Rumah Adat Terunik di Indonesia

Posted on

Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya, begitu pula dengan keunikan rumah adatnya yang beraneka ragam. Ada lebih dari ratusan rumah adat yang ada di negeri Indonesia ini, baik yang dulu pernah ada atupun yang sekarang sudah mulai menghilang termakan oleh jaman. Tapi apa kalian tau? Ternyata di Indonesia ada beberapa rumah adat yang unik dan telah mendunia. Bahkan ada yang umurnya sudah ratusan tahun. Diantaranya ada rumah adat Tongkonan dari Toraja, Rumah Gadang dari Sumatera Barat, dan rumah Mbaru Niang yang terdapat di kampong Wae Rebo. Semua itu adalah kekayaan budaya Indonesia yang patut untuk dilestarikan dan kita jaga, maka dari itu agar kalian dan generasi yang akan datang mau menjaganya, mari kita mengenal dulu rumah adat terunik di Indonesia:

  1. Rumah gadang

rumah-gadang

Rumah gadang adalah nama rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak dijumpai di provinsi Sumatera Barat. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat sempat dengan nama Rumah Bagongrojo atau ada juga yang menyebutnya dengan anma Rumah Baanjung. Rumah dengan model ini juga banyak dijumpai di negeri Sembilan, Malaysia. Namun dengan demikian tidak semua kawasan di Minangkabau yang boleh didirikan rumah adat ini, hanya pada kawasan yang sudah memiliki status sebagai negari saja yang boleh didirikan Rumah Gadang ini.

  1. Rumah omo sebua

rumah-omo-sebua

Omo Sebua adalah jenis rumah adat dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Omo Sebua adalah rumah yang khusus dibangun untuk kepala adat desa dengan tiang tiang yang besar dari kayu besi dan atap yang tinggi. Omo Sebua didesain secara khusus untuk melindungi penghuninya dari serangan saat terjadinya perang suku pada zaman dahulu. Jalur masuk ke rumah hanyalah tangga kecil yang dilengkapi pintujebakan. Bentuk atap rumah yang sangat curam dapat mencapai tinggi 16 meter. Selain digunakan untuk berlindung dari serangan musuh, Omo Sebua diketahui tahan terhadap goncangan gempa bumi.

  1. Rumah lamin

rumah-lamin

Rumah lamin merupakan rumah adat dayak, khususnya yang berada di Kalimantan Timur. Kata rumah lamin memiliki arti rumah panjang kita semua, Karena rumah ini berbentuk panggung dengan ketinggian kolong sampai 3 meter. Denahnya berbentuk segi empat yang memanjang dengan atap pelana. Bagian gevel diberi teritis dengan kemiringan yang curam. Tiang tiang rumah terdiri dari dua bagian, bagian pertama menyangga rumah dari bawah sampai atap, bagian kedua merupakan tiang kecil yang mendukung balok balok lantai panggung. Baik tian utama maupun pendukung yang berada di bagain kolong terkadang diukir dengan bentuk patung patung untuuk mengusir gangguan roh jahat.

  1. Rumah Tongkonan

rumah-tongkonan

Rumah Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata Tongkon yang artinya duduk bersama sama. Atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (namun saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau menunjukkan status social pemilik rumah.di bagian dindingnya, terdapat relief hewan dan tumbuhan yang sangat eksotik.

  1. Rumah Honai

rumah-honai

Rumah adat papua ini sangatlah unik. Jika kita lihat dari kejauhan bentuknya menyerupai jamur. Bentuknya pun tak ada duanya. Dindingnya terbuat dari kayu sedangkan atapnya terbuat dari rerumputan yang kering. Honai sendiri memiliki tiga tipe. Honai ialah rumah untuk lelaki, sedangkan Ebei ialah rumah untuk wanita, sedangkan Wamai Ilah rumah untuk ternak. Tapi, masyarakat kita lebih akrap dengan sebutan honai.

Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda terima kasih.

Incoming search terms:

  • rumah lamin berasal dari
Gravatar Image

Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply