Cara Mengatasi Darah Rendah

Posted on

Darah rendah juga memiliki dampak negatif dalam kehidupan sehari-hari, seperti menganggu aktivitas sehari-hari sama seperti darah tinggi. Namun, di sini kita akan melihat berbagai cara untuk mengatasi dan mencegah darah randah. Untuk pengobatan yang paling utama adalah dengan mengontrol pola makan dan gaya hidup sehat setiap harinya. Jika sudah bisa menjaga pola makan dan gaya hidup sehat, maka kita hanya perlu pengobatan sederhana dengan obat-obatan alami tanpa menggunakan resep dokter. Inilah beberapa caranya:

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Jika kita sadar memiliki tekanan darah rendah dan sudah tahu tanda-tandanya, maka kita harus rutin mengontrolnya. Belilah alat untukmengukur tekanan darah atau tensimeter, tapi jika dirasa itu tidak perlu bisa juga pinjam pada tetanga atau teman yang punya. Jika setiap bangun pagi merasa sangat lemas dan pusing, segeralah cek tekanan darah. Dan bila hasilnya benar tensi kita rendah penanganan pertama yang mudah adalah minum kopi atau makan-makanan bergizi, apabila tidak kuat menyiapkannya bisa meminum pil penambah zat besi dan mineral seperti sangobion.

  1. Tidur yang Cukup

Kurang tidur juga bisa menjadi sesuatu yang berbahaya bagi penderita darah rendah. Orang yang daah rendah cenderung membutuhkan banyak istirahat untuk menambah energy. Jika kurang istirahat, otomatis energi dalam tubuh menjadi sangat minim. Hal ini bisa menghambat aktivitas sehari-hari.

  1. Tidak Melakukan Aktivitas Berat

Bagi orang yang tekanan darahnya rendah, aktivitas beratseperti mengangkat beban yang terlalu berat bisa berisiko fatal. Saat mengangkat beban sama seperti bangun tidur, keadaan tubuh masing belum terlalu vit dan secara mendadak akan mengakibatkan pusing dan mata berkunang-kunang bahkan pingsan. Mintalah bantuan pada orang lain atau lakukan dengan perlahan dan jangan ragu untuk beristirahat di tengah kesibukan.

  1. Olahraga Teratur

Semua orang pasti tahu olahraga itu penting bagi kesehatan dan merupakan salah satu pola hidup sehat. Dengan berolahraga dapat memperlancar peredaran darah. Apabila jarang dilakukan, maka akan ada banyak penyakit dalam tubuh bahkan lebih parah dari darah rendah.

  1. Banyak Minum Air Putih

Jangan sepelekan barang yang satu ini, selain murah dan mudah didapat air putih juga bisa dijadikan obat alami mengati dan mencegah berbagai penyakit termasuk darah rendah. Tidak ada efek negative dari minum air putih banyak-banyak. Air putih bisa memperlancar peredaran darah dan membuang racun dalam tubuh.

Akan lebih baik jika mengunungi dokter dan meminta tips mengatasi anemia ini. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image

Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do’anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply