gambar-ketika-malas-saat-belajar
Gambar Ketika Malas Saat Belajar

Rahasia Sukses Mengatasi Rasa Malas Saat Belajar.

Posted on

Belajar  merupakan rutinitas yang paling membosankan menurut pandangan para pelajar. Mereka harus secara berkala melakukan rutinitas yang satu ini. Jika kamu masih seorang pelajar, pasti juga dapat merasakannya bukan? Namun belajar merupakan hal pasti dikerjakan semua oleh semua orang. Mengapa? Ya tentu karna memang setiap kejadian yang terjadi di hidup kita merupakan suatu pembelajaran. Tapi saya tidak membahas tentang belajar yang satu ini ya… yang akan saya bahas adalah belajar untuk menyiapkan diri menghadapi ujian ataupun semacamnya, agar kamu siap untuk menghadapinya.

Sering kali kamu akan merasakan takut saat akan menghadapi ujian, marasa seperti belum siap dan belum cukup waktu yang diluangkan untuk belajar. Karna setiap akan belajar sering kali malas akan mengikutinya. Dan biasanya yang akan  melintas di pikiranmu adalah “nanti saja lah. Toh, masih ada banyak waktu ini sebelum ulangan” dan akhirnya akan terus menerus menunda waktu untuk belajar sampai saat hari H, kamu tetap belum siap untuk menghadapinya. Nah, dibawah ini kiat-kiat yang dapat kamu lakukan agar tidak malas untuk belajar.

  • Segera tetapkan target dan wujudkan.
Ingat Target Belajar
Ingat Target Belajar

Ini langkah pertama yang akan membuatmu tidak malas lagi untuk belajar. Yaitu tetapkan targetmu, nilai berapa yang ingin kamu dapatkan dan usahakan tempelkan targetmu itu di tempat yang sering kamu lihat agar kamu selalu ingat pada targetmu, ini akan membuatmu lebih seemangat untuk belajar dan perlahan rasa malas itu akan hilang. Kemudian tetapkan target waktu yang akan kamu luangkan dalam sehari untuk belajar, tidak harus terlalu lama asalkan dikerjakan secara rutin saja sudah cukup untuk dapat mewujudkan targetmu itu.

  • Harus mulai punya rasa gengsi.

Apasih yang dimaksud gengsi disini? Gengsi yang dimaksud adalah kamu akan merasa malu jika mendapatkan nilai yang jelek dibandingkan dengan teman-temanmu. Pasanglah rasa gengsi ini dalam dirimu. Mulai munculkan dibenakmu untuk dapat merasa gengsi jika nanti hasil ujianmu jelek. Maka kamu akan segera beranjak untuk mengambil buku dan mulai belajar lagi. Maka hasilnya kamu akan sukses mendapat nilai yang bagus.

  • Mulai sukai pelajaran yang kamu benci.

Yah, inilah langkah terakhir yang dapat kamu lakukan, yaitu mulailah untuk menyukai pelajaran yang kamu benci. Tak aka nada gunanya jika kamu membenci sebuah pelajaran itu, toh pelajaran itu pasti tetap akan muncul dalam ujianmu nanti dan pasti tetap akan membayang-bayangi pikiranmu. Usahakan buku yang paling sering kamu pelajari atau minimal kamu buka adalah buku pelajaran yang paling kamu benci, sehingga kamu dapat lebih mengetahui dan menguasai pelajaran yang kamu benci itu. Janganlah sekali-kali terlintas di benakmu untuk malas membacanya. Dengan begitu kamu perlahan akan dapat menyukai pelajaran tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan agar dapat mengusir rasa malas saat kamu belajar. Semoga bisa bermanfaat dan membantu.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply