gambar-jamur-tiram
Gambar Jamur Tiram

Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan Tubuh.

Posted on

Bagi kebanyakan orang begitu mendengar kata “Jamur” pasti yang terlintas di kepalanya adalah beracun. Tapi tak semua jenis jamur ini beracun loh, ada juga jenis jamur yang lezat untuk dikonsumsi lagi mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah jenis jamur tiram. Kenapa dinamakan jamur tiram? Karna memang dari bentuknya yang menyerupai tiram. Selain itu jenis jamur yang satu ini juga sangat digemari oleh kebanyakan masyarakat karna jamur ini dapat diolah menjadi berbagai olahan yang lezat, yang membuat permintaan pesanan akan jamur ini bertambah banyak, jadi tak heran pada saat ini orang-orang mulai menggemari budidaya jamur tiram ini.

gambar-budidaya-jamur-tiram
Gambar Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram mempunyai bentuk cangkang yang lebar seperti tiram yang di bagian tengahnya cekung, serta biasanya berwarna putih sampai berwarna krem yang lembut. Karena jamur ini mempunyai banyak kandungan di dalamnya, antara lain: kaya akan protein, asam lemak tak jenuh, rendah kolestrol lemak dan kalori, mempunyai kandungan vitamin B1, B2,C dan D2, mengandung berbagai mineral yang penting untuk tubuh, dan fosfor. Maka membuat jamur ini meempunyai kaya akan manfaat yang berguna untuk kehatan tubuh. Berikut ini berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jamur tiram:

  • Pencegah sekaligus penghancur virus tumor.

Jamur tiram ini mengandung zat besi yang berperan membantu pertumbuhan limfosit. Limfosit ini yaitu suatu senyawa yang bisa mencegah sel-sel tumor yang akan memasuki jaringan tubuh, bahkan bisa menghancurkan sel-sel tumor tersebut yang biasanya disebut dengan virus penyakit.

  • Dapat menangkal radikal bebas.

Karena jamur tiram ini mengandung vitamin B, C dan D. yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Maka antioksidan itu akan menangkal efek buruk pada radikal bebas yang biasanya ada pada udara yang berupa debu, asap, dan partikel halus lainnya yang berpoyensi beracun.

  • Dapat mencegah pertumbuhan sel yang menyebabkan kenker payudara dan kanker prostat.

Di dalam jamur tiram ini mengandung zat beta-glucan dan asam linoleat. Yang mana zat Beta-glucakan berfungsi unruk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Lain halnya dengan asam linoleat yang berfungsi untuk menghambat tumbuhnya efek estogen yang dapat menyebabkan kanker payudara yang biasanya menyerang kalangan perempuan setelah mengalami menopause.

  • Dapat menjaga serta melindungi jantung dan menurunkan tekanan darah.

Jamur tiram juga mempunyai zat ergosterol. Zat ergosterol yang ada di dalam jamur tiram ini akan diubah menjadi vitamin D jika terkena paparan sinar ultraviolet matahari. Nah, zat yang selesai diubah inilah dapat mengatur enzim kekebalan tubuh dan mengatur gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel. Serta dari vitamin D ini dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Bagi yang lagi diet sepertinya kamu perlu memasukkan jamur ini ke daftar menu. Sebab  jamur ini kaya akan serat, memiliki kadar kalori dan kolestrol yang rendah, serta memiliki kandungan air yang tinggi yaitu sampai 80%. Sudah pastinya aman dong buat kamu yang sedang program diet.

gambar-jamur-crispy
Lezatnya Jamur Crispy

Selain kaya akan manfaat jamur tiram ini juga memiliki rasa yang lezat loh, kamu dapat memasaknya menjadi berbagai macam hidangan, contohnya saja tumis jamur tiram, pepes jamur tiram, jamur crispy, sup jamur tiram, dan masih banyak lagi, namun yang paling sering kita temui adalah mengolahnya menjadi jamur crispy.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi jamur tiram ini, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • budidaya jamur tiram
Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply