Ini Nih, 6 Cara Ampuh Mengatasi Stress

Posted on

Stress merupakan suatu kondisi yang membebankan rohani dan akan berakibat pada jasmani atau raga seseorang, dengan datangnya stress orang tersebut diharuskan untuk bisa mengontrol pikirannya agar dapat seimbang. Stress sudah biasa dialami oleh setiap orang baik dikalangan orang tua,remaja maupun anak-anak. Stress terjadi karena otak melepaskan banyak hormon untuk tubuh agar tubuh bisa melakukan aktivitas semaksimal mungkin, namun tekanan hidup akan datang dari berbagai aspek kehidupan seseorang yang membuat orang itu sulit untuk berpikir jernih,membuat tubuh lelah, dan sulit mengendalikan emosi. Berikut adalah beberapa cara mengatasi stress :

6 cara ampuh mengatasi stress
6 cara ampuh mengatasi stress
  1. Melakukan hobi

Cara pertama untuk mengatasi stress adalah melakukan hobi yang paling anda sukai, karena hobi dapat menenangkan pikiran seseorang,sehingga menjadi hiburan bagi jasmani dan rohani seseorang.

  1. Berkomunikasi

Kebanyakan orang yang sedang mengalami stress mereka ingin sekali mempunyai orang yang enak untuk diajak berkomunikasi, dengan bercerita pada seorang teman terkadang seseorang akan merasa dirinya lebih baik lagi setelah mendapat solusi dari temannya. Kebanyakan orang yang tertutup itu lebih mudah mengalami stress karena mereka jarang membuka dirinya untuk berkomunikasi.

  1. Meditasi

Meditasi adalah relaksasi untuk melepaskan pikiran yang dapat membebani rohani seseorang, yang dapat mencemaskan kehidupan seari-hari seseorang. Meditasi mampu membuat pernapasan,detak jantung,tekanan darah seseorang lebih teratur. Meditasi juga bisa membantu proses penyembuhan seseorang. Cara bermeditasi yang baik :

  1. Fokus pada pernapasan agar lebih teratur
  2. Melakukan pemanasan sambil duduk dan berbaring
  3. Memfokuskan fikiran
  4. Sebaiknya dilakukan di pagi hari atau saat keadaan sekitar tenang
  5. Mendengarkan musik agar bisa lebih rileks
  6. Disiplin dalam bermeditasi
  1. Mandi atau berendam

air bisa menenangkan diri, membuat tubuh dan pikiran seseorang lebih nyaman dan rileks. Jika ingin lebih efektif sebaiknya menggunakan air hangat.

  1. Pemijatan

Pemijatan sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan menormalkan pikiran seseorang apalagi jika orang itu stress karena kelelahan. Pemijatan dengan sentuhan tangan dapat merubah biokimia pada tubuh.

  1. Berteriak

Berteriak dengan sekencang-kencangnya akan membuat hati yang mengganjal akan terasa longgar. Berteriak beberapa kali ditempat yang jauh dari keramaian dapat meredakan stress.

Untuk menghilangkan stress sebenarnya cukup mudah, asalakan ada niatan dari hati orang tersebut.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply