menghafalkan
40 Hari Menghafalkan Al-Quran

40 Hari Menghafalkan Al-Qur’an

Posted on

Menghafal al-qur’an dengan cepat dan menyenangkan itu adalah sebuah dambaan setiap muslim yang ingin menghafalkan ayat-ayat al-qur’an.Tapi, kini metode menghafalkan 30 juz ayat dalam al-qur’an saat ini sangat mudah dikembangkan sehingga bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, loh.Dengan niat yang kuat, seluruh ayat al-qur’an bisa  dihafalkan dalam 40 hari.

menghafal
Menghafal Ayat-Ayat Al-Qur’an

Metode menghafal dalam 40 hari kini telah dikembangkan di Sudan.Biasanya dimulai menghafalkan al-qur’an pada usia dini atau anak-anak.Secara umum, menghafalkan al-qur’an di Sudan dilakuakn bersamaan dengan latihan menulis.Mereka yang menghafalkan Al-qur’an di Sudan biasannya mulai belajar sejak dua jam sebelum subuh.Waktu itu merupakan waktu saat paling baik untuk belajar menghafal.Mereka menghafalkan Al-qur’an hingga waktu subuh sekitar jam 05.00 waktu setempat.

Setelah sholat subuh mereka mulai menuliskan ayat-ayat Al-qur’an yang mereka hafalkan dengan diketahui oleh ustaz setempatnya.Masing-masing santria menuliskan ayat-ayat yang sesuai dengan kemampuan hafalannya.Sambil menghafalkan, mereka juga belajar bagaimana menulis ayat-ayat Al-qur’an mulai dari subuh sampai terbitnya matahari.

membaca
Membaca Al-Qur’an

Kegiatan akan kembali setelah istirahat dengan meminum teh sampai pukul 11.00 waktu setempat.Santri bisa istirahat untuk makan dan tidur dari pukul 11.00 sampai 13.00 waktu setempat.

Sedangkan antara waktu dzuhur dan ashar, santri mulai kembali untuk memperbaiki bacaannya selama dua jam.Kegiatan seperti itu diulang pada waktu Maghrib dan Isya.

Dalam metode tradisional, santri tidak boleh menghafalkan kurang dari tujuh juz dalam seharinya.Para santrinya yang sudah lancar hafalannya, mereka bisa menghafalkan atau menyetorkan dihadapan ustadz dalam waktu  7 -10 menit untuk 1 juznya.Mereka menghafalkan dihadapan uztadznya hingga 350 kali hafalan untuk 30 juznya.Hal seperti itulah yang membuat hafalan santri menjadi sangat kuat.

Tapi, dengan metode tradisional tersebut, membuat banyak orang yang tidak bisa meluangkan waktu lama untuk menghafalkan Al-qur’an secara intensif.Mulai dari situ muncul lah metode 40 hari untuk menghafal Al-qur’an.Dengan motede itulah, santri menghafal sendiri dalam waktu 30 hari dan 10 hari untuk menghafal di hadapan ustadz.

Untuk menghafal dalam 40 hari, santri harus sudah dapat membaca Al-qur’an dengan lancar.Santri akan lebih mudah jika santri tersebut pernah menerapkan metode menghafal meskipun baru menghafalkan sedikit ayat.

Santri mulai menghafal Al-qur’an mulai sebelum subuh sampai maghrib.Setiap tujuh harinya akan didampingi  satu ustadz.Santri memiliki target hafal satu juz dalam satu jam. Santri harus menggunakan semua inderanya dan selalu fokus selama menghafal.Santri pun dituntut untuk merubah kebiasaan lamanya seperti banyak tidur dan makannya.

Selama di dalam pondok, santri akan berkompetisi secara sehat untuk saling mendorong dalam menghafalkan ayat-ayat Al-qur’an.”Gunakan 40 hari untuk menghafal ayat-ayat Al-qur’an  sebaik mungkin dengan kerja keras dan kerja cerdas, dengan niat yang kuat.”

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply