Sejauh Apapun Kita Melangkah, Keluarga Tempat Kita Kembali

Posted on

Kesepian, kerinduan dan kesendirian adalah hal yang sudah menjadi teman akrab bagi kami anak rantau. Saat jauh dari keluarga terutama orang tua, kami sengaja menyimpan kerinduan dan semua masalah yang sedang kami hadapi. Tanpa harus berbicara langsung, kami selalu kuat dan tidak pernah berkeluh kesah.jauh dari orang tua membuat kami enggan bercerita tentang kabar tak baik. Kami lebih memilih menceritakan hal-hal yang baik saja. Karena kami tidak ingin menambahkan masalah kepada mereka dan membebani pikiran mereka.

Keluargaku, meskipun kita jauh. Sekuat mungkin aku tetap berjanji akan membuat kalian bangga. Di setiap do’a kalian tidak lupa sertakan namaku dan di setiap langkahku kalianlah yang menuntunku. Inilah kesedihan terberat dalam hidup anak rantau harus jauh dari keluarga. Namun, kami percaya semakin kita jauh dari keluarga, hati kami justru terasa semakin dekat.

Inilah bagian dari sebuah perjuangan. Kesepian, kesendirian adalah temanku setiap hari. Tapi kami tidak mengungkapnya pada orang tua. Aku memang rindu dengan rumahku,tapi kesuksesan sebentar lagi akan membalas kerinduan itu. Pasti ada tantangan yang berat di setiap perjalanan yang hebat. Mimpi kami sangat besar, sebanding dengan pengorbanan kami menahan rindu untuk pulang ke tanah kelahiran.

Hidup hemat sudah seharusna kami lakukan karena itu juga termasuk dari bagian proses perjuangan kami. Dan hasilnya jangan diragukan, tiada hasil yang mengkhianati usahanya. Menyisakan uang jajan sebagai tabungan untuk mampu bertahan hidup dikemudian hari. Saat orang tua telat mengirimkan uang bulanan, sudah sepatutnya kami sabar dan pasrah. Tapi tak  apa, inilah proses kehidupan.

Menyelesaian masalah dengan pikiran sendiri itu biasa. Saat sakit kami sering berbohong pada orang tua apabila ditanyai kabar. Takut merepotkan dengan banyak keluhan kami memilih menjawab bahwa kami selalu sehat. Mentalku pasti jauh lebih tangguh dibandingkan dengan anak yang masih tinggal dngan orang tua. Setiap permasalahan kami selesaikan sendiri. Saat kesepian kami lawan dengan ketegaran. Saat rindu, mungkin hanya tangisan yang siap untuk ditahan setiap malam.

Untuk orang tuaku, terimakasih telah mengizinkanku untuk belajar menghadapi hidup di dunia luar. Terimakasih telah percaya padaku. Aku berjanji tidak akan mengecewakan kepercayaanmu. Aku ingin cepat pulang dan menemuimu.

Incoming search terms:

  • keluarga adalah tempat kembali
  • keluarga tempat kembali
  • keluarga adalah tempat kamu pulang
  • keluarga adalah tempat kita
  • keluarga adalah tempat kita pulang
  • keluarga tempat kembali pulang
  • mereka adalah tempat krmbali keluarga
  • sejauh apapun kita melangkah
Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply