Penyebab dan Cara Mengatasi Tumit Kaki Pecah Pecah

Posted on

Pasti semua orang sangat risih dan tidak nyaman jika melihat dan merasakan tumit kaki yang pecah-pecah, penampilannya akan terganggu dan tingkat percaya dirinya akan menurun. Selain itu, penderita akan merasakan sakit ketika berjalan dan itu akan mengganggu aktivitas sehari-harinya.

penyebab dan cara mengatasi tumit kaki pecah pecah
Penyebab tumit kaki pecah pecah

Banyak penyebab tumit kaki pecah pecah, mungkin saja karena kurang memperhatikan kesehatan kakinya atau sering berjalan tidak memakai alas kaki. Inilah beberapa faktor yang bisa menyebabkan tumit kaki pecah pecah :

Terlalu lama berdiri

Anda harus tau, jika anda berdiri terlalu lama apalagi tempat yang anda pijak itu keras bisa saja tumit anda akan pecah-pecah. Hindarilah hal hal seperti ini.

Obesitas

Jika anda mengalami obesitas, saat berjalan kaki anda akan menjadi tekanan tubuh anda, jadinya tumit anda akan pecah pecah dan retak.

Bentuk sepatu

Berbagai bentuk sepatu yang cocok untuk anda bisa jadi menjadi penyebab tumit kaki pecah dan retak. Apalagi sepatu dengan model terbuka di bagian tumitnya itu akan membuat kaki anda melebar kesamping dan tumit anda akan pecah pecah.

Kulit kering

Indonesia adalah negara tropis, jadi tidak heran lagi jika banyak masyarakat Indonesia yang sering mempermasalahkan tumit yang pecah pecah. Udara yang panas membuat kulit anda kering dan tumit anda mudah sekali pecah-pecah.

Diabetes

Untuk penderita diabetes, hal ini pasti sudah sering terjadi, menurunnya metabolisme tubuh dan berkurangnya keringat menyebabkan kulitnya kering.

Eksim dan psoriasis

Jika seseorang menderita ini, kulitnya pasti mengeras dan kulit dibagian tumit kaki akan mudah retak.

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab kulit tumit pecah pecah, anda harus menghindarinya dan pintar pintar merawatnya, apalagi jika anda bisa merawatnya sendiri itu tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak. Inilah beberapa tips agar tumit kaki anda tidak mudah pecah pecah :

Tips mengatasi tumit kaki yang pecah pecah
Tips mengatasi tumit kaki yang pecah pecah
  • Rendamlah kaki anda dengan air bersih dan tambahkan sedikit garam
  • Gosok tumit anda secara perlahan dengan penggosok tumit atau dengan batu apung juga bisa
  • Keringkan kaki anda dengan handuk
  • Jangan lupa untuk memakai kaos kaki saat tidur, agar kulit anda tetap lembab atau gunakan saja lotion.

Itulah beberapa tips untuk menghindari tumit kaki yang pecah-pecah. Tetapi, jika tumit anda sekarang  mengalami pecah pecah, kami juga menyediakan beberapa cara alami untuk mengatasi tumit kaki yang pecah pecah :

kaki2
Cara mengatasi tumit kaki pecah pecah
  1. Mentimun

Ternyata mentimun mampu mengobati tumit yang pecah-pecah. Mentimun mengandung air yang dapat melembabkan kulit dan memulihkan tumit yang pecah-pecah, caranya haluskan mentimun lalu oleskan pada tumit anda, pijatlah tumit anda dengan mentimun tersebut.

  1. Jeruk nipis

Pilihlah jeruk nipis yang sudah tua, belahlah lalu oleskan pada tumit anda yang pecah-pecah. Lakukanlah secara teratur untuk hasil maksimal.

  1. Pisang

Pisang mengandung vitamin C yang mampu memulihkan kulit anda yang pecah-pecah. Haluskan saja pisang lalu gunakan untuk memijat tumit anda, lalu bilaslah dengan air dingin.

  1. Air mawar dan gliserin

Campurkan air mawar dan gliserin sampai tercampur rata, lalu oleskan pada tumit anda yang kering, campuran ini mampu mengatasi kulit anda yang kering. Sebaiknya gunakan sebelum tidur.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply