manfaat menangis

Menangis Tidak Hanya Bikin Lega, Namun Juga Berdampak Positif Bagi Kesehatan.

Posted on

Menangis merupakan sebagai luapan perasaan dari dalam diri seseorang yang di tandai dengan keluarnya air mata. menangis memiliki manfaat yang sangat besar. Terutama pada kesehatan psikis maupun fisik. Banyak orang yang mengatakan bahwa ia merasa lebih nyaman setelah menangis. Menangis bisa menghilangkan semua beban yang sedang doi alami.

Menangis tidak hanya saat kita bersedih, namun ketika hati sedang terharu bahagia, kadang air mata tanpa di sadari keluar dengan sendirinya. Manfaat menangis adalah membantu melepaskan energy negative yang terdapat di dalam tubuh kita. Dan merupakan cara lami tubuh yang tidak di inginkan.

manfaat menangis bagi kesehatan
manfaat menangis bagi kesehatan

Menurut hasil penelitian, dapat di ketahui bahwa menagis ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat menangis bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa ulasannya.

  1. Membunuh bakteri

Ternyata air mata berfungsi sebagai antibakteri alami. Hal ini di karenakan di dalam air mata terdapat kandungan cairan yang di sebut lisozom yang dapat membunuh 90 hingga 95% bakteri yang terdapat pada tempat- tempat yang mengandung bakteri hanya dalam 5 menit.

  1. Dapat menyehatkan hidung.

Menangis juga memiliki manfaat bagi kesehatan pada system pernapasan. Salah satu Penyakit yang sering menyerang pada saluran pernapasan adalah sinusitis (radang sinus). Peradangan yang terjadi pada sinus. Hal ini  akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung. Sehingga proses tersebut akan terganggu, karena proses pengaturan kelembaban hidung yang tidak berjalan normal. Menangis bisa di gunakan sebagai cara alternative untuk mengobati tekanan yang di akibatkan sinusitis.

  1. Mengurangi stress

Menangis ternyata juga mengeluarkan hormone stress yang terdapat dalam tubuh. Yaitu hormone prolactin dan endorphin leucine-enkaphalin. Selain itu air mata juga dapat membantu melawan penyakit yang di sebabkan karna stress seperti tekana darah tinggi.

  1. Membangkitkan hormone.

Seseorang yang menangis bisa menurunkan rasa depresi. Denagn menangis bisa mengangkat mood seseorang. Air mata yang keluar  karna menangis karna emosi. Mengandung sekitar 24% protein albumin yang berfungsi dalam meregulasi system metabolisme tubuh di banding kan dengan aoir mata yang di hasilkan karna iritasi mata.

  1. Melegakan perasaan.

Setiap orang pasti akan merasakan demikian. Meskipun anda di landa berbagai macam masalah, namun setelah anda menagis biasanya akan muncul rasa lega. Setelah menangis, sistim limbic, jantung dan otak akan menjadi lancer. Hal ini lah yang membuat seseorang akan merasa lebih lega dan baik.

  1. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang di hasilkan karna menagis  karna emosionalnya ternyata mengandung racun. Dengan keluarnya air mata yang beracun , menandakan bahwa ia telah membawa racun dari dalam tubuh dan akan mengeluarkannya melalui air mata.

  1. Membuat mata lebih sehat.

Kanndungan cairan lisozom yang terdapat pada air mata ini dapat membunuh bakteri. Kelembaban mata pun akan meningkat sehingga bisa mengurangi resiko yang terjadi pada pandangan yang mudah kabur. Jadi dengan menagis dapat meningkatkan kemampuan visual seseorang.

  1. Dapatr mencegah pilek dan flu.

Flu dan pilek umumnya di sebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita melalui berbagai cara yang salah satu nya, bakyteri bisa masuk melalui mata. seperti hidung yang memiliki rambut dan terowongan hidung untuk mencegah kuman dan bakteri yang masuk.

Para penelitian mengatakan bahwa orang yang labil atau sering galau cenderung akan merasa lebih baik saat setelah menangis. Tentu saja hal ini sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kesehatan pikiran.

Jadi bukan hanya tertawa yang bermanfaat bagi tubuh, menangis juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Demikian beberapa manfaat menangis bagi kesehatan tubuh dan juga pikiran. Namun perlu anda ketahui, bahwa menangois terlalu sering juga tidak baik. sebab itu menandakan bahwa kondisi anda sedang tidak baik seperti depresi ataupun stress.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply