manfaat buah dan daun kersen

Manfaat Menakjubkan Buah Kersen Untuk Pengobatan

Posted on

Buah Kersen atau nama ilmiahnya muntingia calabura merupakan buah yang tumbuh alami tanpa adanya penanaman khusus. Di Indonesia buah ini memilki banyak nama seperti keres, kersem, talok, baleci, dan lain sebagainya. Orang spanyol menyebutnya niguito, sedangkan nama dalam bahasa inggris adalah Singapore cherry. Buah ini seolah-olah diabaikan banyak orang. Padahal, buah kecil berwarna merah ini memberikan kontribusi didunia pengobatan herbal. Meskipun ukuran buah ini kecil, ternyata buah kersen ini memiliki manfaat yang luarbiasa untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, serta dapat melawan penyakit tertentu.

manfaat-daun-kersen-bagi-kesehatan-tubuh
manfaat buah kersen

Kandungan Buah Kersen

Buah kersen memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti Protein,Kkalsium, Vitamin A Dan C, Zat Fosfor, Lemak, Karbohidrat, Zat Besi, Betakarotin, Tianin, Niacin, dan Riboflavin.

Kandungan Daun Kersen

Daun kersen memiliki efek farmakologis yang berguna anti tumor, efek farmakologis berasal dari senyawa flavonoida, tannin dan saponin. Daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptic ayng berguna bagi tubuh.

Manfaat Buah Kersen

Berikut beberapa manfaat buah kersen bagi pengobatan.

  • Menurunkan kadar asam urat

Keres bisa menurunkan kadar asam urat. Dengan cara merebus daun keres selama beberapa menit, setelah mendidih pisahkan air dan daun keres. Minum air daun keres dengan rutin.

  • Menyehatkan mata

Bauh keres mengandung banyak betakaroten dan vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga retina tetap sehat, serta melindungi penglihatan dari gangguan mata.

  • Anti kanker

Buah keres mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatakan kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor. Antioksidan ini berasal dari vitamin A, C, dan betakaroten

  • Menyembuhkan diabetes

Buah kersen baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Buah keres mengadung senyawa kimia yang efektif mengontrol insulin, sehingga metabolisme gula dalam darah berjalan dengan normal.

  • Menyehatkan jantung

Mineral yang terkandung dalam buah keres sangat dibutuhkan oleh jantung. Maka, biarkan buah hati Anda mengkonsumsi buah kecil yang manis ini.

  • Mengatasi peradangan

Buah keres memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk mencegah peradangan dan mampu menurunkan demam.

  • Mengobati hipertensi

Buah kersen ternyata bisa emngobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena Buah kersen dilengkapi dengan kalium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah, sehingga tekanan darah tinggi bisa di sembuhkan.

  • Melawan infeksi bakteri dalam tubuh

Buah dan daun kersen juga memiliki sifat anti-mikroba dan antiseptic, yang mampu menekan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti bakteri C Diptheriea, S Aureus, A Epidemidis, dan K rizhophil. Manfaat ini bisa di ambil dengan mengkonsumsi daun atau buah kersen.

Demikian sedikit Informasi dari Saya, semoga Bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply