Bersyukur merupakan, Kunci Dari Semua Kebahagiaan

Posted on

Bersyukur merupakan sebuah kata yang sederhana namun memiliki makna yang sangat luar biasa. menurut bahasa arti kata syukur adalah ‘suatu sifat yang penuh dengan kebaikan dan rasa hormat serta dapat mengagungkan atas segala nikmat-Nya. ’

Bersyukur dan sabar merupakan dua hal penting yang harus selalu kita amalkan dalam menjalani hidup ini. Ketika kita memperoleh hal  yang menyenankan, maka kita wajib bersyukur atas apa yang telah Allahh berikan. Namun ketika kita memperoleh hal yang tidak kita inginkan, maka kita harus bersabar. Percaya lah, bahwa segala sesuatu yang telah Allah berikan , seburuk apapun itu menurut pandangan kita, pasti ada kebaikan di balik semua itu.

 

bersyukur itu indah
bersyukur itu indah

Begitu indah Allah telah menciptakan rasa syukur dan sabar dalam diri kita. Ke dua hal tersebut, jika di padukan akan menciptakan kekuatan yang luar biasa. suatu kekuatan yang akan membuat kita selalu merasa bahagia dalam menghadapi semua rintangan kehidupan.  Begitulah ke duanya saling melengkapi. Ke dua hal tersebut akan menuntun kita ke hal yang lebih baik.

Dengan kita selalu bersyukur akan menjadikan kita rendah hati dan tidak merasa sombong dengan apa yang telah kita miliki. Dengan bersabar akan menjadikan  kita, menjadi hamba yang tawakal, berserah diri kepada Allah atas semua yang terjadi pada kita. Terima semua itu dengan lapang dada. Berusahalah untuk mengambil hikmah dari setiap cobaan yang menimpa.

Namun sering kita menganggap  bahwa kehidupan orang lain itu jauh lebih baik di bandingkan dengan apa yang telah ada pada diri kita. Mungkin sebagian dari kita ada yang berfikir , sebenarnya apa yang menghalangi kita untuk bersyukur ?!!

Jika kita mau berfikir, sesungguhnya sebuah kebahagiaan itu bukanlah terletak pada suatu benda, melainkan pada apa yang ada pada hati nurani dan pada diri kita sendiri. Dan apabila kita mau bersyukur  atas apa yang telah kita miliki, maka pasti kita pun akan dapat merasakan kebahagiaan dan akan menikmatinya.

Memang bersyukur itu mudah untuk hal- hal baik. namun sering kali kita merasa sulit untuk bersyukur untuk hal- hal yang buruk. Sering kali kita menganggap bahwa hal- hal buruk tersebut adalah musibah yang membuat kita mengeluh dan lupa untuk mengucap syukur. Sebagai hamba Allah tidak sepantasnya, jika kita mengeluh dalam keadaan apapun,  Allah memberikan ini semua, bukan karna Allah tidak sayang pada kita. Namun karna Allah menyayangi hamba-Nya, maka Allah akan memberikan sebauah cobaan untuk memperkuat keimanan hamba-Nya. Karena sebuah cobaan adalah sebagai pembelajaran untuk menjadikan kita lebih dewasa dan lebih berkembang. Maka sudah sepantasnya kita bersyukur pada Allah .

Seindah apapun rencana yang telah kita buat, namun rencana Allah itu jauh lebih indah, karna apapu yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Allah. bersyukurlah saat kita sulit, karna di saat itulah kita tumbuh, bersyukurlah untuk sebuah keterbatasan karna itu akan memberikan kita kesempatan untuk berkembang. Selalu bersyukur untuk setiap tantangan, karena itu akan membangun sebuah kekuatan dan akan membangun kekuatan kita. Dan kita juga perlu bersyukur untuk setiap kesalahan yang telah  kita perbuat, karna dengan demikian akan mengajarkan sesuatu pembelajaran yang berharga. Karena dengan kita selalu bersyukur dapat mengubah hal yang negative menjadi hal yang positif.  Jika dengan bersyukur itu dapat mendatangkan  banyak kebaikan, mengapa kita lupa untuk bersyukur pada Allah. denagn bersyukur akan membuat hidup ini terasa lebih indah. Tak peduli itu coban ataupun musibah, semua akan terasa indah dengan bersyukur. Maka tetaplah menjadi seseorang yang selalu mensyukuri dengan apa yang kita miliki. Jangan menunggu bahagia untuk bersyukur , akan tetapi bersyukurlah agar hidup ini terasa bahagia. Maka semua itu akan menjadi berkah bagi kita uyang selalu bersyukur.

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongannya orang- orang yang selalu bersyukur atas semua nikmat yang telah Allah berikan, serta serta bisa selalu sabar atas cobaan yang Allah berikan.

Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply