6 Bahaya Tidur Pagi Bagi Kesehtan

Posted on

Tidur merupakan aktivitas yang pastinya di sukai oleh setiap orang. Tidur adalah satu- satunyaaktivitas yang akan menghentikan pikiran kita sejenak dari berbagai beban pikiran yang menjadi tanggungan otak. Saat kita tidur, bukan hanya otak yang beristirahat akan tetapi fisik kita juga. Namun pada saat kita tidur, organ dalam tubuh kita akan bekerja secara normal. Hal ini tidak terpacu pada aktivitas tertentu yang dapat membuatnya bekerja yang terlalu keras.

Seorang ahli mendefinisikan tidur sebagai suatu keadaan baawah sadar seseorang. Yang di mana manusia masih dapat terbangun dengan memberikan rangsangan sensorik ataupun dengan rangsangan yang lainnya.

bahaya tidur di pagi hari
bahaya tidur di pagi hari

Waktu tidur yang umum di lakukan adalah pada saat malam hari. Hal ini di karenakan, memang pada siang hari manusia di sibukkan dengan aktivitas yang melelahkan dan melibatkan gerakan fisik dan otak. Sehingga pada malam hari di gunakan untuk waktu beristirahat.  Selain malam hari, manusia juga biasa melakukan tidur pada siang harinya. Namun selain tidur malam dan tidur pagi ada waktu lain yang terkadang  sering di gunakan sebagai waktu tidur, yaitu pada pagi hari. Padahal hal ini sangat tidak di anjurkan, tetapi masih banyak mayarakat yang masih melakukannya. Bahaya tidur pagi pada dasarnya lebih banyak dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa dampak negative yang di timbulkan karna tidur pagi :

  1. Masalah metabolisme

Jika  melakukan tidur terlalu lama, maka tubuh juga akan berfungsi sesuai dengan ritmenya. Jika terlalu banyak tidur, perut akan merasa lapar dalam jangka waktu lama. Hal ini akan membuat bertambahnya kecepatan metabolism tubuh terpengaruh, sehingga membuat bobot tubuh meningkat.

  1. Lesu

Tidur di pagi hari akan membuat badan terasa lemas dan lesu. Hal ini di karenakan metabolism tubuh yang masih bekerja dalam aturan malam hari dan tubuh akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memulai system dan tidak dapat berfungsi normal.

  1. Gaya hidup yang tidak sehat.

Pagi hari adalah awal dari permulaannya hari. Di mana sangat baik untuk memulai aktivitas kecil seperti olahraga dan juga sarapan. Sinar matahari di pagi hari ynag mengandung vitamin D sangat baik bagi kesehatan tulang kita. Sehingga apabila kita hanya tidur dan tidak melakukan aktifitasa apapun. Maka sama saja kita menerapkan gaya hidup yang tidak sehat.

  1. Sulit berkonsentrasi.

Tidur pada pagi hari akan membuat kita sulit untuk berkonsentrasi. Kita tidak bisa mengeluarkan ide yang telah kita rancang sebelumnya. Akibatnya kita akan menjadi sering lupa.

  1. Sakit kepala.

Jika kita tidur pada pagi hari, maka cairan serebrospinal akan bergerak menuju otak. Jika hal ini berlangsung dalam jangka awaktu yang lama, maka akan menyebabkan sakit kepala. dampak yang paling buruk bisa saja menuju pada kebutaan.

  1. Menjadi malas beraktivitas.

Karena tidur pagi, saat bangun tubuh kan merasa lemas. Akibatnya tubuh akan merasa malas ketika akan melakukan aktivitas, baik itu aktivitas fisik maupun pikiran.

Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply