manfaat daun sirih untuk kesehatan

10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Posted on

Manfaat Daun Sirih memanglah cukup banyak, daun sirih mudah ditemukan dan mudah ditanam. Tanaman berlatin piper battle ini dimanfaatkan sebagai tanaman obat alami karena mengandung minyak atriri, gula, kavikol, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol.

manfaat-daun-sirih
manfaat daun sirih yang menakjubkan

MANFAAT DAUN SIRIH

Banyak manfaat yang terdapat dalam tanaman hijau yang menjalar dan masuk dalam keluarga piperaceae ini. Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan.

  1. Mengobati Batuk.

Daun sirih bermanfaat mengobati batuk. Rebuslah 5 lembar daun sirih merah dalam air 300 ml air, setelah mendidih. Saringlah dan minum air daun sirih 2 kali setiap hari secara teratur.

  1. Mengobati Penyakit Bronchitis

Untuk mengobati penyakit ini, yang Anda lakukan hanya merebus 6 sampai 10 lembar daun sirih dalam 300 ml air, setelah mendidih. Pisahkan air dan daun sirihnya. Minum air sirih ini secara teratur.

  1. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Anda bisa merebus 4-5 lembar daun sirih dalam 2 gelas air sampai tersisa setengahnya, setelah mendidih. Saring dan minum air sirih secara teratur.

  1. Mengobati Luka Bakar Ringan

Caranya mudah. Yang anda lakukan hanya menumbuk 3-5 lembar daun sirih merah lalu campurkan 2 sendok makan madu. Lalu oleskan ramuan pada luka. Lakukan hal ini sehari 2 kali untuk mempercepat penyembuhan.

  1. Mengobati Penyakit Asma

Caranya, rebuslah 4-5 daun sirih dengan 2 gelas air, setelah mendidih. Saring dan minum secara rutin setidaknya 2-3 gelas sehari.

  1. Melancarkan Haid

Rebuslah 3 lembar daun sirih, tambahkan 10 gram mahkota dewa, 15 gram umbi dewa dalam 2 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja. Minum rebusan tersebut 2 kali sehari.

  1. Mengobati Demam Darah

Caranya, rebuslah  5-6 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Setelah tercampur, oleskan ramuan alami ini pada luka sehari dua kali.

  1. Menyembuhkan Sakit Mata

Manfaat daun sirih selanjutnya yaitu mneyembuhkan sakit mata. Caranya, rebuslah 1-2 lembar daun sirih dalam 1 gelas air. Setelah mendidih tunggu air rebusan dingin. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat tetes mata.

  1. Mengatasi Masalah Keputihan

Yang Anda lakukan hanya merebus 5-10 lembar daun sirih merah dalam 250 ml air. Setelah mendidih, tunggulah air rebusan dingin. Gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.

  1. Menyembuhkan Penyakit Jantung

Salah satu manfaat terbesar daun sirih yaitu sebagai obat penyakit jantung. Caranya, tumbuk 3 lembar daun sirih, tambahkan 3 siung bawang mearh, 1 sendok makan jintan putih, dan biji kemukus sejumlah 7 pasang, kemudian tambahkan satu sendok makan air panas. Setelah agak dingin, saring dan minum ramuan ini 2 kali sehari.

Demikian sedikit Informasi dari Saya, Semoga bermanfaat bagi Anda.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply