Bisakah Anda Membedakan Mana Rasa Suka, Sayang dan Cinta?

Posted on

Suka

Suka adalah dimana kamu merasa tertarik dan kagum sama seseorang, lama  kelamaan kamu bakalan bisa suka sama orang tersebut. Bagaimana ini bisa terjadi? Mungkin ini tidak ada penjelasan ilmiahnya di balik semua pernyataan ini, akan tetapi ada satu hal yang penulis pegang pastinya. Bila rasa kagum itu bisa bertambah terus di setiap waktunya, maka lama kelamaan secara tidak langsung atau secara tidak sadar, rasa suka bisa bertumbuh juga. Yang mungkin awalnya kamu kagum karena sifatnya saja yang super pengertian. Kamu merasa heran karena di dunia ini juga sosok yang bisa mengerti dirimu yang memang mudah panic ini. Setiap hari ada saja yang bisa membuatmu kagum, kamu bakalan membuka lapisan hal yang menarik tentang dirinya dan secara tidak sadar, kamu ternyata suka padanya.

Sayang

Sayang adalah satu rasa yang tulus, bukan berarti sekedar rela dan siap melepas seseorang yang kita cintai dan kita sayangi, tapi tulus untuk mencintai dan sayang kepada orang terkasih dengan melihat dia lebih bahagia dengan yang dia meliki atau dengan yang dia cintai, itulah cinta yang murni di hati kita dan cinta tak akan pernah tumbuh jika Allah yang maha BERKUASA atas apa yang beliau kehendakinya.

Suka, Sayang dan Cinta rasa ini yang membuat kita bingung?
Suka, Sayang dan Cinta rasa ini yang membuat kita bingung?

Cinta

Cinta adalah emosi yang berasal dari kasih sayang yang kuat dan rasa tertarik terhadap suatu objek (seperti manusia, tumbuhan, hewan, alat-alat dan lain-lain) dengan cenderung ingin berkorban, memiliki rasa empati, perhatian, kasih sayang, ingin membantu dan mau mengikuti apapun yang di inginkan oleh orang yang ia cintainya. Ungkapan cinta sering digunakan untuk meluapkan perasaannya seperti berikut ini:

  • Perasaan kepada keluarganya
  • Perasaan kepada teman-temannya
  • Perasaan kepada kekasih/lawan jenis (pacar, suami/istri)
  • Perasaan kepada manusia
  • Perasaan terhadap dirinya sendiri
  • Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  • Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  • Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
  • Perasaan terhadap agamnya
  • Perasaan lain-lain

Dan adapun perbedaannya Suka, Sayang dan Cinta?

Disaat kamu bersedih dan menagis maka seseorang yang “MENYUKAIMU” akan berkata ‘sudahlah jangan menagis lagi’. Tapi jika seseorang yang “MENYAYANGIMU” akan diam dan ikut menangis bersamamu, dan sedangkan seseorang yang “MENCINTAIMU” maka dia akan membiarkanmu menangis dan menunggu hingga kamu tenang lalu dia berkata ‘mari kita selesaikan ini bersama-sama’.

Dan di saat kamu menyukai seseorang dan seseorang itu menyakitimu maka kamu akan marah dan mungkin takkan lagi mau berbicara dengannya. Jika kamu menyayangi seseorang dan seseorang itu menyakitimu maka kamu akan menangis karenanya dan jika kamu mencintai seseorag dan seseorang itu menyakitimu maka kamu akan tersenyum walaupun pajit dan kamu akan berkata ‘dia hanya belum tahu apa yang dia lakukan’

Suka hanyalah keegoisan dari diri sendiri

Sayang adalah member dan menerima

Dan Cinta adalah rela berkorban.

 

Suka hanya akan hanya akan terbentuk  jika itu menyenangkan saja

Sayang hanya akan terbentuk karena ingin selalu ada untuknya

Dan sedangkan Cinta itu akan terbentuk karena tak ingin membuatnya terluka, tak peduli bagaimana keadaan kita.

Okeh, dan sekarang mana yang sedang anda rasakan guys? Suka, Sayang ataukah Cinta? Mungkin apapun yang kamu rasakan sekarang ini bisa membuatmu tau apa arti dari semuanya, dan jangan sampai kalian semua salah faham akan ke 3 ras itu yah guys!

Gravatar Image

Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply