kota Palu, Sulawesi Tengah. Kaledo Ini merupakan singkatan dari KAki LEmbu DOnggala. Memang di wilayah kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah Kaledo ini pertama kali dibuat. Yang mana bahan dasarnya adalah kaki sapi. Dalam bahasa kaili (suatu suku yang ada di kota Palu) Ka dalam kata Kaledo berarti keras, sedangkan kata ledo berarti tidak. Jadi dalam bahasa kaili ini diartikan sebagai makanan yang tidak keras. Karna memang kaledo ini dimasak hingga dagingnya terasa lembut dan tidak keras.

Anda juga dapat memasaknya sendiri dengan cara menyiapkan beberapa bahan, yaitu:

  • Tulang kaki sapi beserta 1kg daging sapi.
  • 1 Liter air.
  • 1 batang serai.
  • 1 ruas jahe, digeprak.
  • 20 buah cabai rawit hijau, potong bulat.
  • 6 ruas asam jawa mentah, yang direndam dengan segelas air.
  • Garam dan penyedapa rasa.

Cara masaknya yaitu, pertama anda dapat mencuci dahulu daging dan kaki sapi sampai bersih, kemudian panaskan air dan masukkan daging dan kaki sapi sampai mendidih. Barulah tambahkan semua bahan yang lainnyaa, yaitu serai, jahe, cabai rawit hijau, rendaman asam jawa, dan garam serta penyedap rasa. Aduk hingga rata, bila perlu cicipi hingga pas dengan selera anda. Kemudian tutup pancinya dan tunggulah sampai matang. Jika sudah siap untuk dihidangkan barulah taburkan bawang goreng yang gurih di atasnya.

gambar-kaledo-dengan-ubi-rebus-dan-burasa
Gambar Kaledo Dengan Ubi Rebus Dan Burasa

Biasaya kaledo ini dinikmati bersama dengan ubi kayu rebus ataupun burasa (sejenis lontong tetapi ditambahkan santan yang dibungkus dengan daun pisang lalu dipipihkan). Keistimewaan yang dimiliki kuliner ini adalah saat rasa gurih dan segarnya yang dapat dirasakan bersamaan. Keistimewaan lainnya adalah terdapat dalam penggunaan asam jawa yang begitu kental, sebab yang dipilih adalah asam jawa yang masih muda, serta keistimewaan yang terdapat di sentuhan akhir yang ditaburi bawang goreng khas Palu yang tak dapat ditemukan dimanapun.  Selain itu juga kelezatan kaledo ini sudah diakui menjadi ikon kuliner khas Sulawesi Tengah sejak lama.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk dapat mencicipinya? Itulah sedikit ulasan yang dapat saya berikan tentang kelezatan yang dimiliki masakan Kaledo ini, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply