gambar-daun-salam
manfaat daun salam bagi pengobatan

Manfaat Daun Salam Untuk Pengobatan

Posted on

Daun salam menjadi salah satu penyedap masakan. Daun salam biasanya dicampurkan dalam masakan dalam bentuk kering ataupun segar. Daun salam masuk dalam tanaman herbal yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat-daun-salam
Manfaat daun salam bagi pengobatan

Manfaat Daun Salam            

Daun salam mengandung senyawa, mineral, dan vitamin yang menawarkan banyak manfaat. Tanaman ini juga dipercayai oleh bangsa romawi dan yunani sebagai tanaman yang melambangkan kebijaksanaan, kedamaian, dan perlindungan. Berikut ini beberapa manfaat dari daun salam.

  • Pencegahan kanker

Daun salam mengandung asam caffeic, euganol, quercetin, dan catechin yang memiliki sifat melindungi dan memberikan perlawanan terhadap berbagai jenis kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang di sebut juga parthenolide dan sudah terbukti dapat menahan proliferasi sel kanker serviks.

  • Meredakan rasa sakit

Minyak dari daun salam mengandung sifat inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit akibat terjatuh, keseleo, rematik, strain, dan arthritis. Minyak daun salam dapat meredakan migrain dan sakit kepala yang berkepanjangan. Daun salam juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

  • Penyembuhan diabetes

Manfaat daun salam selanjutnya yaitu dapat penyembuhkan diabetes tipe 2 menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida. Antioksidan yang terkandung dalam daun salam memungkinkan tubuh untuk memproses insulin secara normal, sehingga daun salam baik untuk penderita diabetes dan orang yang mengalami resistensi insulin. Untuk hasil yang maksimal, konsumsi bubuk daun salam dalam 30 hari.

  • Mempengaruhi kardiovaskuler

Daun salam memiliki senyawa berharga bagi tubuh seperti rutin, asam caffeic, salisilat dan fitonutrien. Senyawa ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga mencegah stroke. Flavanoid membatu menormalkan darah pada penderita tekanan darh tinggi. Dengan cara merebus 10 lembar daun salam, setelah mendidih pisahkan air dan daun salam. Minum air rebusan setiap hari agar hasilnya cepat terlihat.

  • Pengobatan batuk

Daun salam dapat menyembuhkan gejala batuk, pilek, flu dan infeksi terhadap bakteri dan virus. Anda bisa mengkonsumsi obat ini dengan cara merebus 2 sampai 3 lembar daun salam, setelah mendidih. Saring dan minum air daun salam secara rurin.

  • Pengusir serangga

Daun salam mengandung laurat yang berguna untuk mengusir serangga. Makanan yang dicampur dengan daun salam pasti menjahuinya. Oleskan Ekstrak minyak daun salampada tubuh, akan mengurangsi sengatan dan gigitan serangga.

  • Pengobatan gangguan ginjal

Daun salam juga dapt membantu mengobati infeksi ginjal, bahkan batu ginjal. Resep ramuan alami ini cukup merebus 5 gram daun salam dan air sekitar 200 ml, setelah mendidih. Pisahkan air dan daun salam. Minum ramuan ini dua kali sehari, untuk menhentikan pembentukan batu ginjal.

Demikian sedikit Informasi dari Saya, Semoga Bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply