Desain Rumah Jawa Minimalis
Desain Rumah Jawa Minimalis

Desain Rumah Jawa Minimalis

Posted on

Rumah jawa biasanya identik dengan beraneka macam ornament khas jawa yang unik. Ornament ini bahkan bisa ditemukan dengan mudah di setiap sudut rumah. di tiang penyangga utama pun ornament ini bisa terlihat di sana.

Desain rumah minimalis yang saat ini menjadi tren bagi masyarakat Indonesia memberikan tantangan baru kepada para desainer rumah untuk memadukan rumah jawa dengan konsep minimalis.

Membuat desain rumah jawa minimalis ini merupakan tantangan yang sulit mengingat rumah jawa identik dengan ornament jawa di mana – mana sedangkan konsep minimalis berusaha membuat rumah seminimal mungkin tapi tetap indah. Menyatukan kedua konsep tersebut seperti memaksa arus listrik untuk saling dikaitkan.

Namun bukan tidak mungkin untuk membuat desain rumah jawa minimalis. Yang terpenting adalah unsur atau adat jawa masih terlihat dari rumah tersebut dan juga praktis sebagai ciri khas rumah minimalis.

Desain Rumah Jawa Minimalis
Desain Rumah Jawa Minimalis

Ciri khas rumah jawa adalah pada bentuk atap rumahnya. Atap rumah jawa memiliki bentuk semi piramida. Konsep yang menunjukan ciri khas jawa ini tidak boleh hilang di desain rumah jawa minimalis. Tetapi desain atap semi piramida ini bisa dimodifikasi sedikit untuk menyesuaikan dengan konsep minimalis. Modifikasi yang bisa dilakukan pada desain atap rumah jawa minimalis seperti menyederhanakan bentuknya atau mengubah sudut kemiringanya.

Melakukan modifikasi bukan berarti menghilangkan nuansa jawa. Hanya disederhanakan saja bentuknya supaya konsep minimalis juga muncul dari atapnya. Tetapi juga jangan berlebihan mengaplikasikan atap jawanya karena juga bisa menghilangkan kesan minimalis juga.

Untuk interior, rumah jawa biasanya identik dengan bahan atau warna alami. Oleh karena itu pilihlah furnitur yang terbuat dari bahan kayu dan gunakan warna – warna alami kayu pada pada furniture tersebut supaya kesan etnik jawanya muncul. Dan perhatikan dengan bentuk atau desain furnitur yang digunakan. ingat, karena konsep minimalis yang diusung maka furnitur juga harus mendukung konsep tersebut.

Untuk mengakali interior, rumah jawa yang identik dengan penggunaan kayu maka untuk pewarnaan interior bisa dipilih warna kayu tua supaya kesan jawanya muncul didesain rumah jawa minimalis ini.

Gravatar Image

Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply