gambar-keluarga
Kebahagiaan

Keluarga adalah Mahakarya Terbaik dari Allah

Posted on

Keluarga adalah unit terkecil dari sebuah masyarakat yang terdiri atas beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Dan adapun keluarga itu terbagi menjadi 3, yaitu;

  • Keluarga inti yang terdiri dari suami, istri dan anak.
  • Keluarga konjugal yang terdiri dari pasangan dewasa (ibu dan ayah) dan anak mereka yang terdapat interaksi dengan kerabat dari salah satu atau dua pihak orang tua.
  • Keluarga luas yang terdiri atas dasar garis keturunan di atas keluarga aslinya. Keluarga luas ini meliputi hubungan antara paman, bibi, keluarga nenek, dan keluarga kakek.

Dan bagiku keluarga adalah orang yang teramat dekat, tempat dimana kita saling berbagi, tempat kita saling memberi, tempat kita berkorban, tempat kita menumpahkan fitrah kita sebagai manusia. Keluarga? Tempat kita kembali, memperkuat ruhiyah kita, memperkuat tarbiyah, memperkuat ukhwah. Dan bagiku keluarga ditautkan bukan hanya oleh darah, namun lebih dari itu oleh akidah. Pertautan yang sangat kuat. Dan banyangkan saja ada seseorang yang rela membagi dua hartanya, bahkan mempertaruhkan nyawanya demi keluarganya yang lain. Dan itu bukan ditautkan oleh darah namun oleh akidah.

keluarga adalah segalanya
keluarga adalah segalanya

Karena itu saya sempat bingung ketika ada saudara kita yang terluka,  namun ada sebagian saudara yang lain, yang masih dengan tenaganya tidak ambil peduli dengan penderitaan saudara-saudaranya. Bahkan ada juga yang justru musuhnya untuk membantai saudara-saudaranya. Dan apakah makna saudara bagi orang-orang yang seperti itu?

Dan sebagai sebuah lembaga social, keluarga memiliki fungsi tertentu. Pemenuhan fungsi ini sangatlah penting bagi masyarakat agar bisa berfungsi dengan lancar. Ini adalah salah satu aspek utama yang membentuk dasar lembaga social ini. Adapun fungsi keluarga meliputi :

  • Membesarkan dan merawat anak-anak secara ekonomi dan psikologis.
  • Berbagi tanggung jawab dan pembagian kerja.
  • Dukungan psikologis dan ekonomi kepada anggota keluarga.
  • Memenuhi kebutuhan batiniah individual.
  • Menyediakan tempat berlindung bagi anggota keluarga.

Sebuah keluarga disebut berhasil apabila memenuhi kebutuhan emosional dan social menjadi unit yang stabil, dan disebut sebagai keluarga yang bahagia. Dan kebalikannya disebut keluarga disfungsional karena tidak dapat memberikan stabilitas kepada anggota keluarganya.

Keluarga mengajarkan kita nilai dari hubungan dalam kehidupan. Berhubungan dengan keluarga seseorang adalah seperti berurusan dengan kehidupan seseorang itu sendiri, ada saat-saat baik dan buruk, ada juga saat-saat bahagia dan sedih. Terlepas dari itu semuanya, jika kita berhenti mencintai hidup kita ini, mengapa kita harus berhenti mencintai keluarga kita sendiri?

 

Gravatar Image

Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply