Rumah Modern Tradisional Sunda
Rumah Modern Tradisional Sunda

Konsep Rumah Modern Tradisional Sunda

Posted on

Membuat konsep rumah yang unik mungkin sudah menjadi tantangan yang biasa tetapi jika membuat konsep dengan menggabungkan dua konsep berbeda seperti konsep modern dan tradisional itu baru tantangan yang tidak biasa.

Menggabungkan dua konsep rumah yang berbeda sedikit banyak akan merepotkan. Apalagi dua konsep seperti modern dan tradisional sangat berlawanan. Di satu sisi konsep rumah modern ingin menonjolkan gaya terkini sedangkan di sisi lain konsep rumah tradisional penuh dengan nuansa tradisional yang klasik dan jauh dari nuansa modern.

Rumah Modern Tradisional Sunda
Rumah Modern Tradisional Sunda

Mungkinkinkah dua konsep rumah modern dan tradisional ini diciptakan?

Menciptakan konsep rumah dengan penggabungan dua konsep yang berlawanan seperti konsep rumah modern dan tradisional mungkin saja. Poin yang penting dari penggabungan dua konsep tersebut adalah ciri khas dari masing – masing konsep masih terlihat. Sebagai contoh konsep rumah modern tradisional sunda.

Rumah tradisional sunda memiliki ciri khas arsitektur atap sunda yang disebut Tagog Anjing. Untuk menggabungkanya dengan konsep rumah modern maka arsitektur atap ini bisa diaplikasikan sebagai atap rumahnya. Jika ingin dilakukan penyesuaian sebaiknya juga jangan sampai merubah secara keseluruhan. Bisa dimodifikasi sedikit seperti sudut lengkung atapnya dan lain sebagainya yang terpenting ciri khas atap sundanya masih terlihat.

Konsep rumah modern biasanya juga menggunakan bahan – bahan bangunan yang modern seperti besi, kawat, batu bata, semen dan material lainya. Sedangkan rumah tradisional lebih menggunakan bahan alami seperti bambu atau kayu sebagai bahan rumahnya.

Rumah sunda biasanya juga banyak menggunakan bahan dari bambu atau kayu sebagai bahan rumahnya. Untuk konsep rumah modern tradisional sunda bisa menggabungkan bahan – bahan tersebut. bahan utama masih menggunakan bahan modern tetapi untuk penambahan aksen atau dekorasi rumahnya bisa menggunakan bahan – bahan yang terbuat dari alam. Kombinasi bahan tersebut bisa menciptkan konsep yang lebih menarik daripada rumah dengan satu konsep saja, modern atau tradisional saja.

Ciri khas rumah sunda adalah rumah panggung. Konsep rumah panggung ini juga bisa diaplikasikan pada rumah modern tradisional sunda dengan membuat konsep panggung tersebut di beberapa bagian rumah. sebagai contoh membuat teras rumah panggung. Jadi teras dibuat seperti panggung kemudian dibagian bawahnya dibuat kolam kecil sehingga teras rumah akan tampak berada di atas air. Bisa juga ditambahkan ikan di kolam tersebut supaya nuansanya lebih alami lagi.

Konsep taman juga perlu diperhitungkan. Karena ada konsep tradisionalnya maka konsep ruang hijau juga bisa digunakan pada taman atau bahkan pada bagian dalam rumah dengan membuat beberapa vertical garden di dalamnya.

Incoming search terms:

  • ciri khas rumah sunda
  • rumah adat sunda modern
  • rumah adat sunda modwre
  • rumah khas sunda moderen
  • rumah moderntradisional
Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply