Penyebab Rambut Rusak dan Perawatannya

Posted on

Rambut adalah mahkota yang harus dijaga kesehatannya, tapi kebanyakan orang lebih mementingkan gaya rambut mereka daripada kesehatan rambut mereka. Kebanyakan orang sering mengubah-ubah warna dan gaya rambut mereka, tanpa mereka sadari, itu akan membuat kulit kepala rusak dan rambut juga akan rusak, kering, bercabang, dan rontok karna kurang nutrisi. Untuk itu ketahuilah penyebab rusaknya rambut anda dan atasi rambut rusak dengan bahan yang cocok untuk rambut dan kulit kepala anda.

cara-mengatasi-rambut-kering-dan-mengembang

Di Sini Saya akan Menyebutkan Beberapa Penyebab Rambut Rusak :

  1. Sering mencuci rambut (rambut yang sering dicuci dapat menyebabkan rambut menjadi semakin berminyak, karna saat rambut sering dicuci minyak alami pada rambut akan semakin bertambah.)
  2. Menggosok rambut terlalu keras.
  3. Rambut terlalu sring di driying,bleaching,rebonding dan di keriting.
  4. Terlalu lama terkena sinar matahari.
  5. bahan kimia yang tidak cocok dengan kulit kepala dan rambut.

Berikut Beberapa Pencegahan Rambut Rusak:

  1. Jangan menggosok rambut terlalu keras, karna gesekan yang berlebihan menyebabkan rambut putus dan rontok.
  2. Jangan mencuci rambut setiap hari, selama rambut masih bersih cucilah rambut minimal 3 hari sekali. Karna kalau terlalu sering mencuci rambut menyebabkan minyak alami pada rambut akan semakin banyak, karna saat rambut sering dicuci, rambut akan kering dan otomatis akan kulit kepala akan memproduksi minyak yang berlebih.
  3. Biarkan rambut kering secara alami, jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut, jika memakainya maka nyalakan pada suhu yang paling rendah, karna suhu panas dapat menyebabkan rambut kering dan rusak.
  4. Gunakan penutup kepala saat keluar rumah, karna panas matahari bisa membuat rambut menjadi kering dan rusak.
  5. Selalu gunakan sisir yang bergigi lebar dan sisir rambut dengan pelan, dan jangan menyisir rambut ketika rambut masih dalam keaadaan basah karna rambut sedang dalam keadaan rapuh.
  6. Seringlah memijat kepala, pijatan pada kepala dapat menguatkan akar rambut dan melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Jika Rambut Anda Sudah Terlanjur Rusak, Berikut ada Beberapa Macam Masker Rambut dari Bahan Alami untuk Memperbaiki Rambut yang Rusak :

  1. Masker Pisang dan Madu
  • Pisang 2 buah
  • Madu 2 sendok makan
  • Susu sapi setengah cangkir

Cara membuat : Campur semua bahan di atas, oles-oleskan pada kulit kepala dan rambut anda, diamkan selama 20 menit. Jika sudah selesai bilas rambut anda dengan air dingin.

  1. Masker Alpukat
  • Alpukat
  • Madu
  • Susu

Cara membuat : Tumbuk halus semua bahan, oleskan pada rambut yang sudah dibasahi air, diamkan selama 15 menit. Setelah selesai bilas rambut dengan air.

  1. Masker Minyak Zaitun
  • Minyak zaitun (5sdm)
  • Telur 2 butir

Cara membuat :  Campur 5 sendok makan minyak zaitun dengan telur yang sudah dikocok. Oleskan campuran ini pada rambut dan kulit kepala selama 20 menit, bungkus kepala dengan shower . Setelah selesai bilas rambut dengan air dan sampo.

Selamat mencoba!

 

Gravatar Image

Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply