20 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Madu adalah cairan kental dan rasanya manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Madu didapatkan dari nektar yang keluar dari kantong madu lalu dikunyah bersama tawon lainnya, jika sudah halus lalu ditempatkan pada sel dan difermentasi. Madu memiliki rasa manis yang seperti gula, tetapi hanya mengandung sedikit vitamin dan mineral.

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan

Kebanyakan masyarakat menggunakan madu sebagai selai atau minuman berasa, atau mungkin sebagai obat beberapa penyakit. Selain itu madu juga bisa diandalkan dalam masalah kecantikan, madu juga dapat menghilangkan mata panda, menghilangkan jerawat, sariawan, kulit kering dan lainnya. Berikut beberapa manfaat madu bagi manusia :

  1. Mencegah adanya bakteri

Madu juga mampu melindungi tubuh dari bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, biasanya madu digunakan untuk menghindari bakteri pada luka bakar dan menangani bekas luka dari gigitan serangga.

  1. Menurunkan berat badan

Madu mengandung 3 bahan alami yang mampu mengontrol berat badan tubuh anda, 3 bahan alami itu adalah vitamin, mineral dan asam amino.

  1. Mengurangi gejala asma dan alergi

Madu sangat efektif untuk menangani bersin yang disebabkan karena alergi, selain itu madu adalah agen anti-inflamasi yang bisa mengurangi gejala asma.

  1. Mengatasi batuk dan radang tenggorokan

Batuk yang tak kunjung reda, disertai dengan gatal pada tenggorokan bisa anda obati dengan membuat teh hangat yang dicampuri madu dan perasan lemon, lalu anda dianjurkan untuk minum air putih supaya rasa manis dari teh madu tidak tertinggal di tenggorokan.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hanya dengan mengkonsumsi madu setiap harinya, anda bisa melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh anda. Selain itu anda akan lebih kebal terhadap bakteri yang mampu menimbulkan penyakit.

  1. Menjaga pencernaan

Cobalah untuk mengkombinasikan susu dengan madu, itu sangat baik untuk pencernaan anda, apalagi jika anda meminumnya sebelum tidur.

  1. Menambah energi tubuh

Jika aktivitas anda seharian sangatlah padat, luangkanlah waktu untuk selalu meminum teh madu tanpa gula. Kandungan karbohidrat dari minuman tersebut dapat menambah banyak energi untuk tubuh anda.

  1. Mengatasi insomnia

Jika anda sering merasakan susah untuk tidur, campurlah kayu manis, jahe dan madu kedalam teh itu akan membantu anda yang terkena insomnia.

  1. Memelihara keindahan rambut

Mengkonsumsi madu setiap hari dapat mencegah rambut rontok, merawat atau mengontrol pertumbuhan rambut dan juga dapat menjauhi berbagai permasalahan pada rambut anda.

  1. Mengangkat kotoran pada wajah

Penggunaan madu sebagai masker dapat mengangkat kotoran dan partikel debu yang menempel pada kulit wajah anda setelah beraktivitas seharian, penggunaan masker ini paling tepat saat anda pulang dari kerja, hanya dengan mengoleskan madu ke wajah anda, lalu diamkan selama 30 menit atau hingga mengering, lalu bilas wajah anda dengan air hangat.

  1. Menghilangkan bekas jerawat

Kulit membutuhkan kolagen yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan membuat wajah anda terlihat lebih muda. Madu mampu membentuk kolagen yang dibutuhkan oleh tubuh anda, hanya dengan menggunakan madu sebagai masker wajah anda.

  1. Mencerahkan kulit

Banyak wanita yang menginginkan kulit yang cerah dan kencang, cobalah dengan menjadikan campuran madu dan tomat sebagai scrub yang mampu memutihkan kulit kaki dan tangan anda, yaitu dengan menghaluskan tomat dan madu sampai berbentuk pasta tebal, lalu oleskan ke kulit kaki dan tangan anda, tunggulah hingga 15 menit, lalu bersihkan dan rasakan kesegaran dari scrub ini.

  1. Mengenyalkan kulit

Pasti semua orang ingin memiliki kulit yang halus dan kenyal, cobalah untuk mencampurkan 3 sendok air mawah dengan seperempat madu, lalu oleskan pada kulit wajah anda hingga 15 menit, lalu bersihkan dengan air bersih.

  1. Melembabkan kulit

Jika kulit sering terpapar sinar matahari, anda harus sering merawat kulit anda dengan madu setelah anda pulang kerja, supaya kulit anda terhindar dari dampak negatif yang diberikan oleh sinar matahari.

  1. Memperlambat penuaan

Seringlah meminum madu, karena madu mampu menunda proses degeneratif kulit anda, sehingga dapat menghambat penuaan, mengencangkan kulit dan mengelastiskan kulit anda dengan baik.

  1. Mengatasi bibir pecah-pecah

Madu bisa melembabakan bibir yang pecah pecah menjadi indah seperti semula, inilah kehebatan madu daripada lipbalm.

  1. Mengobati rambut rusak

Cobalah untuk mencampurkan madu dengan shampo anda, biarkan kedua bahan selama 2 jam dan lihatlah hasilnya.

  1. Melembutkan kulit

Buatlah scrub yang terdiri dari madu, bubuk kacang tanah dan jus lemon, lalu gosokkan pada kulit anda kemudian bersihkan. Lemon dapat menghilangkan kotoran, madu mampu mememilhara kulit tetap lembut dan kacang tanah dapat membantu mengelupas kulit mati.

  1. Meredakan stress

Madu yang memiliki rasa manis dapat menghilangkan rasa stress anda, layaknya coklat, madu dapat menenangkan pikiran anda yang sedang dihujani masalah.

  1. Mempertajam penglihatan

Cobalah untuk mencampurkan madu dengan jus wortel, karena kedua bahan itu memiliki kandungan yang dapat mempertajam daya penglihatan anda, minumlah ketika pagi hari.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply