Salah Jurusan Justru Membawa Keberuntungan

Posted on

Tidak hanya sekali atau dua kali, kita sering mendapatkan sesuatu yang jauh dari apa yang diharapkan. Akhirnya, kita bisa menyalahkan diri sendiri karena pilihanmu di masa lalu. Kini, kita merasa sangat kesulitan untuk berpikir karena kesalahan dulu. Penyesalan saat memilih jurusan, fenomena seperti ini sudah sering terjadi  di sekitar kita. Mungkin kita salah satunya. Saat bingung menghantui dan kita tidak tahu harus melangkah kemana untuk kedepannya. Disitulah saatnya merenungkan bahwa pasti ada hikmah dan anugerah yang tersembunyi dibalik kata kesalahan, seperti yang kita anggap salah jurusan.

Yang pasti dapat disimpulkan, salah jrusan bukanlah bencana besar. Jangan sampai kita terpuruk dalam kesalahan dan penyesalan. Bersahabatlah dengan kondisimu saat ini untuk bersama-sama melangkah maju. Memang mungkin ini sebuah dilemma besar bagi kita yang salah jurusan. Sampai-sampai kita pernah berpikir bahwa tidak ada masa depan bagi jurusan tersebut. Tapi, berpikirlah kamu seorang pemenang, yakinlah kamu punya mental kuat untuk bisa melewatinya. Kemarahanmu bukan alasan untuk menyerah. Tenangkan diri dan ambil langkahmu sedikit demi sedikit. Segera ambil tindakan positif dan berdamai dengan takdirmu ke depan yang lebih jelas.

Lulus

Pindah jurusan bukanlah penyelesaian yang terbaik. Jangan sampai kamu menghabiskan biaya dan waktumu dengan sia-sia. Jangan lupakan berapa banyak biaya yang harus kita keluarkan untuk jurusan yang baru. Bukan hana biaya endidikan, tapi biaya hidup kita selama belajar juga perlu dipertimbangkan. Ikuti saja scenario Tuhan. Tekuni jurusan sekarang dannyatanya kita bertahan sampai sekarang. Pasti bisa bertahan sampai akhir. Kembangkan potensikita di jurusan tersebut. Mending kita cari pengalaman baru sebanyak-banyakna dan bersosial lebih luas.

Dengan seperti ini kita justru didorong untuk belajar lebih banyak dengan mendalami jurusan kita, hanya sibuk dan fokus pada satu ilmu. Semua yang terjadi pasti ada hikmahnya. Berpikirlah positif bahawa salah jurusan adalah keberuntungan. Kita bisa mengembangkan diri di berbagai hal baik di dalam maupun di luar kelas. Rasa ingin tahu dan mencari hal-hal baru mendorongmu untuk selalu sibuk. Ijazah memang perlu, tapi pengalaman dan ilmu harus rajin kamu cari sendiri dari mana saja sebanyak mungkin.

Jaman sekarang justru banyak orang bekerja tidak sesuai dengan jurusannya. Ijazah tidak bisa diandalkan dalam dunia kerja. Pada akhirna, ijazah hanyalah bagian kecil dari masa depan. Pengalam dan kemampuanpada banyak hal adalah yang terpenting. Setelah berhasil melewati semua itu, kita akan menyadari kekuatan diri ketika menghadapi situasi sulit. Tidak menyerah di tengah jalan membuat kita berhasil meraih berbagai pencapaian yang jumlahnya tidak sedikit.

Salah jurusan bukan akhir dari masa depanmu. Menjawab tantangan dengan perjuangan dan pengorbanan adalah mental pemenang. Saat berhasil mengalahkan masalah dengan sebuah keberhasilan yatu LULUS, kamu berhasil mendapat gelar sebagai pemenang.

 

 

Gravatar Image

Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do’anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply