hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan otak
Hal-Hal Yang Dapat Merusak Otak

10 Kebiasaan Sepele yang Dapat Merusak Otak

Posted on
otak
Otak

Otak merupakan pusat pengendalian untuk memerintahkan kerja seluruh anggota badan. Akan tetapi ada beberapa hal kecil yang biasa kita lakukan yang tanpa sadar dapat merusak otak kita secara perlahan. Sebaiknya mulai dari sekarang berhentilah dari 10 kebiasaan sepele yang merusak otak di bawah ini :

1.Tidak Sarapan Pagi

Tidak sarapan pagi akan mengakibatkan kadar gula darah menjadi rendah, dan sedangkan makanan pokok otak adalah gula. Jika anda sering tidak sarapan pagi sementara pekerjaan anda membutuhkan pemikiran yang cukup berat, maka otak anda akan bekerja tanpa ada asupan nutrisi.

2.Makan Terlalu Berlebihan

Kebiasaan terlalu banyak makan akan berdampak buruk bagi kalian yang memilki kadar lemak tinggi, karna bisa mengakibatkan mengerasnya pembuluh darah otak kepala kalian yang disebabkan oleh penimbunan lemak daerah dinding dalam pembuluh darah. Dan akibatnya adalah kinerja otak akan menurun.

3.Berlebihan Mengkonsumsi Gula

Mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan penghambatan dalam penyerapan protein dan nutrisi, dan hal tersebut dapat mengakibatkan ketidak seimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

4.Kebiasaan Merokok

Yang harus kalian ketahui adalah asap rokok dapat menyebabkan penyusutan otak, dan dapat menyebabkan tingginya resiko terkena penyakit Alzheimer.

5.Polusi Udara

Yang tidak kalian sadari adalah otak merupakan konsumen oksigen. Jika kita menghirup udara yang tercampur polusi maka dapat menurunkan tingkat suplai oksigen ke otak. Dan kurangnya suplai oksigen pada otak akan menyebabkan menurunnya kinerja otak.

6.Kebiasaan Menutup Kepala Saat Tidur

Kebiasaan menutup kepala saat tidur dapat menyebabkan penigkatan konsentrasi zat karbondiokasida dan bisa mengakibatkan menurunnya kestabilan oksigen yang dapat memicu efek kerusakan pada otak.

7.Kebiasaan Kurang Tidur

Otak membutuhkan istirahat untuk memulihkan kinerjanya agar dapat bekerja secara maksimal. Karena kebiasaan kurang tidur, otak akan kurang istirahat sehingga dapat mempercepat kerusakan sel-sel otak.

8.Memaksakan  Berfikir Saat Kondisi Sakit

Apabila kalian sering berpikir terlalu keras sedangkan kondisi tubuh kalian dalam keadaan tidak terlalu fit, maka akan mengakibatkan berkurangnya efektifitas kinerja otak serta dapat merusak otak.

9.Malas Melakukan Komunikasi

Komunikasi sangat diperlukan karna dapat memancing kemaksimalan kinerja otak. Saat kita berkomunikasi secara intelektual, maka dapat memicu efisiensi kinerja otak. Untuk kalian yang sering malas melakukan komunikasi, sebaiknya mulai dari sekarang seringlah berlatih berkomunikasi bersama orang-orang di sekitar anda.

10.Kurang Menstimulasi Pikiran

Berpikir adalah cara ampuh untuk melatih kinerja otak untuk memecahkan suatu masalah. Jika kalian menstimulasi pikiran, maka dapat menyebabkan mengkerutnya otak dan kinerja otak akan semakin menurun.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply