manfaat menangis bagi kesehatan

5 Alasan Mengapa Wanita Lebih Mudah Menangis Daripada Pria

Posted on

Mengapa wanita sering menagis di bandingkan dengan pria? Alasan seputar hal ini sangat beragam, sering kali kaum pria  tak habis fikir. Mengapa wanita mudah meangis dan kadang menagis yang tidak di ketaui apa penyebabnya. Kebanyakan pria berfikiran bahwa perasaan wanita itu  sulit di tebak. Dan kadang- kadang naik dan turun begitu saja tanpa di ketahui kapan hal itu akan terjadi.

Seorang wanita memang identik dengan perasaan yang lembut dan mudah terharu. Seorang wanita akan mudah menangis jika dalam hidupnya menjumpai sesuatu hal. Baik itu saat bahagia ataupu suatu hal dalam keadaan bersedih. Dalam penelitian yang di lakukan oleh salah satu psikolog klinis, di ketahui bahwa wanita menangis 30 sampai 64 kali dalam setahun. Sedangkan pria hanya umenangis 6 hingga 17 kali dalam setahun.

Kaum wanita juga menangis sekitar 6 menit setiap kalinya, sedangkan pria hanya sekitar 3 menit saja. Ada banyak alasan mengapa wanita lebih sering menangis di bandingkan dengan pria, hal ini terjadi terutama karna faktor social. Citra pria yang jantan ini memang tidak cocok jika menangis terlalu lama. Walaupun begitu, jika di lihat secara biologis pria memang di ciptakan untuk meneteskan air mata hanya sedikit.

alasan waanita lebih mudah menagis
alasan waanita lebih mudah menagis

Pastinya wanita menangis bukan karna alasan. Menangis pun ada penyebabnya, mengapa hal tersebut bisa terjadi. Berikut beberapa alasan wanita sering menangis di banadingkan pria.

  1. Kaum pria memiliki saluran air mata yang lebih besar di bandingkan dengan wanita sehingga kecil kemungkinannya untuk keluarnya air mata. sedangkan wanita memiliki saluran air mata yang pendek dan dangkal sehingga membuat wanita mudah untuk meneteskan air matanya. Penelaitian ini di lakukan dengan cara emngukur tengkorak antara wanita dan pria.
  1. Pada wanita dewasa, ia cenderung memiliki kadar prolaktin serum sekitar 60% di atas rata- rata dari pria. Ini lah yang menyebabkan wanita sering menangis dari pada pria.
  1. Marah

Ketika wanita marah ia cenderung berteriak, cemberut, bersikap[ dan berkata kasar. Jika sudah dalam kondisi demikian biasanya wanita ingin di dengarkan, di perhatikan, dan di damping oleh teman, sahabat, pacar, dan teutama orang tua. Cara itulah yang dapat membuat wanita menurunkan amarahnya. Karena ia memiliki kekuatan dari orang-orang yang mengerti akn situasinya.

  1. Faktor hormone.

Pada saat kaum wanita memasuki pra menstruasi, wanita akan cenderung bersikap yang tidak biasanya. Seperti sering marah- marah, sulit untuk mengatur emosi, sensitive akan hal- hal yang bersinggunagn dengan perasaannya. Sedangkan hormone pada pria terutama testosterone. Testosterone pada pria lebih banyak di bandingkan dengan wanita,hal ini  juga akan menghambat keluarnya air  mata pada pria.

  1. Perasaan emosi.

Saat air mata bukan alasan dari faktor PMS, mungkin emosilah penyebab wanita di liputi emosi. Begitu banyak faktor yang dapat menyebabkan wanita merasa emosi seperti sakit hati, frustasi, dan masalah- masalah yang menyangkut tentang perasaan. Ketika perasaan emosi pada wanita sedang memuncak dan tidak menemukan tempat untuk mencurahkan isi hatinya , maka menangis menjadi jalan keluar yang di pilih untuk melepaskan semua beban yang sedang ia rasakan.

Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply